We have updated Our Terms & Privacy Notice on February 26th 2024. Click here to review!

See here close
18 Mar

Virtual Account: Definisi, Cara Kerja, dan Manfaat untuk Bisnis Anda

Admin

by Admin

view33158Views


kelola pembayaran virtual account dengan midtrans payment gateway

Dalam beberapa tahun ke belakang, industri e-commerce berkembang pesat sehingga sistem pembayaran online yang digunakan pun semakin beragam. Salah satu metode pembayaran yang banyak dipilih oleh para pelanggan dalam melakukan transaksi online adalah virtual account. Layanan ini biasanya dipilih karena pelanggan tidak perlu memasukkan nominal transaksi seperti pada metode lainnya saat melakukan pembayaran.

Apa Itu Virtual Account & Apa Saja Jenisnya?

Virtual account adalah akun rekening virtual atau rekening bank tidak nyata berbentuk sejumlah nomor ID yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran. Nomor ID tersebut biasanya dibuat oleh bank yang dipilih sesuai permintaan perusahaan untuk melakukan transaksi.

Dalam setiap transaksi, masing-masing pelanggan akan memperoleh ID yang berbeda untuk melakukan pembayaran. Nomor ID ini juga dapat berubah untuk transaksi yang berbeda.

Virtual Account

Secara umum, terdapat 2 jenis virtual account:


1. Fixed virtual account

Nomor akun virtual yang secara unik ditentukan oleh pelanggan. Misalnya, aplikasi e-wallet yang menggunakan nomor ponsel pengguna sebagai nomor ID. Dengan jenis virtual account ini, pengguna dapat melakukan pembayaran secara berulang untuk menambah saldo e-wallet tanpa harus memasukkan nomor ID setiap kali melakukan transaksi.
 

2. Non-fixed virtual account

Nomor akun virtual yang ditentukan secara acak dan biasanya hanya bisa digunakan untuk satu kali transaksi. Misalnya, ketika pelanggan ingin melakukan pembayaran melalui virtual account di sebuah e-commerce, maka nomor ID yang diperoleh pelanggan tersebut tidak akan dapat digunakan kembali untuk melakukan transaksi lainnya.
 

Cara Kerja Virtual Account
 

Bagaimana Cara Kerjanya?

Berbeda dengan metode pembayaran transfer bank yang harus dilakukan secara manual, mulai dari memasukkan nomor rekening bank tujuan, nominal transfer, sampai melakukan konfirmasi pembayaran berupa foto struk transfer maupun screenshot bukti transfer, penggunaan virtual account jauh lebih efisien.

Dengan demikian, baik pembeli maupun penjual dapat bertransaksi secara cepat dan mudah. Penjual hanya perlu memberikan nomor ID virtual account kepada pelanggan, sedangkan pelanggan hanya perlu memasukkan nomor tersebut saat melakukan pembayaran, baik melalui mesin ATM maupun mobile/internet banking. Jika pembayaran sudah dilakukan, maka transaksi akan secara otomatis tercatat.

Singkatnya, berikut adalah cara kerjanya pada saat Anda bertransaksi dengan pelanggan:

  1. Penjual memberikan nomor ID sebagai nomor tujuan transfer kepada pelanggan

  2. Setiap nomor virtual account akan langsung terkait dengan pelanggan

  3. Setelah pembayaran diterima, informasi transaksi akan dikirim ke penjual sehingga penjual dapat langsung mengidentifikasi siapa pembeli yang sudah melakukan pembayaran


Manfaat Virtual Account

​Manfaat Virtual Account

Seperti yang sudah disebutkan di atas, virtual account adalah metode pembayaran yang biasanya dipilih karena kemudahan dan kecepatannya. Dengan metode pembayaran ini, perusahaan atau penjual maupun pelanggan bisa melakukan transaksi secara praktis karena datanya akan tercatat secara otomatis.

Bagi pelanggan, melakukan pembayaran melalui virtual account membuat proses transaksi jauh lebih cepat karena pelanggan hanya perlu melakukan satu tindakan, yaitu memasukkan nomor ID yang sudah diberikan oleh pihak penjual atau perusahaan e-commerce. Pelanggan tidak perlu lagi mengirimkan bukti transfer kepada penjual karena transaksi sudah tercatat secara otomatis di jurnal pembukuan penjual.

Sementara bagi perusahaan atau penjual, penggunaan virtual account dapat mempermudah proses transaksi dan rekonsiliasi keuangan. Dengan kehadiran nomor unik virtual tersebut, penjual dapat langsung mengidentifikasi pembeli yang sudah melakukan pembayaran. Uang yang sudah dibayarkan tersebut juga akan langsung masuk ke rekening penjual secara real-time.

5 Perbedaan Virtual Account dengan Pembayaran Manual

Setelah memahami cara kerja rekening virtual atau VA, Anda mungkin akan membandingkannya dengan metode pembayaran lainnya yang masih bersifat tradisional. Agar tidak bingung, berikut ini adalah rangkuman mengenai perbedaan antara keduanya:

  • Cara input nominal pembayaran

Perbedaan pertama terletak pada cara input nominal pembayaran. Pada saat pelanggan melakukan metode pembayaran manual seperti datang ke teller bank terdekat, maka pelanggan tersebutlah yang harus menuliskan nominal pembayarannya. Hal ini berbeda saat pelanggan akan melakukan transfer ke nomor virtual account

Sebagai pemilik rekening virtual, Anda bisa mengatur agar pelanggan tidak perlu lagi memasukkan nominal pembayaran sendiri. Saat mengetikkan nomor VA, pelanggan akan langsung mendapatkan informasi mengenai jumlah tagihan, sehingga mereka hanya perlu memasukkan PIN untuk menyelesaikan transaksi pembelian tersebut.

  • Biaya administrasi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, setiap pelanggan bisa memilih untuk melakukan transfer ke rekening bank yang sama dengan rekening bank miliknya. Artinya, pelanggan tersebut tidak perlu lagi membayar biaya admin sebesar Rp6500 untuk melakukan transfer antar bank seperti saat mereka melakukan transfer pada rekening biasa. Hal ini tentu saja akan meningkatkan kepuasan pelanggan saat bertransaksi dengan bisnis Anda.

  • Nomor rekening tujuan

Perbedaan berikutnya antara VA dengan pembayaran melalui transfer biasa adalah nomor rekening yang dituju. Saat melakukan transfer biasa, maka nomor rekening yang dituju pastinya tetap, yaitu rekening pribadi atau rekening bisnis Anda sebagai penjual. Namun, saat pelanggan melakukan pembayaran melalui VA, nomor rekening tujuan akan selalu berbeda pada tiap pelanggan, bahkan pada tiap transaksi. Untungnya, pelanggan tidak perlu mengingat nomor VA yang berganti-ganti tersebut karena bisa memanfaatkan fitur copy-paste.

  • Konfirmasi pembayaran

Pada metode pembayaran transfer biasa, umumnya seorang pembeli akan mengambil foto bukti transfer atau mengambil screenshot untuk menunjukkan bahwa pembayaran berhasil dilakukan. Kemudian, Anda sebagai pembeli perlu mengecek mutasi apakah tagihan tersebut benar sudah terbayarkan atau belum. Lalu, bagaimana jika ada beberapa pembeli yang berencana untuk melakukan transfer dengan jumlah tagihan sama? Tentu saja, Anda harus lebih teliti untuk mengecek mutasi rekening.

Dengan memanfaatkan metode pembayaran VA, hal tersebut sudah tidak perlu Anda bingungkan lagi. Ini dikarenakan sebagai penjual, Anda akan mendapatkan notifikasi mengenai pembayaran yang masuk ke rekening Anda. Proses pengecekan pun juga mudah karena setiap pelanggan akan mendapatkan nomor VA yang unik, sehingga Anda tidak perlu menunggu pelanggan tersebut mengirimkan bukti transfer.

  • Keperluan pembayaran yang didukung

Saat ini, ada semakin banyak keperluan yang proses transaksinya bisa diselesaikan secara mudah melalui transfer virtual account. Mulai dari membeli pulsa, membayar tagihan listrik, hingga membayar pajak, semua bisa dilakukan hanya dengan beberapa kali klik saja menggunakan smartphone Anda. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa metode pembayaran VA lebih dipilih daripada metode pembayaran transfer manual.

Kapan Bisnis Anda Bisa Menggunakan Virtual Account?

Meski selama ini virtual account lebih sering digunakan oleh perusahaan atau bisnis besar, Anda sebagai pelaku usaha juga bisa segera menggunakannya. Untuk membantu mengatur penggunaannya, Anda bisa menggunakan layanan Midtrans!

Midtrans merupakan payment gateway yang tidak hanya memudahkan Anda untuk menerima berbagai macam metode pembayaran, tapi juga memudahkan Anda dalam proses integrasi dan pengaturannya.

Memilih metode pembayaran melalui virtual account merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan transaksi cepat, mudah, dan aman. Pembayaran melalui virtual account ini bisa dilakukan melalui berbagai bank, di antaranya adalah BCA dan BRI Virtual Account (BRIVA).

Kenapa Harus Menggunakan Virtual Account?

Seperti yang sudah disebutkan secara singkat sebelumnya, metode pembayaran melalui virtual account digemari oleh masyarakat karena banyaknya manfaat yang bisa didapatkan. Memangnya, apa saja keuntungan metode pembayaran tersebut bagi pelanggan dan bisnis itu sendiri?

  • Mempermudah penyelesaian transaksi

Sebagai salah satu bentuk metode pembayaran digital, artinya proses pembayaran ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Untuk melakukannya pun, pelanggan hanya memerlukan smartphone yang tersambung jaringan internet, serta aplikasi yang dapat digunakan untuk transfer ke virtual account seperti m-banking atau e-wallet. Ini berarti, pelanggan tidak perlu lagi datang ke ATM terdekat, apalagi mengunjungi teller bank untuk meminta bantuan transfer.

Sebagai pemilik bisnis, hal ini tentu saja memudahkan Anda dalam menjaga alur kas agar bisa terus berputar dengan baik. Cukup dengan bersantai di rumah atau kantor, Anda akan mendapatkan notifikasi saat pembayaran sudah masuk, dan pesanan pun bisa segera dibungkus dan dikirimkan.

  • Proses yang lebih singkat

Karena pelanggan tidak perlu mencari ATM atau kantor cabang bank terdekat, artinya proses penyelesaian transaksi bisa dilakukan dengan lebih cepat. Terlebih, beberapa jenis transfer tradisional lainnya—seperti penggunaan cek—terkadang membutuhkan waktu beberapa hari agar dapat dicairkan ke tangan penjual. Hal ini sangat bertolak belakang dengan proses transfer ke rekening VA yang bisa dilakukan secara instan.

  • Tersedia untuk segala jenis transaksi 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini metode pembayaran virtual account menjadi idaman masyarakat karena memudahkan mereka dalam membayar berbagai macam tagihan. Mulai dari tagihan listrik, membayar pajak, berbelanja, membayar iuran BPJS, hingga mengirimkan sumbangan, semua bisa dilakukan dengan praktis. 

Banyaknya anggota masyarakat yang mendambakan VA membuat Anda sebagai pebisnis harus mampu beradaptasi dengan mengintegrasikan metode pembayaran tersebut pada bisnis. Dengan menerapkan metode pembayaran VA, maka bisnis Anda akan mampu untuk menjangkau audiens yang lebih luas, serta meningkatkan kepuasan pelanggan.

  • Hanya memerlukan satu rekening

Keuntungan berikutnya pembayaran via rekening VA bagi bisnis adalah, bisnis tersebut tidak perlu membuat terlalu banyak rekening bank. Meskipun semakin banyak rekening bank akan memudahkan pelanggan dalam mengirim pembayaran, hal tersebut akan membuat pengeluaran Anda membengkak karena harus membayar banyak biaya admin. Belum lagi, mengurus banyak rekening bukanlah hal yang mudah.

Dengan menerapkan metode pembayaran VA, Anda sebagai pemilik bisnis hanya perlu mempersiapkan satu rekening bisnis saja sebagai rekening induk. Nantinya, seluruh transfer pelanggan yang dilakukan melalui VA dapat dikumpulkan ke dalam rekening induk tersebut. 

  • Pembukuan jadi lebih praktis

Nah, karena transfer dari berbagai bank bisa disatukan ke dalam satu rekening induk, maka proses pembukuan pun menjadi lebih praktis. Bahkan, beberapa platform penyedia VA juga memberikan fitur laporan keuangan yang membuat Anda bisa langsung mengecek pemasukan serta pengeluaran dalam  satu rekening bank tersebut. Akhirnya, analisis pembukuan pun juga bisa dilakukan dengan lebih maksimal.

Baca Juga: Wajib Catat! Daftar Biaya Operasional Bisnis yang Perlu Diperhatikan Pemilik Usaha
 

Contoh Bank yang Menawarkan Fitur Virtual Account

Berkembangnya metode pembayaran virtual account ini tidak terlepas dari dukungan bank-bank yang tersedia di Indonesia. Saat ini, sudah ada berbagai macam bank—baik bank Himbara maupun swasta—yang menyediakan fitur virtual account. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • BCA

Bank pertama yang menyediakan fitur pembayaran melalui rekening virtual adalah Bank Central Asia atau BCA. Sebagai nasabah bank ini, pembeli dapat melakukan pembayaran secara online melalui beberapa channel yang disediakan oleh BCA. Misalnya saja, Anda bisa melakukan pembayaran tersebut melalui layanan mobile banking BCA Mobile, atau melalui layanan internet banking yang diberi nama KlikBCA. 

Cara melakukan pembayaran pun juga tidak sulit. Secara umum, langkah yang harus dilakukan hampir sama dengan saat Anda akan melakukan transfer antar-rekening atau antar-bank. Hanya saja, Anda perlu memilih menu “Transfer ke Virtual Account”. Setelah itu, cukup masukkan nomor VA dan PIN untuk menyelesaikan transaksi. 

Baca Juga: Kode Gopay BCA untuk Keperluan Transfer

  • Mandiri

Sebagai salah satu bank yang populer di kalangan masyarakat, Bank Mandiri juga tidak mau ketinggalan dengan menyediakan layanan pembayaran virtual account. Dengan begitu, para nasabah Bank Mandiri bisa dengan mudah melakukan pembayaran tersebut hanya dengan beberapa kali klik saja. 

Untuk cara termudah melakukan pembayaran, tentu saja nasabah bisa mengunduh aplikasi mobile banking dari Mandiri, yaitu Livin by Mandiri. Kemudian, cari menu transfer ke virtual account dan transaksi pun bisa dilanjutkan sesuai instruksi. Selain itu, pembeli juga bisa menggunakan channel Bank Mandiri lainnya, seperti layanan internet banking.

  • BNI

Anggota bank Himbara lainnya, Bank Negara Indonesia, juga menjadi bank yang menyediakan layanan pembayaran melalui virtual account. Oleh karena itu, nasabah BNI tidak perlu takut ketinggalan memanfaatkan teknologi pembayaran satu ini.

Untuk melakukan pembayaran melalui rekening virtual sendiri, caranya juga cukup simpel. Pertama, Anda bisa mengunduh dan mendaftar pada layanan BNI Mobile Banking. Setelah itu, Anda cukup melakukan navigasi pada menu transfer ke virtual account dan memasukkan nomor VA sesuai dengan instruksi dari penjual atau ecommerce.

  • BRI

Bank Rakyat Indonesia atau BRI juga menjadi salah satu bank yang memudahkan penggunanya dalam melakukan pembayaran via virtual account. Bank yang dikenal dengan slogan “Melayani dengan Setulus Hati” ini memberikan fitur pembayaran VA yang bisa dilakukan melalui berbagai macam cara seperti aplikasi BRImo, internet banking, atau mengunjungi ATM BRI terdekat.

Untuk cara yang paling mudah dilakukan, tentu saja dengan membuka aplikasi BRImo yang terdapat pada smartphone Anda. Cukup dengan mencari menu transfer ke virtual account, Anda bisa langsung memasukkan nomor VA dan PIN untuk menyelesaikan transaksi belanja. Dalam waktu instan, pembayaran pun berhasil dilakukan. Sangat mudah dan praktis, kan?

  • PermataBank

Berikutnya, ada PermataBank yang juga menyediakan layanan pembayaran melalui rekening virtual. Sama seperti bank lainnya, pembeli bisa melakukan pembayaran tersebut melalui berbagai channel PermataBank yang tersedia seperti mesin ATM, internet banking, atau aplikasi PermataMobile X. 

Jika pembeli memilih untuk melakukan pembayaran melalui aplikasi PermataMobile X, maka langkah-langkah yang diperlukan sangatlah mudah. Setelah memastikan bahwa smartphone tersambung dengan internet, pelanggan hanya perlu membuka aplikasi tersebut dan mencari menu transfer ke virtual account. Setelah memasukkan nomor VA sesuai instruksi penjual, pembeli hanya perlu memasukkan PIN dan pembayaran pun akan selesai.

  • Maybank

Tak ketinggalan, Maybank juga menyediakan layanan untuk menyelesaikan transaksi melalui rekening virtual. Baik aplikasi mobile banking, internet banking, maupun melalui mesin ATM Maybank, semua bisa digunakan untuk menyelesaikan pembayaran VA.

Untuk pembayaran melalui mobile banking misalnya, tidak kalah mudah dengan pembayaran VA menggunakan aplikasi dari bank lain. Nasabah Maybank bisa menemukan menu transfer ke virtual account tanpa kesulitan, dan kemudian memasukkan nomor VA yang diberikan oleh penjual.

  • OCBC NISP

Sebagai salah satu bank tertua di Indonesia, OCBC NISP juga tidak mau ketinggalan dengan menyediakan layanan pembayaran virtual account. Selain melakukan pembayaran melalui ATM dan internet banking, nasabah juga bisa menyelesaikan pembayaran tersebut melalui aplikasi mobile banking OCBC NISP yang dinamakan ONe Mobile. 

Dengan aplikasi tersebut, pembeli tidak hanya bisa melakukan pembayaran VA dengan mudah, tapi juga menikmati berbagai macam fitur lainnya seperti berinvestasi atau sekadar mengatur keuangan. Inilah yang menjadi alasan mengapa OCBC NISP menjadi bank pilihan sebagian masyarakat.

Setelah membaca tulisan di atas, Anda sebagai pemilik bisnis pasti langsung tersadar akan pentingnya menerapkan metode pembayaran virtual account bagi pelanggan. Tidak hanya memudahkan pelanggan dalam bertransaksi dengan Anda, tapi juga memudahkan Anda sendiri karena pembukuannya yang lebih simpel dan tidak perlu membuat terlalu banyak rekening. Nah, agar pengintegrasian metode pembayaran tersebut bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, gunakan saja layanan dari Midtrans!

Midtrans adalah penyedia platform pembayaran yang membuat pelanggan bisnis Anda bisa melakukan pembayaran melalui berbagai macam channel. Selain melalui virtual account berbagai macam bank, pelanggan juga bisa melakukan pembayaran lewat platform lainnya seperti kartu kredit, e-wallet, hingga melalui merchant terpilih. Bagaimana, tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai layanan satu ini, kan?

Aktivasi BCA Virtual Account dengan Midtrans


Aktivasi BCA Virtual Account dengan Midtrans

Dengan menggunakan layanan Midtrans, Anda bisa menerima pembayaran secara cepat dan mudah melalui BCA Virtual Account. Dengan mengaktifkan layanan ini, Anda bisa menerima notifikasi setelah transaksi selesai. Sementara itu, biaya yang dikenakan untuk setiap transaksi BCA Virtual Account adalah sebesar Rp4.000 per transaksi.

Untuk mendaftarkan layanan BCA Virtual Account, Anda cukup mempersiapkan beberapa dokumen berikut:

  1. KTP Direktur sesuai Akta Pendirian

  2. NPWP Badan Usaha

  3. Akta Perusahaan Pendirian dan Perubahannya

  4. Surat Keputusan Menteri Kehakiman (SK MenKeh) atas Akta Pendirian dan Perubahan

  5. Akun rekening BCA Badan Usaha

  6. Terima pembayaran BCA Virtual Account di website Anda sekarang! Pelajari selengkapnya tentang aktivasi BCA Virtual Account dengan Midtrans. 


VP of Finance Kitabisa membagi testimonial terkait Midtrans

  1.  

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail