We have updated Our Terms & Privacy Notice on February 26th 2024. Click here to review!

See here close
25 Nov

Mengenal Produk Digital: Contoh dan Peluang Bisnisnya

Yovita

by Yovita

view6256Views

Produk digital tak bisa dipegang, dicicipi, atau disentuh, tapi semua orang menggunakan atau mengonsumsinya. Contohnya seperti musik, video, e-book, kursus online, dan sebagainya. Banyak pelaku bisnis fokus menjual barang tak berwujud ini karena memang banyak dicari, distribusinya mudah, atau sebagai pelengkap dari produk fisik.

Menariknya, cara menjual produk digital tak merepotkan. Produk digital bisa dibuat sekali dan dijual berulang kali ke pelanggan yang berbeda tanpa harus mengisi kembali inventaris, sehingga ideal untuk materi iklan, blogger, tutor, dan freelancer yang ingin menghasilkan uang secara online. Agar lebih mengenal produk digital,mari simak ulasannya dalam artikel berikut ini!


Produk Digital Adalah Produk Tanpa Bentuk Fisik 

produk-digital-(3)

Produk digital merupakan produk tanpa bentuk fisik yang dapat dijual dan didistribusikan berulang kali secara online tanpa perlu mengisi kembali persediaan. Produk ini biasanya tersedia dalam bentuk file digital yang bisa diunduh, seperti MP3, PDF, video, plug-in, dan template. ​​

Intinya, apa pun yang dapat diunduh dan digunakan secara digital dapat dianggap sebagai produk digital. Produk digital dapat dijual secara online dan siapa pun yang memiliki komputer dan koneksi internet dapat membuatnya.

Berbeda dari produk fisik, produk digital hanya ada di ranah digital. Hal ini membuatnya mudah untuk didistribusikan dan sering kali lebih murah daripada produk fisik. Selain itu, produk digital juga dapat dengan mudah diperbarui atau dimodifikasi untuk mengikuti perubahan teknologi dan tren karena tidak berwujud.

Umumnya, produk digital dilengkapi dengan lisensi yang memungkinkan pelanggan untuk menggunakannya tanpa batas. Berikut tiga keunggulan utama produk digital:

  • Hemat biaya - Produk digital tidak memiliki persediaan atau biaya overhead.
  • Margin keuntungan lebih tinggi - Produk digital tidak memiliki biaya berulang, sehingga Anda dapat memperoleh lebih banyak keuntungan dari penjualan.
  • Keserbagunaan - Anda dapat dengan mudah memasukkan produk digital ke dalam bisnis dan strategi pemasaran. Produk digital bisa dijual sebagai sumber pendapatan utama atau sebagai barang gratis untuk meningkatkan brand awareness.

Beberapa Contoh Produk Digital

produk-digital-(4)

Produk digital hadir dalam berbagai jenis. Beberapa di antaranya bahkan kemungkinan besar sudah pernah Anda gunakan atau nikmati. Berikut ini contoh-contoh produk digital yang umum ditemui:

1. Foto atau video

Foto premium berkualitas tinggi adalah salah satu produk digital yang paling dicari saat ini. Konsumen foto online terbesar adalah blogger dan pemilik website. Beberapa jenis foto yang bisa dijual termasuk potret, stok foto, foto drone, foto acara, background, dan sebagainya.

Selain foto, video juga merupakan contoh produk digital yang tak hanya populer, tapi juga efektif untuk menyampaikan informasi secara online. Umumnya, konten video dapat mendidik, bersifat informatif, atau menghibur. Video dinilai lebih menarik daripada teks dan dapat dengan mudah dikonsumsi.

Pengguna menyukai video dan—dalam banyak kasus—akan dengan senang hati membeli produk digital ini. Beberapa jenis video yang bisa dijual adalah kursus/pelatihan online, rekaman drone, ulasan produk, ulasan video game, dan sebagainya.

2. Aplikasi

Aplikasi diunduh dan di-install dalam ponsel atau komputer. Ekosistem aplikasi sangat besar sehingga produk digital ini cukup menguntungkan untuk dijual. Beberapa contoh produk digital aplikasi yang mungkin Anda kenal adalah layanan penyimpanan file, seperti Dropbox, iCloud, Google Drive, MediaFire, atau aplikasi musik seperti Spotify dan Apple Music.

3. Software

​​Industri software sangat besar dan terus berkembang sehingga peluang yang ditawarkan dari produk digital ini cukup menjanjikan. Pasar software global diproyeksikan bernilai lebih dari 1 triliun Dolar dalam beberapa tahun mendatang. 

Hal ini tidak terlepas dari penggunaan komputer dan perangkat seluler setiap hari. Penulis kode dan pengembang produk dapat membuat aplikasi yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen untuk mempercepat tugas bisnis dan kehidupan sehari-hari. 

Software bisa menjadi produk digital yang paling menguntungkan karena cakupan konsumennya yang luas, mulai dari perusahaan besar, bisnis kecil, hingga pengguna individu. Beberapa contoh produk software adalah plugin WordPress, tema WordPress, aplikasi seluler, video game, aplikasi Windows, aplikasi Mac, aplikasi iPhone, aplikasi Android, aplikasi berbasis web (Saas), dan lain-lain.

4. E-book

E-book adalah buku elektronik yang dapat dijual atau diberikan gratis secara online. Produk digital ini sempurna untuk menjelaskan topik tertentu atau suatu proses. Produk digital serbaguna ini dapat Anda miliki di berbagai platform dan diperbarui kapan pun diperlukan. 

Anda yang mempunyai keahlian menulis bisa membuat e-book untuk dipasarkan lewat penerbit online atau media sosial. Selain penulis, blogger dan pengusaha bisnis juga umum menggunakan e-book untuk berbagi ilmu atau menjual produk.

5. Game

Game termasuk produk digital yang laku keras karena sebagian besar anak muda suka main game. Jumlah gamers di dunia sekarang berkisar di angka 3,24 miliar orang dan Indonesia menduduki peringkat ke-3 dengan jumlah gamers sekitar 145 juta orang.

Pengembang game bisa menjual produk digital ini melalui platform khusus yang memungkinkan penjualan langsung ke gamer tanpa campur tangan studio besar. Contohnya seperti game Hollow Knight dan Among Us yang populer. 

6. Kursus online

Kursus online membutuhkan konten yang mendalam, seperti presentasi hingga video walk-through. Tutor yang ahli dalam topik tertentu biasanya memanfaatkan produk digital untuk mengemas materi pelajaran dan menjualnya kepada orang lain yang ingin belajar.

Kursus online sama seperti kursus di dalam kelas, hanya saja disampaikan secara online melalui aset teks, video, dan audio. Pelanggan kursus online belajar melalui modul khusus berdasarkan nama kursus dan materi yang ingin disampaikan oleh penyedia kursus online.

Pelanggan dapat mengikuti kursus online dengan jadwal yang fleksibel. Umumnya, kursus online tersedia dalam ukuran dan harga yang bervariasi sesuai dengan topik bahasan, materi pembelajaran, dan sebagainya.

7. Desain grafis

Desainer grafis dapat menciptakan berbagai macam produk unik dan berharga, seperti file digital yang memungkinkan akses ke basis pelanggan yang sangat besar. Produk digital ini mampu menghasilkan uang secara online hanya bermodal keterampilan desain. Contoh produk digital desain grafis meliputi logo, template desain, desain kartu, dan sebagainya.


Peluang Bisnis Produk Digital

produk-digital-(2)

Apakah kini Anda jadi tertarik untuk menjual produk digital? Berikut beberapa peluang bisnis produk digital yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Jasa desain grafis

Jasa desain grafis sangat diminati karena merupakan inti dari sebagian besar konten. Pengusaha dan pemilik bisnis yang ingin membangun identitas merek, tapi mungkin tidak mampu menyewa desainer grafis khusus, biasanya berinvestasi membeli paket seni grafis. 

Memenuhi kebutuhan tersebut, Anda bisa menjual logo, kit merek, font, hingga ikon yang dapat dibuat di hampir semua software pengeditan. Anda dapat menyediakan karya seni fix atau template yang dapat diedit untuk meraup keuntungan besar. 

2. Pembuatan aplikasi atau software

Jasa pembuatan aplikasi atau software banyak diminati konsumen karena biaya membuat aplikasi atau software dari awal bisa mahal dan memakan waktu. Jika Anda memiliki latar belakang dalam pengkodean, Anda dapat membuat aplikasi atau software dalam waktu singkat dan menjualnya.

Cobalah membuat aplikasi atau software yang bisa digunakan oleh pengguna berdasarkan kebutuhan masing-masing. Bagi bisnis, produk digital ini adalah investasi satu kali yang dapat dijual berkali-kali. Sedangkan, konsumen akan mendapat manfaat dari segi harga yang relatif lebih murah.

3. Pembuatan situs web

Jika Anda seorang desainer web yang sangat terampil, Anda dapat memulai bisnis online yang menjual produk digital untuk para desainer. Bisnis pembuatan situs web dapat mencakup tema dan template situs web, filter Snapchat dan sampul Instagram, font, ikon, kit UX, dan lain-lain.

4. Jasa kursus online

Permintaan terhadap jasa kursus online mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir, terutama dalam menangani pandemi COVID-19. Meskipun sebelumnya sudah banyak digunakan, industri ini berhasil menarik lebih banyak pengguna baru untuk bergabung dengan platform kursus online sehingga peluang bisnis produk digital ini semakin besar.

Saat ini, jasa kursus online menjadi salah satu produk digital paling menguntungkan untuk dijual. Kursus dapat disampaikan dalam format teks, audio, video, atau kombinasi ketiganya. Dengan banyaknya pilihan software gratis atau murah untuk membuat pembuatan kursus jadi lebih mudah, Anda tidak memerlukan waktu berjam-jam untuk mulai menawarkan jasa kursus online.

5. YouTuber

Anda juga bisa mempertimbangkan pekerjaan sebagai YouTuber untuk mendapatkan keuntungan dari produk digital. Video online tumbuh secara eksponensial dengan lebih dari 4 miliar video ditonton setiap hari. Bagi bisnis, menggunakan YouTube dapat membantu kemudahan dalam menjangkau audiens, baik dengan membuat video maupun beriklan di video orang lain.

6. Penjualan photo stock

Di zaman serba digital seperti sekarang, menjual photo stock bisa menjadi salah satu peluang bisnis produk digital yang menjanjikan. Situs seperti Shutterstock dan Pexels ada karena alasan ini. Konsumen menggunakan foto dari situs ini untuk mempermudah pembuatan konten yang dipersonalisasi dan beragam tanpa menghabiskan berjam-jam untuk pengambilan gambar. 

Jika Anda memiliki peralatan kamera yang bagus serta minat terhadap fotografi, Anda sudah siap untuk terjun ke fotografi stok. Mirip dengan stok videografi, Anda perlu memikirkan gambar yang paling sering digunakan oleh target pasar Anda.

Kemudian, fokuskan perhatian Anda pada hal-hal yang mungkin sulit ditangkap tanpa merencanakan bidikan yang mahal. Matahari terbenam, lanskap bersalju, foto makanan yang indah, hingga acara populer seperti Mardi Gras akan selalu diminati, terutama oleh pemasar digital.

Anda bisa mengubah keterampilan videografi Anda menjadi sumber pendapatan pasif. Ambillah foto momen paling umum yang digambarkan dalam konten digital, seperti portrait, event tahunan, foto makanan, city landscape, dan sebagainya. 

7. Jasa konsultan digital

Jasa konsultan digital menawarkan berbagai layanan yang terkait dengan dunia maya, termasuk bantuan SEO, konseling TI, desain web, dan media sosial. Meskipun mengacu pada banyak layanan, konsultasi digital biasanya khusus berfokus pada penerapan strategi bisnis secara efisien di seluruh platform digital.

Tujuan utama jasa konsultasi digital adalah membantu bisnis menerapkan strategi secara online untuk mencapai tujuan bisnis. Hal ini meliputi perancangan situs web yang ramah pengguna, menawarkan panduan tentang waktu posting media sosial yang optimal, mengelola layanan pemasaran email, menganalisis upaya pemasaran digital, atau mengoptimalkan konten situs web untuk mesin telusur.


Kelebihan Produk Digital sebagai Objek Bisnis

produk-digital-(6)

Menjual produk digital memiliki banyak keunggulan yang membuatnya menarik, di antaranya:

1. Biaya overhead rendah

Dalam bisnis, biaya overhead mengacu pada biaya operasi bisnis yang berkelanjutan. Overhead merupakan pengeluaran yang tidak dapat mudah dilacak atau diidentifikasi dengan unit pendapatan tertentu, sehingga berbeda dari biaya operasi seperti bahan mentah dan tenaga kerja. Produk digital menawarkan biaya overhead rendah karena pemilik usaha tidak perlu menyimpan inventaris atau menanggung biaya pengiriman apa pun.

2. Margin keuntungan tinggi

Margin laba adalah ukuran profitabilitas yang dihitung dengan mencari keuntungan sebagai persentase dari pendapatan. Margin laba terdiri dari tiga jenis, yakni margin laba kotor, margin laba operasi, dan margin laba bersih. Bisnis produk digital menawarkan margin keuntungan tinggi karena tidak ada biaya barang yang berulang, jadi pemilik bisnis dapat mempertahankan sebagian besar penjualan sebagai keuntungan.

3. Potensi untuk mengotomatisasi

Otomatisasi bisnis menghilangkan hambatan yang meningkatan efisiensi dan kontrol. Pesanan produk digital dapat dikirim secara instan sehingga bisnis ini relatif dijalankan secara otomatis.

4. Produk yang fleksibel

Penyediaan produk digital bisa disesuaikan dengan tujuan Anda sehingga begitu fleksibel. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis berupa layanan digital marketing, maka Anda bisa menyediakan produk digital dalam bentuk e-book berformat PDF untuk pengunjung yang subscribe ke website Anda. Beda lagi jika misalnya Anda menyediakan layanan stok foto dengan sistem kurasi. Jadi, khusus pelanggan yang sudah membayar bulanan, mereka akan mendapatkan kurasi stok foto eksklusif.

5. E-learning adalah masa depan pendidikan

E-learning semakin disukai dan banyak diminati. Alasannya karena ia jauh lebih cepat dan lebih hemat biaya daripada sistem tatap muka. Terlebih, e-learning juga menawarkan fleksibilitas waktu. Anda memiliki peluang besar untuk mengembangkan bisnis dan pengaruh bisnis melalui e-learning, sebuah industri yang diharapkan bernilai Rp5.876 triliun pada tahun 2026.


Kekurangan Produk Digital sebagai Objek Bisnis

produk-digital-(5)

Walaupun menawarkan banyak keuntungan, bisnis produk digital juga memiliki tantangan khusus yang harus diperhatikan, seperti:

1. Persaingan dengan Konten Gratis

Jika Anda menjual barang digital, konsumen bisa saja menemukan alternatif gratis dari produk yang Anda jual. Karenanya, Anda perlu memikirkan target audiens, jenis produk yang Anda jual, dan cara menulis deskripsi produk dengan hati-hati. Anda bisa coba tawarkan produk berkualitas tinggi dan mengetahui cara membangun merek agar dapat bersaing.

2. Risiko pembajakan/pencurian

Untuk meminimalisir risiko satu ini, sebaiknya ambil tindakan pencegahan dengan menggunakan alat yang tepat agar produk Anda terlindungi. Misalnya dengan cara menambahkan pemberitahuan hak cipta di website perusahaan, gunakan watermark, atau menggunakan editor PDF untuk membatasi perubahan pada produk digital.

3. Batasan cara menjual produk digital

Menjual produk digital memang relatif mudah, sehingga persaingannya pun bisa ketat. Plus, cara menjual produk digital juga punya batasan. Misalnya, Anda harus menjual produk fisik jika ingin menawarkan produk digital melalui saluran penjualan Facebook dan Instagram.


Produk digital pada dasarnya adalah segala informasi yang dapat disampaikan secara elektronik. Ia dapat mencakup apa saja, mulai dari foto, video, kursus online, e-book, hingga software dan aplikasi. Intinya, jika suatu produk atau layanan dapat disampaikan secara digital, ia dianggap sebagai produk digital. 

Salah satu kelebihan produk digital adalah dapat dibeli dan diunduh secara instan, sehingga efisien bagi pelanggan maupun bisnis. Jika Anda punya ide untuk menciptakan produk digital, eksekusi sekarang! Dengan perencanaan dan pelaksanaan yang tepat, produk Anda dapat berdiri dan berjalan dalam waktu singkat.

Anda bisa menjangkau lebih banyak konsumen produk digital dengan menyediakan payment gateway yang dapat menerima beragam metode pembayaran sekaligus. Midtrans sebagai payment gateway Indonesia terbaik siap menerima transaksi dari bergaam metode pembayaran, seperti kartu kredit/debit, transfer bank, e-Wallets, dan lain sebagainya.

Sistem Midtrans juga sudah dirancang untuk otomatis merekam semua transaksi yang terjadi, sehingga Anda tidak perlu melakukannya secara manual lagi. Anda bisa memanfaatkan semua integrasi Midtrans secara gratis, mulai dari layanan pembayaran online, pembayaran di toko offline, hingga fitur transfer dana dari Midtrans ke mana saja. Yuk, manfaatkan berbagai fitur yang disediakan Midtrans sekarang untuk dukung bisnis produk digital Anda!

payment-gateway-indonesia-(2)

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail