Want to know more about Financial Modeling best practices from the expert?

Find out the answer at the Konferensi Maju Digital 2022. close
13 Oct

Apa Itu Harbolnas? Ini Sejarah dan Tips Aman Bertransaksi!

Yovita

by Yovita

view430Views

Harbolnas merupakan momen menguntungkan bagi para pelaku bisnis dan konsumen dalam aktivitas belanja online. Ya, saat ini belanja online sudah menjadi tren di masyarakat saat ini. Hal itu terjadi karena akses belanja yang mudah. Cukup mengandalkan smartphone, konsumen bisa membeli semua kebutuhan dari mana saja dan kapan saja.

Ditambah lagi dengan pandemi Covid-19 yang membatasi aktivitas masyarakat, kebutuhan belanja online semakin meningkat. Tercatat hingga pertengahan tahun 2022 ini, transaksi e-commerce di Indonesia telah mencapai Rp108,54 triliun. 

Angka ini membuat berjualan online menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan keuntungan. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, perusahaan e-commerce sering memberikan diskon besar pada hari dan tanggal tertentu. Hari diskon besar-besaran ini sering disebut dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). 

Lalu, bagaimana sejarah terbentuknya Harbolnas? Sebagai penjual, bagaimana cara terbaik untuk mengambil peluang keuntungan dari Harbolnas?


Apa Itu Harbolnas?

harbolnas-adalah-(4)

Hari belanja online nasional atau Harbolnas adalah program promosi yang diadakan oleh e-commerce. Pada Harbolnas ini, berbagai toko online akan ambil bagian dengan memberikan potongan harga besar-besaran untuk beberapa barang dalam stok yang terbatas.

Nantinya, konsumen akan adu cepat membeli barang tersebut sebelum kehabisan. Untuk barang dengan stok terbatas, biasanya akan memiliki kolom khusus di mana promo akan berakhir dalam waktu tertentu. Para penjual juga banyak yang melakukan live stream untuk menawarkan barang beserta diskon menarik secara langsung.

Hal menarik yang juga kerap terjadi selama Harbolnas adalah e-commerce yang memberikan diskon ongkos kirim atau ongkir secara besar-besaran. Biasanya, terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi pelanggan agar mendapat gratis ongkir, atau gratis ongkir hanya berlaku untuk sejumlah transaksi. 

Baca Juga: Prabayar adalah Sistem Bayar di Muka, Apa Kelebihannya?


Sejarah Harbolnas

harbolnas-adalah-(5)

Harbolnas di Indonesia pertama kali diadakan oleh sejumlah e-commerce pada 12 Desember 2012, bertepatan dengan angka unik gabungan dari tanggal, bulan, dan tahun tersebut, yaitu 12.12.12. Saat itu, penggunaan internet di Indonesia sedang berkembang, diikuti dengan banyaknya operator yang menyediakan layanan internet berupa modem ataupun wi-fi. Namun, transaksi jual-beli online masih belum begitu banyak.

Pada saat itu, Kaskus dan Facebook menjadi platform jual-beli online yang paling sering digunakan. Oleh karena itu, para e-commerce melihat kesempatan ini sebagai ajang perkenalan masyarakat terhadap belanja online ke lebih banyak masyarakat di Indonesia, sekaligus untuk mengembangkan industri e-commerce sendiri.

Dengan adanya Harbolnas, diharapkan masyarakat mulai terbiasa berbelanja online. Pada masa itu, banyak yang belum percaya untuk belanja di e-commerce karena takut akan penipuan, barang tidak sampai, hingga barang tidak sesuai dengan deskripsi.

Sejak saat itu, Harbolnas makin sering diadakan untuk memajukan sektor transaksi digital yang kini memiliki banyak akses dan kemudahan, mulai dari cara pembayaran yang beragam hingga berbagai jenis barang yang dijual. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, kini barang dengan harga tinggi seperti laptop, smartphone, hingga mobil bisa Anda dapatkan hanya dengan belanja online.

Baca Juga: 8 Contoh Kejahatan yang Marak Terjadi dalam Dunia Digital Adalah, Waspadai Modusnya!


Harbolnas Kapan Diadakan?

harbolnas-adalah-(7)

Harbolnas sendiri mengikuti konsep hari diskon besar-besaran yang diterapkan di sejumlah negara besar. Di Jepang, sebutan dari Harbolnas adalah Cyber Monday. Setiap hari Senin pada periode tertentu, setiap toko akan mengadakan diskon besar-besaran sehingga menimbulkan antrean pengunjung yang panjang. Sementara di Amerika, hari diskon ini diadakan setiap hari Jumat setelah perayaan Thanksgiving dengan sebutan Black Friday

Pada hari diskon ini, pengunjung biasanya sudah mengantre sejak malam sebelum toko dibuka agar tidak didahului oleh pengunjung lain. Seiring dengan berkembangnya transaksi digital, hari diskon pun juga dilakukan e-commerce  untuk memudahkan pelanggan agar tidak perlu mengantre dalam waktu yang lama.

Nah, di Indonesia, Harbolnas sendiri dirayakan pada tanggal unik seperti 12.12, 5.5, dan tanggal lain yang memiliki formasi angka sama jika digabungkan dengan bulan atau tahun. Harbolnas juga dirayakan saat peringatan hari besar seperti Natal atau Lebaran, dimana banyak masyarakat yang sedang berlibur dan membutuhkan sejumlah keperluan untuk merayakan hari besar.


5 Keuntungan Jualan Online saat Harbolnas

harbolnas-adalah-(2)

Harbolnas membawa keuntungan sendiri bagi para pelaku bisnis online. Pada saat inilah para penjual online wajib mengerahkan usaha mereka guna menarik hati pelanggan. Beberapa keuntungan yang didapat jika jualan online saat Harbolnas adalah;

1.Pendapatan berlipat dibanding hari biasa

Keuntungan pertama yang didapat oleh penjual saat Harbolnas adalah meningkatnya peluang pendapatan jika dibandingkan dengan saat hari biasa. Harbolnas biasanya dimanfaatkan oleh pembeli untuk membeli kebutuhan mereka dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, penjual bisa mendapat keuntungan hingga berkali-kali lipat dibandingkan biasanya.

Harbolnas juga menjadi hari di mana toko Anda berpeluang mendapat banyak pengunjung baru, mengingat diskon yang menarik membuat pembeli akan mengunjungi lebih dari satu toko untuk mencari harga terbaik. Jika Anda jitu memasang potongan harga, pembeli tak akan ragu memilih barang dari toko Anda.

2. Menghabiskan stok barang yang berlebih

Harbolnas juga bisa Anda manfaatkan untuk menghabiskan barang yang kelebihan stok. Lebih baik juallah barang tersebut dengan harga modal dibandingkan membiarkan barang terbengkalai dan kualitasnya akan berkurang karena disimpan dalam waktu lama.

Cukup pasang harga dengan sangat miring, nantinya pembeli akan tergoda untuk membeli barang tersebut dengan jumlah yang banyak. Dengan begitu, stok barang yang kelebihan dapat berkurang, namun pada saat bersamaan Anda masih akan mendapatkan keuntungan.

3. Meningkatkan traffic pengunjung ke toko online

Keuntungan lain yang dapat diperoleh penjual saat Harbolnas adalah meningkatnya traffic pengunjung ke toko Anda, mengingat pembeli akan mengunjungi berbagai toko untuk mencari harga terbaik. Meningkatnya traffic tentu menciptakan peluang lebih besar untuk menghasilkan penjualan.

4. Membuka peluang kerja

Anda juga dapat berkontribusi dalam menyejahterakan masyarakat sekitar dan mengurangi angka pengangguran saat Harbolnas. Hal ini bisa terjadi karena banyaknya pesanan yang harus dikemas, sedangkan Anda juga harus selalu fast response saat ada pembeli yang menanyakan informasi terkait produk. 

Hal itu membuat Anda setidaknya harus mempekerjakan orang lain untuk posisi tertentu, seperti admin media sosial atau menambah tenaga untuk mengemas paket sebelum diambil kurir untuk dikirimkan. Belum lagi jika Anda memiliki toko fisik yang harus dijaga, menyewa tenaga tambahan akan sangat membantu Anda dalam melayani banyaknya pesanan.

5. Mengetahui tren yang sedang berkembang

Dengan mengikuti Harbolnas, Anda sebagai penjual dapat mengetahui apa yang saat ini menjadi tren di kalangan konsumen. Anda dapat menganalisis barang apa yang saat ini sedang dicari banyak pembeli dan kenapa barang tersebut dicari. Lalu, Anda dapat membuat perhitungan apakah toko Anda bisa menjual barang tersebut juga, atau apakah pelanggan setia Anda juga mencari barang tersebut.

Baca Juga: Top Up adalah Isi Ulang Saldo, Bagaimana Alurnya?


Tips Jualan Online saat Harbolnas 

harbolnas-adalah-(6)

Sebelum menghadapi Harbolnas, ada baiknya jika Anda mempersiapkan diri terlebih dahulu. Sehingga, toko Anda dapat bersaing dengan toko lain dan mendapat banyak keuntungan. Berikut tips jualan online saat Harbolnas yang dapat Anda ikuti.

1. Buat penawaran yang menarik

Tips pertama adalah buatlah penawaran yang menarik pembeli. Penawaran dapat berupa diskon dalam jumlah besar, pemberian bonus barang untuk pembelian produk dalam jumlah tertentu, atau memberi diskon ongkir untuk pembelian dengan nominal tertentu. Dengan begitu, pembeli akan tertarik untuk membeli di toko Amda.

Pada saat Harbolnas, tentunya penjual lain juga memiliki strategi penawarannya sendiri. Karenanya, pastikan Anda juga melihat toko lain untuk melihat promo yang mereka tawarkan, lalu buat strategi yang baik untuk membuat toko Anda lebih menonjol dari pesaing.

2. Berikan deskripsi barang secara detail

Sejumlah pembeli punya sifat untuk malas bertanya dan hanya bergantung pada deskripsi produk. Jika deskripsi yang dituliskan tentang produk tidak jelas, pembeli biasanya langsung meninggalkan toko untuk mencari tempat lain dengan deskripsi yang lebih lengkap. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda menjabarkan deskripsi barang secara detail.

Jelaskan material yang terkandung dalam produk, kegunaan, hingga berbagai warna produk jika ada. Dengan begitu, pembeli tidak perlu repot-repot bertanya dan dapat langsung membeli barang saat itu juga. Hal itu akan menghemat waktu Anda maupun pembeli.

3. Hitung untung dan rugi sebelum memberi diskon

Tips berikutnya untuk Anda sebelum menghadapi Harbolnas adalah menghitung untung dan rugi sebuah barang. Hitung dengan teliti apakah Anda akan mendapat untung jika memberi diskon terhadap suatu barang, atau malah mendapat rugi. 

Apabila rugi yang didapat masih bisa tertutup dengan keuntungan dari barang lain, tidak ada salahnya jika beberapa barang dijual dengan harga di bawah standar. Hal itu berguna untuk menarik perhatian calon pembeli sekaligus mengurangi stok barang jika dirasa berlebih.

4. Pastikan stok barang tersedia

Pastikan stok barang-barang jualan Anda masih tersedia, terutama barang yang menjadi unggulan dari toko Anda. Sehingga, jika terdapat pesanan dalam jumlah banyak, Anda masih dapat melayani pesanan tersebut dan mencegah pembeli beralih ke toko lain demi mencari barang yang sama.

Namun, penting diingat bahwa stok yang harus diperbanyak adalah produk unggulan atau dengan angka penjualan tertinggi. Coba cek ulang catatan penjualan Anda, cari tahu mana produk yang paling laris. Dengan menambah stok barang tersebut, Anda pun bisa berpeluang mendapat pemasukan dalam jumlah besar.

5. Beri tahu tentang diskon melalui media sosial 

Tips terakhir untuk Anda sebagai penjual dalam menghadapi Harbolnas adalah umumkan tentang diskon dan penawaran menarik yang akan dilakukan melalui media sosial pribadi maupun toko. Dengan begitu, pembeli akan mengetahui tentang diskon toko Anda, sehingga mereka sudah memasukkan barang incaran dari toko Anda ke dalam keranjang terlebih dahulu. Jadi, saat Harbolnas tiba, mereka tidak perlu berebut dengan pembeli lain.


Tips Transaksi Aman Sambut Promo Harbolnas 12.12

harbolnas-adalah

Harbolnas 12.12 akan kembali hadir. Pada hari tersebut, sejumlah e-commerce dan toko online akan memberi diskon besar-besaran untuk menarik perhatian konsumen. Bahkan mungkin sebagai penjual Anda pun sudah melakukan persiapan sejak hari ini.

Namun, selain persiapan produk dan promo, pastikan Anda juga mempersiapkan keamanan transaksi digital agar terhindar dari berbagai modus kejahatan. Dengan begitu, konsumen Anda pun juga bisa berbelanja secara aman. Karenanya, demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan konsumen selama berbelanja Harbolnas 12.12, ingatkan konsumen untuk melakukan hal-hal berikut ini:

1. Cek kredibilitas toko

Salah satu tips belanja aman saat Harbolnas adalah mengecek kredibilitas toko. Biasanya, konsumen dapat melihat reputasi sebuah toko dari banyaknya bintang yang diberikan pembeli lain, feedback yang selalu positif, dan diikuti dengan jumlah barang terjual. Jika suatu toko sering tidak aktif atau hanya menjual barang dalam persentase sedikit, ingatkan konsumen untuk waspada.

Bisa jadi toko tersebut memang sudah tidak aktif lagi atau toko tersebut digunakan segelintir oknum untuk melakukan tindak kejahatan. Jadi, pastikan toko online Anda juga selalu aktif membalas pertanyaan pembeli dan merespons cepat jika konsumen memiliki pertanyaan seputar barang jualan Anda.

2. Pilih online shop dengan sistem pembayaran yang aman

Selanjutnya, konsumen juga perlu memastikan bahwa online shop yang mereka pilih sudah memiliki sistem pembayaran aman. Jika mereka memilih pembayaran dengan sistem COD, pastikan sistem tidak meminta pembayaran kedua kalinya untuk menghindari miskomunikasi saat paket tiba.

Lalu, ingatkan konsumen untuk cek kembali syarat dan ketentuan jika mereka membayar dengan alat pembayaran digital seperti mobile banking dan digital banking. Pastikan data dan nominalnya sudah sesuai agar konsumen terhindar dari hal seperti kegagalan verifikasi pembayaran atau pembatalan pesanan.

3. Gunakan koneksi yang aman saat berbelanja

Saat ini, marak terjadi pencurian data akibat penggunaan koneksi internet yang tidak aman saat melakukan transaksi digital. Oleh karena itu, ingatkan konsumen untuk menggunakan koneksi tepercaya, seperti paket internet dari kartu seluler atau wi-fi dengan kata sandi yang kuat. Hindari penggunaan wi-fi publik karena sering kali wi-fi tersebut digunakan oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan pencurian data.

Jadi, informasikan kepada konsumen agar sebaiknya melakukan transaksi online dari online shop Anda saat sudah di rumah. Bisa juga di tempat umum yang memiliki wi-fi dengan kata sandi sehingga informasi pribadi mereka tetap aman. Ini  karena wi-fi dengan kata sandi memiliki keamanan berlapis dan cenderung sulit dibobol oleh oknum tidak bertanggung jawab.

4. Hindari diskon yang tidak masuk akal

Sering kali pembeli tertarik dengan produk-produk berdiskon besar, padahal jumlah diskon tersebut terkesan tidak masuk akal. Misalnya, terdapat toko online yang menjual iPhone dengan potongan harga hingga 75 persen dari harga pasaran.

Jika konsumen menemui penawaran semacam itu, minta mereka untuk waspada karena potensi penipuannya cukup tinggi mengingat produk iPhone sangat jarang diskon besar-besaran. Apabila memang benar ada diskon, bisa jadi barang yang datang tidak sesuai dengan deskripsi atau bahkan konsumen mendapatkan barang yang rusak.

Hal ini biasanya terjadi pada pembeli yang membeli barang dari luar negeri. Jauhnya jarak dan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk melapor sering dijadikan kesempatan oleh oknum untuk melakukan tindak penipuan.

5. Laporkan toko yang meminta informasi pribadi

Tips belanja aman terakhir saat Harbolnas adalah menghindari toko yang meminta informasi pribadi konsumen, seperti nomor KTP atau data bank. Minta konsumen untuk segera laporkan toko yang meminta hal tersebut agar bisa ditindaklanjuti oleh pihak bertanggung jawab karena sudah bertentangan dengan peraturan. Bukan tidak mungkin data pribadi konsumen akan digunakan untuk hal-hal yang merugikan mereka.


Harbolnas adalah hari berbelanja online yang begitu spesial bagi para pelaku bisnis online. Pada hari inilah Anda punya kesempatan untuk meningkatkan pendapatan dan reputasi bisnis di mata pembeli. Bagi Anda yang memiliki online shop sendiri atau berencana mendirikan online shop karena tertarik dengan profit selama promo Harbolnas 12.12 berjalan, jangan lupa gunakan Midtrans sebagai layanan payment gateway Indonesia terbaik.

Selain melayani transaksi ke berbagai jenis bank di Indonesia, Midtrans juga cocok untuk digunakan oleh semua jenis bisnis, baik itu startup hingga enterprise. Midtrans juga telah didukung oleh Bank Indonesia, mendapat perlindungan Kemkominfo, dan lulus standar Industri Kartu Pembayaran Standar Keamanan Data untuk menunjang keamanan transaksi Anda dan konsumen. Segera daftarkan bisnis Anda lewat website Midtrans untuk menyambut Harbolnas 12.12!

sistem-pembayaran

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail