Limited offer! Activate ShopeePay via Midtrans now & get 30% bonus cashback for your customer.

Learn More
14 Apr

5 Aplikasi Keuangan Untuk Memulai Bisnis UKM

by Digital Marketing Midtrans

35Views

Untuk memulai sebuah usaha, tentunya bagian keuangan merupakan hal yang paling memegang peranan penting dalam keseluruhan. Tetapi jika Anda ingin memulai usaha kecil menengah, tentu Anda tidak bisa langsung menarik banyak karyawan di waktu bersamaan bukan? Oleh karena itu, kami ingin membagikan 5 aplikasi keuangan yang dapat Anda gunakan untuk memulai sebuah bisnis baru.

Sage Accounting

Jika Anda baru memulai bisnis sendiri, Sage Accounting merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam mengatur masalah keuangan untuk bisnis yang Anda miliki. Untuk pebisnis pemula, Sage Accounting menyediakan fitur untuk mencatat pendapatan serta pengeluaran Anda, tetapi jika Anda memerlukan fitur lainnya, Anda perlu berlangganan versi premium nya.

FreshBooks

Freshbooks merupakan salah satu nama aplikasi yang sudah populer di kalangan pemilik pengusaha kecil. Meskipun hanya dimulai sebagai aplikasi untuk mencatat faktur dan pengeluaran, Freshbooks kini juga dapat berintegrasi dengan rekening bank Anda, juga memproses gaji dan bisnis Anda. Aplikasi ini juga menawarkan integrasi dengan daftar CRM populer dan aplikasi layanan pelanggan yang cukup panjang, sehingga Anda dapat memperluas fungsionalitasnya kapanpun Anda butuhkan.

TSheets

Tsheets juga merupakan salah satu aplikasi keuangan terbaik yang tersedia untuk Anda yang sedang memulai usaha kecil. Aplikasi ini telah memiliki lebih dari 2000 ulasan bintang lima di toko aplikasi (app store/play store) dan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya juga dapat dipahami dengan mudah. Dengan Tsheets, Anda dapat melacak timesheets karyawan dari lokasi manapun yang Anda inginkan. Anda juga dapat menyetujui sebuah timesheets dengan cepat karena aplikasi ini sudah terintegrasi secara online.

Expensify

Mencatat pengeluaran mungkin tidak masuk kedalam tugas penting yang perlu Anda lakukan, karena itu cenderung memakan waktu dan energi yang cukup banyak, tetapi bagaimana jika Anda dapat melakukan prosesnya secara otomatis? Expensify merupakan jawabannya. Expensify dapat membantu Anda untuk mengatur keuangan dalam bisnis Anda secara otomatis, sehingga Anda dapat fokus ke pekerjaan lainnya. Mulai dari gaji, pengeluaran, pemasukan, semuanya dapat terintegrasi secara otomatis dengan aplikasi yang satu ini. Expensify juga dapat terintegrasi dengan sistem akuntansi Anda, sehingga jika ada perubahan aplikasi ini dapat langsung menyinkronkannya.

Beberapa aplikasi di atas sebaiknya dimiliki oleh Anda agar keuangan bisnis dapat terkelola dengan baik. Mulai dari integrasi pengeluaran bisnis sampai pembayaran gaji karyawan atau yang disebut sistem payroll, hal-hal tersebut harus dilakukan dengan teliti. Terlebih, pembayaran gaji karyawan ataupun pengeluaran lainnya tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Tentunya dibutuhkan sistem pembayaran pengeluaran bisnis yang dapat mendistribusikan dana tersebut dengan catatan yang lengkap dan dilakukan secara real-time. Anda dapat menggunakan layanan IRIS dari Midtrans agar pembayaran ke banyak pihak seperti payroll dan pembayaran vendor dapat berjalan lancar. Cari tahu lebih lanjut mengenai Iris di midtrans.com/iris