We have updated Our Terms & Privacy Notice on February 26th 2024. Click here to review!

See here close
15 Jun

Cara Setor Tunai Mandiri Tanpa Antre di Bank

Yovita

by Yovita

view45275Views

Saat ini, melakukan transaksi seperti kirim uang tidak perlu lewat bank lagi. Cukup melalui ATM Mandiri, Anda sudah bisa menerima atau mengirim uang dengan cepat. Tak perlu antre, tak perlu nunggu lama, Anda bisa melayani diri Anda sendiri untuk transfer, tarik tunai, atau setor tunai. Berbekal informasi mengenai cara setor tunai Mandiri, tarik tunai, dan sebagainya, Anda tidak perlu lagi berlama-lama di bank. 

Nah, berikut ini adalah sekilas informasi tentang cara setor tunai di ATM Mandiri. Simak sampai selesai!

Baca Juga : Cara Pembayaran Virtual Account Mandiri


Pengertian Setor Tunai

Setor tunai adalah aktivitas penyetoran uang tunai ke dalam rekening. ATM Mandiri memiliki fungsi setor tunai sehingga Anda bisa menyetorkan sejumlah uang ke rekening Anda dengan cepat tanpa perlu mengisi slip setoran dan mengantre lama di teller kantor cabang bank terdekat. 

Ada dua opsi ketika Anda memakai fungsi setor tunai Mandiri, yaitu setor ke rekening pribadi atau setor ke rekening lain. Jika memilih pribadi, maka Anda bisa menyetorkan uang tunai untuk menjadi saldo di rekening Anda sendiri. Sedangkan jika memilih rekening lain, maka Anda harus mempunyai informasi nomor rekening tujuan.

Fungsi setor ini sangat praktis dan tentu memudahkan nasabah. Jika Anda punya sejumlah uang tunai yang ingin Anda masukkan ke tabungan, Anda tinggal menyetorkannya lewat ATM Mandiri. Atau jika Anda butuh mentransfer dana ke orang lain, Anda tinggal menyetorkan uang tunai Anda tanpa perlu mengusik tabungan.

Baca juga: 5 Cara Transfer Uang ke Rekening Orang Tanpa ATM yang Mudah


Setor Tunai dan Tarik Tunai, Bedakah?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, setor tunai adalah aktivitas penyetoran uang tunai ke dalam rekening. Artinya, Anda mengirimkan uang ke rekening. Sedangkan tarik tunai adalah aktivitas pengambilan atau penarikan uang tunai dari rekening Anda. Jadi, sudah jelas, ya, apa itu setor tunai dan tarik tunai. Singkatnya, setor tunai itu memasukkan, sementara tarik tunai itu mengeluarkan.


Cara Setor Tunai Mandiri Dan Lewat Teller

Nah, jika sudah punya cukup informasi, berikutnya Anda tinggal eksekusi saja. Ikuti langkah-langkah ini untuk mulai cara setor tunai Mandiri.

  1. Siapkan uang yang ingin Anda setorkan terlebih dahulu. Rapikan lembarannya, serta lipatan-lipatannya jika ada. Jangan ada yang terlipat, robek, terdapat staples, karet, klip, atau benda-benda lainnya.
  2. Susun uang Anda dan kelompokkan sesuai pecahannya.
  3. Masuklah ke ATM Mandiri terdekat, lalu masukkan kartu ATM seperti biasa.
  4. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan.
  5. Masukkan pin Anda. Jangan lupa tutupi dengan telapak tangan agar lebih aman.
  6. Pilih menu “SETORAN TUNAI”.
  7. Pastikan kembali uang Anda sudah rapi. Jika sudah, masukkan uang ke dalam shutter atau slot tempat uang ketika sudah terbuka.
  8. Mesin ATM akan memproses uang Anda, tunggulah beberapa saat sampai muncul perintah berikutnya.
  9. Mesin akan memunculkan layar verifikasi jumlah uang yang Anda masukkan. Jika sudah benar, tekan “SETOR”.
  10. Jika layar ATM menunjukkan perintah untuk mengambil uang, segera ambil saat shutter-nya terbuka. Itu berarti mesin menolak uang Anda. Bukan berarti rusak atau lusuh, namun mesin lebih teliti untuk melakukan pengenalan uang.

Selain setor tunai di ATM, Anda juga bisa menyetor uang lewat teller. Jika memakai cara ini, maka Anda harus pergi ke cabang bank Mandiri terdekat. Namun, jangan khawatir karena petugas akan langsung siap membantu. Berikut cara setor tunai lewat teller.

  1. Sampaikan pada petugas bahwa Anda ingin setor tunai, petugas akan memandu Anda untuk mengisi slip penyetoran.
  2. Lengkapi slip tersebut.
  3. Tunggulah dan antre beberapa saat hingga dipanggil petugas.
  4. Serahkan slip penyetoran yang sudah diisi, kemudian serahkan uang Anda.
  5. Selesai, Anda akan diberi bukti setoran oleh petugas.

Limit Setor Tunai Bank Mandiri

Perlu Anda ketahui juga bahwa setor tunai memiliki limit, sama seperti tarik tunai. Limit setor tunai Mandiri tergantung pada jenis kartu ATM Mandiri yang Anda punya, seperti berikut ini:

  • Limit Mandiri Silver : Rp15 juta per hari.
  • Limit Mandiri Gold : Rp30 juta per hari.
  • Limit Mandiri Platinum : Rp50 juta per hari.
  • Limit Mandiri Prioritas : Rp100 juta per hari.

Baca juga: 6 Jenis Kartu ATM Bank Mandiri dan Limit Transfer Mandiri


Nah, itulah informasi tentang cara setor tunai Mandiri. Selain setor tunai Mandiri, masyarakat juga bisa menggunakan BRIVA, BNI, BCA, PermataBank, dan lain-lai, untuk melakukan berbagai pembayaran, termasuk bayar produk yang dibeli dari suatu bisnis. Namun, Anda perlu mengurusnya satu per satu lewat masing-masing bank.

Baca juga: 7 Keuntungan Memiliki Sistem Pembayaran di Toko Online

Untungnya, jika bisnis Anda menggunakan Midtrans, Anda tidak perlu repot mengajukan metode pembayaran satu per satu ke bank. Dengan Midtrans, Anda bisa menyediakan berbagai metode pembayaran lewat satu pintu saja. 

Tersedia 24 metode pembayaran online dan offline, mulai dari QRIS, ShopeePay, GoPay, transfer semua jenis bank, Kredivo, Akulaku, bahkan lewat Indomaret. Segera daftar Midtrans untuk kemudahan transaksi bisnis Anda!

e-payment

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail