New from Midtrans, Activate the new UOB EZ Pay Payment Method Now!

Learn more. close
10 Jul

Cara Mengetahui Nomor Kartu ATM BRI, Jangan Sampai Lupa!

Yovita

by Yovita

view3240Views

Ketika membuka rekening BRI di bank untuk pertama kalinya, Anda pasti akan memperoleh kartu ATM, bukan? Nah, di bagian depan kartu, Anda akan menemui sederet angka yang merupakan nomor kartu ATM BRI Anda. Nomor kartu ini memiliki fungsi tertentu. Namun, bagaimana cara mengetahui nomornya jika kartu tersebut hilang? Anda tak perlu khawatir, simak artikel tentang cara mengetahui nomor kartu ATM BRI Anda berikut ini!


Fungsi Nomor Kartu ATM BRI

Nomor yang tertera pada kartu ATM berfungsi sebagai nomor identifikasi pemilik sah serta BRI sebagai pihak bank yang menerbitkan kartu tersebut. Selain itu, nomor kartu juga berfungsi untuk registrasi layanan perbankan tertentu. Misalnya, bila Anda ingin mengaktifkan layanan mobile banking (BRImo) atau internet banking, maka Anda perlu menyertakan nomor kartu ATM Anda sebagai salah satu syaratnya.

Cara mengetahui nomor kartu ATM BRI adalah dengan melihat 16 digit angka yang tertera pada bagian depan kartu ATM. Nomor ini bersifat rahasia karena memuat informasi dan identitas Anda sebagai pemilik rekening. Jadi, Anda pun harus berhati-hati dan merahasiakannya dari pihak-pihak luar. Takutnya, ada orang tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan nomor kartu tersebut untuk niat buruk, seperti pencurian identitas atau bahkan pembobolan rekening.

Baca juga: 5 Pilihan Kartu ATM BRI Serta Limit Transfer BRI


Beda Nomor Kartu, Nomor Rekening, dan Virtual Account

cara-mengetahui-nomor-kartu-atm-bri-(2)

Tak sedikit orang yang masih salah mengira bahwa nomor pada kartu ATM adalah nomor rekening. Padahal, nomor kartu dan nomor rekening adalah dua hal yang berbeda. Nomor yang tertera pada kartu ATM BRI Anda adalah nomor kartu. Nomor kartu berfungsi sebagai nomor identifikasi pemilik kartu dan bank penerbit serta sebagai syarat untuk registrasi layanan online.

Sedangkan, nomor rekening adalah nomor yang tercantum dalam buku tabungan, bukan pada kartu ATM. Nomor rekening ini berfungsi sebagai alat transaksi. Misalnya, jika Anda ingin melakukan transfer untuk keperluan bisnis, seperti membayar vendor, yang Anda perlukan adalah nomor rekening vendor tersebut. Begitu pun jika Anda akan menerima dana dari orang lain, maka Anda harus mencantumkan nomor rekening Anda.

Hal tersebut berbeda lagi dari VA atau Virtual Account. Virtual Account adalah akun rekening virtual (tidak nyata) berupa kode unik yang dapat membuat Anda melakukan pembayaran untuk keperluan bisnis dengan lebih cepat. Kode tersebut biasanya dibuat oleh bank yang dipilih sesuai permintaan perusahaan ketika akan melakukan transaksi. Kode ini pun akan berubah untuk transaksi yang berbeda.

Baca juga: 2 Cara Mengetahui Nomor Kartu Debit BRI, Gampang!


Cara Mengetahui Nomor Kartu ATM BRI

Lalu, bagaimana cara mengetahui nomor kartu ATM BRI? Ada dua cara, yaitu secara langsung dan melalui internet banking, seperti berikut ini.

a. Langsung

Cara mengetahui nomor kartu ATM BRI secara langsung tentu mengharuskan Anda memiliki kartu fisiknya dalam kondisi yang masih bagus. Pastikan bahwa kartu ATM BRI Anda masih terlihat jelas tampilan fisik atas komponen-komponennya. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, ambillah kartu ATM BRI Anda.
  2. Perhatikan bagian depan kartu, Anda akan melihat ada 16 digit angka yang tercantum.
  3. 16 digit angka itulah nomor kartu ATM BRI Anda.
  4. Untuk menghindari luntur akibat basah, lupa, atau bahkan kehilangan kartu ATM, Anda bisa catat nomor kartu Anda di tempat lain, kemudian simpanlah baik-baik.

b. Lewat internet banking

Bila kartu Anda sudah telanjur hilang, tidak perlu khawatir. Anda masih bisa mengecek nomor kartu Anda melalui internet banking. Begitu juga ketika Anda sedang bepergian namun lupa tidak membawa kartu ATM. Bagaimana cara mengetahui nomor kartu ATM BRI lewat internet banking? Ikuti langkahnya berikut ini:

  1. Cek riwayat transaksi pada menu internet banking.
  2. Pastikan Anda memiliki riwayat transaksi sebelumnya. Jika belum pernah, maka lakukan transaksi terlebih dahulu.
  3. Buka internet banking BRI, lalu buka “Status Transaksi”.
  4. Layar akan menampilkan 16 digit nomor kartu ATM BRI Anda.
  5. Catat dan simpan baik-baik nomor kartu tersebut jika diperlukan.

Menyimpan nomor kartu ATM bisa berguna bila Anda ingin mengajukan pendaftaran atau registrasi untuk keperluan bisnis Anda. Nomor kartu ATM, termasuk kartu ATM BRI, digunakan untuk mendaftar ke layanan perbankan tertentu seperti mobile banking dan internet banking

Melalui layanan-layanan inilah pelanggan bisa menikmati berbagai fitur yang memudahkan mereka untuk transaksi, mulai dari transfer rekening, QRIS, hingga Virtual Account. Itulah kenapa Anda sebagai pelaku bisnis perlu menyediakan metode pembayaran beragam yang sesuai dengan preferensi pelanggan. 

Tak perlu repot, Anda bisa menggunakan sistem payment gateway Midtrans. Midtrans menyediakan berbagai sistem pembayaran online, termasuk melalui Virtual Account yang dinilai cepat dan mudah. Dengan VA ini, pelanggan bisa melakukan transaksi dengan lebih praktis karena hanya perlu memasukkan nomor VA saja. 

Baca juga: Virtual Account: Definisi, Cara Kerja, dan Manfaat untuk Bisnis

Uang yang dikirimkan pun dapat secara langsung masuk ke rekening Anda secara real-time. Apalagi jika Anda adalah nasabah BRI, BRI telah bekerja sama dengan Midtrans sehingga Anda bisa melakukan transaksi melalui Virtual Account yang dikeluarkan oleh BRIVA (BRI Virtual Account). 

Aktifkan layanan mobile banking Anda untuk mengakses layanan Virtual Account. Jangan lupa untuk menerapkan cara mengetahui nomor kartu ATM BRI seperti yang telah dipaparkan di atas sebagai salah satu syarat registrasi.

payment-gateway

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail