We have updated Our Terms & Privacy Notice on February 26th 2024. Click here to review!

See here close
29 Nov

Manfaat Transaksi Online untuk Pebisnis dan Konsumen

Admin

by Admin

view17605Views

Era digital saat ini memungkinkan segala sesuatu dilakukan secara praktis, termasuk dalam hal transaksi online. Jika sebelumnya penjual dan pembeli harus melakukan transaksi langsung dengan tatap muka, maka sekarang penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi secara online, baik melalui website, marketplace, aplikasi e-commerce, maupun media sosial.

Rata-rata masyarakat sudah mengenal pengertian transaksi online, yaitu kegiatan jual-beli yang dilakukan dengan memanfaatkan internet sebagai sarana bertransaksi. Oleh karena itu, tidak heran jika kini transaksi tersebut sudah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi. 

Di Indonesia, transaksi ini sudah diatur secara resmi melalui Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Internet dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Lantas, apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari transaksi online?

Baca juga: Apa itu Payment: Pengertian dan Jenis-jenis Payment di Indonesia


Manfaat Transaksi Online untuk Pebisnis

Transaksi online memudahkan pebisnis dalam banyak hal. Ternyata, berikut ini adalah manfaat fasilitas transaksi yang dilakukan secara online bagi kelangsungan bisnis Anda.

1. Kemudahan dalam Promosi

Thumbnail-Mengapa-dalam-Kegiatan-Usaha-Perlu-Diadakan-Strategi-Promosi-yang-Tepat-transaksi-online













Dengan transaksi online, bisnis Anda bisa mengadakan lebih banyak promosi atau strategi marketing. Misalnya saja cashback 10%, gratis ongkos kirim, dan program rewards. Pembeli pun juga jadi lebih tertarik untuk berbelanja di toko Anda. 

Selain itu, bisnis Anda juga akan mendapatkan tawaran bergabung ke program promosi yang diadakan oleh bank penerbit kartu debit atau kartu debit, penyelenggara e-wallet, dan sejenisnya. Jadi, semakin menambah kesempatan bagi Anda untuk meraup lebih banyak untung dan menarik lebih banyak pembeli.

3. Bisa Tingkatkan Customer Retention Rate

Nyatanya, lebih mudah mendapatkan pembeli baru ketimbang mempertahankan pelanggan lama. Semua bisnis pasti ingin memiliki basis pelanggan yang solid. Inilah yang dimaksud dengan customer retention rate, yaitu berapa banyak pembeli yang melakukan pembelian ulang dalam satu periode. 

Melalui transaksi online, Anda bisa mencatat nama, nomor telepon, alamat email, dan data diri pembeli sesuai dengan persetujuan yang berlaku. Menggunakan data diri pembeli, Anda bisa mengirimkan newsletter atau WhatsApp blast untuk menginformasikan promo atau launching produk terbaru. Sebagai tambahan, Anda juga bisa menganalisis kebiasaan transaksi pembeli, misalnya metode pembayaran favorit mereka.

Baca juga: Sales Funnel adalah Salah Satu Kunci Sukses Berbisnis, Ini Contohnya!

4. Rasa Aman bagi Pembeli

manfaat-disbursement-005

Bagi bisnis yang sudah menyediakan beragam metode transaksi online, mulai dari transfer virtual account, pemakaian e-wallet, sampai kartu kredit, jelas menandakan bahwa bisnis tersebut legal dan bisa dipercaya.

Mengapa demikian? Karena untuk bisa memiliki rekening bisnis di bank untuk menerima pembayaran, berarti bisnis Anda berhasil lolos tahap screening dan dianggap layak. Pembeli pun merasa aman karena adanya banyak pilihan pembayaran yang sesuai dengan preferensi mereka.

5. Mempermudah Pencatatan Keuangan

Sistem transaksi online menyediakan bukti transaksi yang paperless atau digital. Dengan begitu, bisnis Anda bisa dengan mudah menggunakan aplikasi pembukuan tanpa harus input angka secara manual.

Payouts dari Midtrans menjawab kebutuhan ini. Dalam satu platform dan satu layar, Anda bisa melihat semua transaksi terlepas dari metode pembayaran yang berbeda-beda. Proses rekapitulasi, pembukuan, dan audit keuangan pun lebih cepat, mudah, dan akurat. Satu poin penting lainnya, transaksi online adalah opsi yang ramah lingkungan!

6. Tingkatkan Revenue

Hal ini berkaitan dengan psikologis manusia. Ketika berbelanja dengan uang tunai, kita cenderung berbelanja lebih hemat karena bisa melihat uang di dompet semakin menipis.

Beda lagi bila berbelanja dengan metode nontunai, kita cenderung berbelanja lebih banyak dan lebih puas. Karena itu, mengintegrasikan bisnis Anda dengan sistem transaksi online dapat menjadi langkah untuk meningkatkan penjualan Anda.


Manfaat Transaksi Online untuk Pembeli

Selain bagi pebisnis, transaksi online juga memberi keuntungan tersendiri bagi pembeli. Simak beberapa manfaatnya berikut ini.

1. Lebih Mudah Mendapatkan Produk yang Dibutuhkan

brand-adalah-6
Sudah lewat masanya untuk menghabiskan seharian penuh demi mencari barang yang diinginkan di mal. Sekarang, semuanya serba mudah. Tinggal buka smartphone, kita sudah bisa membeli barang yang dibutuhkan. Ada banyak juga pilihan toko dan produk, sehingga konsumen tidak takut kehabisan barang. 

2. Kesempatan Belanja Hemat

Semua orang suka diskon. Untungnya, transaksi online memberikan keuntungan pembeli dalam bentuk promo yang melimpah. Jika berbelanja di e-commerce, setiap bulan selalu ada diskon menarik. Kesempatan untuk membeli produk dengan harga miring pun semakin terbuka luas. 

3. Tercipta Pengalaman Belanja yang Menyenangkan

Belanja bersama teman dan keluarga memang seru. Kabar baiknya, belanja online juga bisa dilakukan bersama-sama. Jika ada keluarga atau teman yang minta rekomendasi produk, Anda bisa membagikan tautan produk ke mereka secara praktis.

Hebatnya lagi, pilihan produk juga lebih banyak. Bahkan, mungkin saja pelanggan menemukan warna atau tipe produk baru yang cocok dengan kebutuhan dan keinginan mereka. 

4. Lebih Mudah Lacak Pengeluaran

kartu-debit-adalah-2

Struk belanja mudah sekali hilang. Kalau disimpan terlalu lama di dompet, sering kali tintanya pudar. Bila melakukan transaksi online, semua transaksi tercatat otomatis dan bisa dilihat kembali oleh konsumen.

GoPay, misalnya, memudahkan konsumen untuk melihat transaksi terdahulu di laman Transaction History. Bisa juga disortir berdasarkan tanggal dan jenis transaksi. 

5. Lebih Aman Diterapkan di Tengah Pandemi COVID-19

Katakan tidak pada kontak fisik di tengah pandemi! Walau harus tetap stay di rumah, konsumen tetap bisa belanja berkat adanya transaksi online. Saat belanja offline di toko atau kafe favorit pun bisa lebih aman karena tersedia platform seperti QRIS. Kantong aman, kesehatan juga terjaga!

Itulah pengertian transaksi online dan manfaat transaksi online yang bisa Anda peroleh. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam bertransaksi, Anda bisa menggunakan layanan payment gateway agar dapat mengelola setiap transaksi dengan mudah dan memberikan beragam pilihan metode pembayaran bagi pelanggan.

Salah satu layanan payment gateway yang bisa Anda gunakan adalah Midtrans. Dengan lebih dari 20 pilihan metode pembayaran online, pelanggan Anda dapat melakukan pembayaran dengan mudah.

Selain itu, Anda juga tidak perlu melakukan rekonsiliasi atau pencocokan data keuangan secara manual karena setiap transaksi sudah tercatat di dalam sistem pembayaran online yang Anda miliki. untuk pertanyaan lain yang belum bisa kami jawab, Anda bisa kunjungi halamannya di payment method and service addition.

Ingin tahu lebih banyak tentang Midtrans dan bagaimana segenap layanannya dapat membantu bisnis Anda berkembang lebih jauh, terutama dalam bertransaksi online? Kunjungi halaman ini atau daftar Midtrans sekarang di sini.

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail