New from Midtrans, Activate the new UOB EZ Pay Payment Method Now!

Learn more. close
19 Jul

[Penting] Midtrans akan Lakukan Pengimplementasian 8 Digit BIN

Admin

by Admin

view193Views

Halo, Merchants!

Untuk mendukung kenyamanan Anda dalam bertransaksi dengan menggunakan Midtrans, kami ingin menginformasikan bahwa Midtrans akan mulai mengimplementasikan 8 digit BIN untuk alur pemrosesan transaksi kartu per 26 Juli 2022. 
Implementasi ini dilakukan berdasarkan perubahan regulasi yang diberlakukan oleh prinsipal kartu kredit dalam memperpanjang BIN (Nomor Identifikasi Bank) dari 6 menjadi 8 digit. Simak artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi terlengkap.

Apa Itu BIN?

BIN atau Nomor Identifikasi Bank adalah 6 digit pertama nomor akun utama (PAN) yang ada pada kartu kredit atau debit Anda. BIN pada umumnya digunakan untuk mengidentifikasi skema, penerbit dan mendapatkan informasi pembayaran lainnya, seperti jenis kartu atau mata uang yang digunakan.
BIN juga kerap digunakan oleh merchant dan layanan sistem pembayaran untuk merutekan transaksi untuk otorisasi, pencegahan penipuan, program loyalitas pelanggan, dan pelaporan.

Mengapa Implementasi 8 Digit Harus Dilakukan?

Sebagai solusi pembayaran yang tepercaya untuk Anda, perlu bagi kami untuk mengikuti aturan yang berlaku dan mengimplementasikan perubahan ini. Selain itu, implementasi ini juga diperlukan agar dapat menghindari potensi gangguan pada saat transaksi, pencegahan penipuan, dan inkonsistensi dalam pelaporan.

Apa Dampak Implementasi Ini dan Apa Saja yang  Berubah?

Hal ini berimplikasi pada CoreAPI dan SNAP yang perlu menjadi perhatian Anda karena adanya perubahan pada beberapa parameter.
Apa saja yang diubah?

  1. Perubahan pada panjang token_id dari 48 digit menjadi 50 digit.

  2. Perubahan pada format saved_token_id.

  3. Perubahan pada masked_card, event, dan log menjadi 8 digit bin.

  4. Implementasi 8 digit bin pada Aegis.

  5. Implementasi 8 digit bin pada BIN API.

[Penting]-Midtrans-akan-Lakukan-Pengimplementasian-8-Digit-BIN-(1)

Apabila perubahan di atas berdampak pada implementasi pembayaran kartu Anda, kami mengimbau agar segera mengimplementasikan perubahan tersebut sebelum 26 Juli 2022 agar terhindar dari potensi gangguan transaksi. Perubahan dapat Anda lihat pada  https://api-docs.midtrans.com/#deployment-notices

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait hal ini, hubungi tim kami di midtrans.com/contact-us.

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail