Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
31 Dec

Sedang Naik Daun, Apa Itu E-Payment dan Manfaatnya bagi Bisnis?

Yovita

by Yovita

view1275Views

Seiring berkembangnya teknologi dan menjamurnya perusahaan di bidang fintech, metode pembayaran dalam transaksi juga semakin berkembang. Salah satunya adalah metode e-payment yang saat ini digemari oleh masyarakat karena kepraktisannya. Bahkan, sebagian konsumen menganggap e-payment adalah masa depan transaksi antara bisnis dengan konsumen. Memangnya, apa itu e-payment dan kenapa bisnis Anda harus mengintegrasikannya?


Pengertian E-Payment Adalah....

e-payment-adalah

E-payment adalah metode pembayaran yang menggunakan media elektronik sehingga bersifat cashless. Dengan kata lain, metode pembayaran tersebut membutuhkan gadget konsumen ataupun gadget pengelola bisnis agar dapat diselesaikan. 

Dulu, pembayaran dengan metode e-payment hanyalah sebatas membayar dengan menggunakan kartu debit atau kredit. Seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak penyedia jasa pembayaran yang membuat e-payment bisa dilakukan dengan lebih praktis.

Salah satunya contohnya adalah penggunaan QRIS untuk transaksi di toko offline. Dengan metode QRIS, konsumen hanya perlu melakukan scan barcode dengan aplikasi pilihan mereka, kemudian mengirimkan dana ke akun pengelola bisnis sesuai dengan jumlah tagihan.

Lantas, apa saja keuntungan dari penggunaan e-payment bagi bisnis Anda?

Baca juga: Cara Membuat Payment Digital Lebih Mudah: Pakai Payment Gateway!


5 Manfaat E-Payment bagi Bisnis

Sejumlah konsumen menganggap kalau e-payment adalah masa depan transaksi pembayaran. Hal ini dikarenakan banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan dengan bertransaksi menggunakan e-payment. Jadi, tidak heran kalau banyak juga bisnis mulai mengimplementasikan metode pembayaran yang satu ini. Memangnya, apa saja manfaat dari penerapan metode pembayaran ini?

1. Mempercepat proses pembayaran

Dengan adanya metode pembayaran e-payment, proses transaksi jual-beli jadi lebih cepat. Hal ini tidak terbatas pada transaksi secara online melalui website atau platform lainnya, tapi juga pembelian di toko offline.

Untuk transaksi dengan e-payment pada toko offline, misalnya saja dengan QRIS, maka cepatnya proses pembayaran ini akan mengurangi potensi antrean yang menumpuk karena kasir kesulitan menghitung atau menyediakan kembalian.

Baca juga: Kiat JD.ID Hadapi Lonjakan Traffic Selama Big Campaign, Payment Gateway Pegang Peran Penting

2. Menghemat biaya

Karena pelaksanaannya yang praktis dan tools yang dibutuhkan bisnis tidak terlalu mahal, maka solusi pembayaran dengan e-payment juga bisa menghemat biaya pengeluaran bisnis. Jadi, Anda dapat menggunakan biaya tersebut untuk mengembangkan bisnis dari segi lain.

3. Menjamin keamanan transaksi

Setiap pihak penyedia jasa pembayaran digital pasti telah melengkapi sistemnya dengan keamanan yang tinggi. Jadi, Anda yang mengintegrasikan metode e-payment dalam bisnis bisa bernapas lega saat bertransaksi. Tidak hanya pada sistem, setiap pengguna juga dibekali dengan beberapa tools keamanan, seperti disediakannya password atau fingerprint scanner untuk masuk ke dalam aplikasi dan melakukan transaksi.

4. Mengurangi kontak dengan orang lain

Meskipun pemerintah telah menetapkan bahwa saat ini sudah masuk masa endemi, masih banyak orang yang telah terbiasa mengurangi kontak dengan orang tidak dikenal. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus dapat memfasilitasi pelanggan dengan baik, termasuk mereka yang lebih memilih transaksi contactless. Nah, bagi pelanggan-pelanggan tersebut, e-payment adalah penyelamat mereka.

5. Meningkatkan kepuasan konsumen

Dalam membangun dan mengelola sebuah bisnis, baik B2B maupun B2C, meningkatkan kepuasan konsumen adalah hal penting. Seorang konsumen yang puas tidak hanya akan bertransaksi kembali di tempat Anda, tapi juga merekomendasikan bisnis Anda kepada anggota keluarga maupun teman-temannya. Artinya, Anda akan mendapatkan promosi bisnis secara cuma-cuma.

Nah, dengan menerapkan sistem e-payment, Anda bisa meningkatkan kepuasan pelanggan karena mudah dan praktisnya bertransaksi di tempat Anda. Baik pembelian secara online dengan pembayaran langsung, kredit, atau paylater, hingga pembelian secara offline dengan metode QRIS atau e-money, semua bisa dilakukan dengan cepat melalui sistem pembayaran e-payment yang tepat.

Baca juga: Manfaat Transaksi Online untuk Pebisnis dan Konsumen


Melihat banyaknya manfaat e-payment bagi sebuah bisnis, tidak heran kalau banyak bisnis mulai mengaplikasikan metode pembayaran yang satu ini. Jika Anda adalah salah satunya yang belum menerapkan metode pembayaran e-payment pada bisnis Anda, sekaranglah saatnya. 

Nah, untuk memudahkan pengelolaan seluruh transaksi tersebut, Anda bisa bekerja sama dengan penyedia jasa payment gateway seperti Midtrans. Dengan Midtrans, seluruh transaksi Anda dengan pelanggan, baik secara online maupun offline, bisa terintegrasi ke dalam satu sistem yang membuat pencatatan dan pengelolaan transaksi jadi lebih mudah. 

Saat orang-orang menganggap e-payment adalah masa depan transaksi, payment gateway oleh Midtrans adalah masa depan pengelolaan transaksi tersebut. Untuk informasi lebih lengkap mengenai pelayanan yang tersedia, kunjungi website Midtrans di sini!

payment-gateway-indonesia-(testimony)

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail