Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
01 Feb

Demand Adalah Kunci Daya Tahan Bisnis, Ini Alasannya!

midtrans

by midtrans

view1538Views

demand-adalah
Demand adalah kunci penting dalam bisnis. Mengapa demikian? Ketika bisnis memiliki permintaan, otomatis proses produksi atau supply akan berjalan. Itulah mengapa demand and supply tidak pernah terpisahkan. Memangnya, apa itu demand dan apa saja pengaruhnya untuk bisnis Anda? Berikut penjelasan selengkapnya!

Apa Itu Demand?

Demand adalah permintaan dari konsumen akan sebuah produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis. Mengulang sedikit penjelasan di atas, demand ini merupakan hal yang sangat penting bagi bisnis karena dapat berpengaruh besar terhadap keuangan atau cash flow perusahaan. Bisnis yang tidak memiliki cukup demand, kemungkinan akan mengalami kebangkrutan.

Baca juga: Alasan Mengapa Toko Online Anda Sepi Pembeli

Manfaat Demand untuk Bisnis

Seperti yang dijelaskan di awal, demand adalah hal yang sangat penting bagi bisnis. Pasalnya, permintaan akan memengaruhi tiga komponen berikut.

Mempersiapkan stok barang dan bahan baku

Demand itu erat kaitannya dengan bisnis karena akan memengaruhi stok barang dan bahan baku yang mesti disiapkan. Ketika manajemen permintaan Anda baik, otomatis jumlah persediaan dan demand tidak akan jauh berbeda. Akan tetapi, ketika stok barang Anda jauh melebihi kapasitas permintaan, biasanya ini mengindikasikan bahwa pengelolaan Anda kurang.

Membantu perencanaan SDM

Bukan hanya memasok stok barang dan bahan baku, demand juga berpengaruh terhadap kuantitas dan kualitas Sumber Daya Manusia yang dilibatkan dalam bisnis tersebut. Bayangkan, ketika bisnis memiliki permintaan yang tinggi, otomatis Anda perlu menyiapkan lebih banyak karyawan untuk mencukupi kebutuhan tersebut, bukan?

Mempermudah perencanaan logistik

Permintaan dalam bisnis tentunya memengaruhi perencanaan logistik Anda. Ketika banyak konsumen yang menginginkan produk Anda, tentu Anda harus mempersiapkan lebih banyak truk untuk pengiriman barang. Dalam hal ini, Anda pun harus memiliki perencanaan yang baik, sebab pengiriman yang melebihi kapasitas dapat membuat Anda boros budget untuk ongkir.

Baca juga: Peran Penting Logistik Terhadap Perkembangan Industri eCommerce

Faktor Utama Penentu Demand

Ada beberapa hal yang memengaruhi permintaan pembeli, di antaranya pendapatan dan preferensi konsumen, ketersediaan barang pengganti, dan ekspektasi masa depan. Bagaimana maksudnya?

Pendapatan dan preferensi konsumen

Di awal sudah dijelaskan bahwa harga akan memengaruhi permintaan konsumen. Ketika harga dari perusahaan tinggi, otomatis minat masyarakat lebih rendah daripada saat harganya murah. Akan tetapi, hal ini juga dipengaruhi oleh pendapatan dan preferensi konsumen. Apabila bisnis Anda menyasar pembeli dengan status ekonomi menengah ke atas, mungkin tingginya harga tidak akan berpengaruh banyak terhadap minat mereka.

Ketersediaan barang pengganti

Bukan soal pendapatan dan preferensi konsumen saja, demand juga dipengaruhi oleh ketersediaan barang pengganti atau bisa dibilang kompetitor. Ketika produk atau jasa dari bisnis Anda belum memiliki banyak pesaing, tentu Anda yang akan menjadi rujukan sebagian besar konsumen. Akan tetapi, apabila kompetitor di bidang serupa sudah banyak, hal ini tentu akan memengaruhi minat pembeli terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Ekspektasi masa depan

Ada beberapa faktor yang membuat konsumen akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah produk atau jasa, mungkin saja karena kebutuhan, nominal barang, dan juga ekspektasi di masa yang akan datang. Bagaimana maksudnya? Pembeli umumnya tidak hanya membeli produk lantaran harganya murah, tapi juga mempertimbangkan daya jual yang menguntungkan di masa mendatang. Contoh paling konkret dalam hal ini adalah bisnis properti yang harganya terus naik setiap tahun.

Baca juga: 4 Cara Menciptakan Hype untuk Peluncuran Produk Baru Anda

Hubungan antara Demand dan Harga

Karena demand menjelaskan seberapa banyak minat pembeli, tentunya demand ini dipengaruhi oleh harga jual suatu produk barang maupun jasa. Apabila harga mengalami kenaikan, biasanya permintaan akan mengalami penurunan, begitu juga sebaliknya. Itulah mengapa, setiap kebijakan yang dimiliki perusahaan sangat penting dan berpengaruh terhadap daya beli masyarakatnya.

Demand adalah banyaknya permintaan yang berpengaruh besar terhadap sebuah perusahaan bisnis. Jumlah demand umumnya juga berkaitan dengan harga yang ditetapkan oleh pemilik usaha. Namun, bukan itu saja faktor yang memengaruhinya. Sebagai pelaku bisnis, Anda juga mesti mengetahui target market dan pilihan mode pembayaran supaya transaksi semakin lancar.

Menjalankan bisnis di era digital tentu perlu inovasi digital supaya minat pelanggan tetap terjaga. Untuk itu, sediakan metode pembayaran payment link Midtrans yang dapat menerima dana dari 24 metode pembayaran. Tak perlu disambungkan dengan website, Anda bahkan bisa mengirimkan link ini lewat SMS, email, maupun WhatsApp. Daftarkan bisnis Anda sekarang!
midtrans_UTM-Banner

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail