We have updated Our Terms & Privacy Notice on February 26th 2024. Click here to review!

See here close
16 Sep

Cara Membuat Invoice dengan Payment Link Midtrans

Admin

by Admin

view11880Views

Cara Membuat Invoice dengan Payment Link Midtrans - Invoice atau biasa dikenal faktur merupakan dokumen penting dalam sebuah bisnis. Sayangnya, masih banyak para pelaku usaha yang belum mengetahui cara membuat invoice yang efektif. Padahal, dokumen tersebut merupakan bagian dari branding perusahaan.

Invoice yang kurang jelas dan sulit dipahami akan menghambat pengecekan oleh pihak pembeli sehingga berpotensi menyebabkan keterlambatan pembayaran. Oleh karena itu, Anda perlu memahami bagaimana cara membuat invoice dengan cepat dan mudah agar transaksi bisnis berjalan lancar.

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Invoice 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, invoice adalah bagian penting dari bisnis sehingga Anda perlu berhati-hati dalam membuatnya. Untuk mengetahui cara membuat invoice, perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Memuat informasi yang lengkap, jelas, dan akurat

Pastikan Anda memasukkan seluruh komponen invoice secara lengkap. Mulai dari identitas perusahaan, nama pelanggan dan tujuan penagihan, daftar barang/jasa yang diperjualbelikan, jumlah pesanan, harga satuan dan total keseluruhan, biaya pajak dan potongan harga, total harga yang harus dibayar, sampai sistem pembayaran beserta nomor akun/rekening pembayaran yang digunakan.

2. Buat secara profesional

Jangan asal membuat invoice! Pastikan Anda membuatnya secara profesional dengan mencantumkan alamat lengkap perusahaan, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan nomor invoice. Selain itu, hindari kesalahan pengetikan, terutama saat menuliskan nama pelanggan dan harga yang harus dibayar.

3. Kirim tepat waktu

Kirimkan invoice jauh hari sebelum tenggat waktu pembayaran atau sesuai kesepakatan sebelumnya. Hindari mengirimkan dokumen penting ini secara terlambat jika tidak ingin pembayaran Anda terhambat!

Untuk mengakomodasi 3 hal tersebut, Midtrans sebagai payment gateway terbaik di Indonesia berupaya untuk membantu para pelaku bisnis dalam mempermudah pembuatan dan pengiriman invoice melalui Payment Link yang akan dibahas lebih rinci berikut ini.
Baca Juga : Mau Dapat Biaya Layanan Rp1 + Ekstra GoPay Cashback 50%? Yuk, Aktifkan Payment Link (Pembayaran Online)!

 


Apa Itu Payment Link? 


Payment Link adalah tautan sederhana yang bisa dibagikan melalui media sosial, aplikasi chat, email, pesan singkat, atau media lainnya untuk melakukan dan menerima pembayaran dari pelanggan. Layanan ini sangat mudah digunakan, termasuk untuk yang tidak mahir menggunakan teknologi sekali pun.

Dengan layanan Midtrans yang satu ini, cara membuat invoice pun tidak perlu dilakukan secara manual dan akan terhindar dari kesalahan pengetikan yang menyebabkan terhambatnya transaksi.

 


6 Keuntungan Membuat Invoice dengan Payment Link 


Anda dapat membuat Payment Link Midtrans di mana saja melalui web dashboard atau aplikasi mobile. Namun, apa saja, sih, keuntungan yang bisa didapatkan?

1. Metode pembayaran otomatis

Dengan menggunakan Payment Link Midtrans, Anda dapat mengakomodasi kebutuhan pelanggan untuk melakukan pembayaran melalui berbagai macam metode, mulai dari GoPay, QRIS, transfer bank, kartu kredit, dan banyak lagi.

2. Verifikasi lebih mudah

Tanpa harus melakukan verifikasi pembayaran secara manual, Anda dapat mengetahui apakah pembayaran sudah dilakukan oleh pelanggan atau belum, melalui notifikasi real-time yang terdapat dalam sistem pembayaran Payment Link. Selain itu, email konfirmasi pembayaran kepada pelanggan juga akan terkirim secara otomatis.

3. Refund lebih praktis

Proses pengembalian dana dengan pembayaran menggunakan GoPay dan kartu kredit jauh lebih praktis karena Anda bisa melakukannya melalui dashboard Midtrans. Dengan begitu, transaksi lebih cepat dan pelanggan pun lebih puas dengan layanan Anda.

4. Rekonsiliasi tanpa ribet

Proses rekonsiliasi transaksi merupakan salah satu tantangan yang biasa dihadapi oleh para pelaku bisnis. Namun, dengan menggunakan Payment Link Midtrans, Anda bisa melakukan pencatatan dan pencocokan transaksi secara mudah melalui fitur Reporting.

5. Tidak perlu website e-commerce

Dengan adanya link pembayaran ini, siapa pun dapat segera menerima pembayaran online tanpa harus memiliki website e-commerce sehingga metode pembayaran yang satu ini sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis bisnis online.

6. Keamanan terjamin

Semua transaksi yang diproses melalui Payment Link telah dianalisis oleh Aegis, sistem pendeteksi anomali Midtrans dan juga 3 Domain Secure (3DS) untuk memastikan semua transaksi Anda berjalan secara aman.

 


Cara Membuat Invoice dengan Payment Link Midtrans


Untuk membuat dan membagikan invoice dengan layanan ini, ikuti langkah-langkah di bawah.

  1. Daftar dan buat akun. Klik tombol Daftar sekarang dan ikuti instruksi selanjutnya.

  2. Buat Payment Link di aplikasi Android atau dashboard Midtrans. Pilih menu Payment Link, lalu klik tombol Create.

  3. Lengkapi detail pesanan konsumen, lalu pilih metode pembayaran yang diinginkan konsumen.

  4. Atur jumlah pemakaian link dan expire date-nya untuk memudahkan Anda mengatur stok barang dan mengurangi risiko fraud.

  5. Lengkapi data konsumen untuk mengirimkan notifikasi otomatis (konsumen dapat melengkapi data tersebut secara manual saat checkout).

  6. Kirim Payment Link ke pelanggan Anda. Salin dan tempel link di aplikasi chat, media sosial, atau email.

  7. Anda akan menerima notifikasi pembayaran secara real-time melalui email.

Untuk memudahkan Anda melakukan pembuatan invoice tersebut, silakan lihat video berikut:

Tanpa perlu integrasi teknis, Payment Link bisa langsung digunakan untuk menerima pembayaran. Sangat cocok bagi pemilik usaha kecil yang sering melakukan transaksi di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Bagaimana, cara membuat invoice sangat mudah, kan? Yuk, kirim invoice secara praktis dan terima pembayaran otomatis dengan Payment Link! Daftar sekarang di sini.