We have updated Our Terms & Privacy Notice on February 26th 2024. Click here to review!

See here close
20 Jun

Top Up adalah Isi Ulang Saldo, Bagaimana Alurnya?

Yovita

by Yovita

view35413Views

Saat ini, seluruh proses transaksi keuangan sudah semakin mudah dilakukan, termasuk transfer uang dan top up. Top up adalah metode pengisian ulang saldo, mulai dari e-money, e-wallet, dan sebagainya. 

Dengan perkembangan internet dan teknologi, Anda tidak perlu lagi pergi ke bank atau mesin ATM untuk melakukan transfer uang dan pengisian ulang saldo digital. Cukup lewat ponsel, uang pun akan terkirim dengan mudah dan aman. Memangnya, apa yang disebut dengan top up dan bagaimana cara melakukannya dengan mudah?


Definisi Top Up

Definisi top up uang secara umum adalah pengisian ulang saldo secara digital. Saldo yang dimaksud bisa bermacam-macam, mulai dari saldo dana e-wallet, e-money, kebutuhan game, sampai saldo mata uang asing. 

Saat ini, metode top up bisa dilakukan dengan mudah lewat genggaman atau dengan menggunakan perangkat elektronik lainnya, seperti laptop. Anda jadi tidak perlu pergi keluar dan antre dalam bank guna mengisi ulang saldo Anda. Mudah, bukan?

Baca juga: Payment Gateway Adalah: Arti dan Manfaatnya untuk Toko Online


Top Up untuk Mendukung Transaksi Elektronik

Top up sangat sejalan dengan langkah yang ditempuh oleh pemerintah Indonesia. Melihat potensi digital yang sangat besar dalam industri finansial, pemerintah giat mendorong masyarakat untuk beralih ke pembayaran elektronik. Bahkan, pemerintah pun telah menerbitkan kebijakan seputar keamanan siber, mengingat transaksi digital sangat rentan dengan ancaman siber ini.

Ekonomi digital didukung oleh pemerintah guna mempercepat langkah pemulihan ekonomi, apalagi setelah adanya pandemi Covid-19 yang turut melanda Indonesia pada awal 2020 lalu. Pemerintah juga sudah mendiskusikan tentang RUU Perlindungan Data Pribadi dengan DPR untuk mencegah adanya pencurian dan pemalsuan data melalui transaksi elektronik.

Baca juga: Sistem Pengiriman Dana Kekinian untuk Bisnis Semakin di Depan


Cara Melakukan Top Up

Lalu, bagaimana cara melakukan top up? Anda bisa melakukan pengisian ulang saldo lewat mesin ATM, internet banking, maupun mobile banking. Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Lewat ATM

Cara pertama melakukan top up adalah dengan mesin ATM. Cari mesin ATM yang sesuai dengan rekening yang Anda punya. Masukkan kartu ATM serta pin ATM. Kemudian, pilih menu Transfer. Pilihlah fitur Transfer Bank Lain. Kemudian masukkan kode bank dan nomor virtual account Anda. Tuliskan nominal yang akan dibayarkan. Terakhir, lakukan konfirmasi pembayaran. Anda pun sudah berhasil melakukan top up melalui ATM.

2. Lewat internet banking

Selanjutnya, Anda bisa melakukan top up dengan internet banking. Pertama, pastikan Anda mengetahui user ID internet banking yang Anda punya. Kemudian, buka internet banking dengan user ID tersebut. Pilih menu Transfer Antar Bank atau Bank Lain, pilih bank yang menjadi tujuan transfer Anda. Masukkan kode virtual account serta nomor ponsel Anda. Masukkan nominal yang diinginkan, terakhir lakukan konfirmasi. Transaksi pun berhasil dilakukan. 

Baca Juga: Cara Dapatkan Kode Referral agar Makin Untung

3. Lewat mobile banking

Selanjutnya, melakukan top up lewat mobile banking adalah dengan cara login ke akun user ID mobile banking yang Anda punya. Kemudian, pilih fitur Bayar atau Isi Ulang yang tertera di sana. Biasanya, setiap jenis mobile banking memiliki nama fitur yang berbeda. Pilih jenis top up yang akan Anda gunakan, masukkan nominal pembayaran, kemudian masukkan password transaksi. Ikuti arahan sampai proses top up sukses dan selesai dilakukan. 

4. Lewat gerai minimarket

Keempat, cara melakukan top up adalah dengan mendatangi gerai minimarket terdekat. Biasanya minimarket akan menyediakan jasa pembayaran elektronik. Anda tinggal mengatakannya kepada kasir, kemudian mereka akan melakukan transaksi tersebut. 

Anda cukup menjawab beberapa hal yang ditanyakan kasir, seperti nominal top up yang akan dibayarkan serta tujuan top up tersebut. Setelah itu, Anda tinggal melakukan pembayaran kepada kasir sesuai dengan jumlah transaksi top up yang sudah Anda lakukan. 

5. Lewat Payouts Midtrans

Terakhir, Anda bisa melakukan top up melalui Payouts Midtrans. Payouts Midtrans adalah pengiriman dan pencairan dana yang mengakomodasi semua kebutuhan, salah satunya adalah top up. Payouts Midtrans bisa digunakan untuk melakukan top up ke e-wallet dan dapat membantu kebutuhan bisnis.

Terima pembayaran saat itu juga pun mungkin, meskipun Anda bekerja sendiri. Selain itu, dengan dashboard yang mudah digunakan, proses pembayaran pun bisa dikelola dengan mudah.


Top up adalah proses pengisian ulang saldo yang bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya melalui Payouts Midtrans. Agar transaksi top up dan bisnis Anda semakin mudah, gunakan layanan dari Midtrans sekarang juga! Klik di sini untuk informasi lebih lengkap seputar payment gateway Midtrans!

2.-Payment-Link---1200x628-(1)

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail