New from Midtrans, Activate the new UOB EZ Pay Payment Method Now!

Learn more. close
20 Jul

Apa Itu Nomor Kartu ATM dan Fungsinya?

Yovita

by Yovita

view528Views

Pernah mencermati kartu ATM yang Anda miliki? Pada kartu ATM umumnya terdapat rentetan angka yang sering disebut sebagai nomor kartu ATM. Nomor kartu ATM ini harus dirahasiakan dari siapa pun agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Agar lebih paham mengenai nomor kartu ATM dan fungsinya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!


Apa Itu Nomor Kartu ATM?

nomor-kartu-atm-dan-fungsinya-2

Banyak orang yang sering kali salah paham mengenai nomor kartu ATM yang diartikan sebagai nomor rekening. Padahal, nomor kartu ATM berbeda dengan nomor rekening. Nomor kartu ATM merupakan digit pengenal yang terdiri atas 16 angka dan terletak di salah satu sisi kartu ATM. Sementara itu, nomor rekening adalah nomor yang tercantum dalam buku tabungan.

Nomor kartu ATM biasanya memiliki tanggal kedaluwarsa atau batas waktu masa berlaku kartu. Apabila melampaui batas waktu, kartu ATM tidak lagi bisa digunakan untuk melakukan transaksi apa pun. Namun, jangan khawatir karena Anda bisa mengurus perpanjangan waktu dengan mendatangi langsung customer service di bank.

Baca juga: Pentingnya Transaksi Non-Tunai di Era Digital


Nomor Kartu ATM, di mana Letaknya?

Untuk sebagian orang yang masih awam, mereka sering mempertanyakan letak dari nomor kartu ATM. Perlu diingat bahwa nomor kartu ATM dengan nomor rekening adalah dua nomor yang berbeda meskipun sama-sama diperoleh dari bank yang bersangkutan.

Nomor rekening tidak dapat ditemukan pada kartu ATM karena memang hanya tercantum dalam buku tabungan pribadi. Sementara nomor yang tertera pada kartu ATM berisi 16 digit angka itulah yang disebut sebagai nomor kartu ATM atau nomor kartu debit. Nomor ini akan Anda jumpai pada bagian depan dari kartu ATM itu sendiri.

Baca juga: 6 Bank Terbesar di Indonesia dan Jenisnya


Fungsi Nomor Kartu ATM

Nomor kartu ATM dan fungsinya perlu Anda ketahui agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah mengetahui letak dari nomor kartu ATM, kini saatnya membahas mengenai fungsi dari nomor kartu ATM. Pada dasarnya, nomor kartu ATM ini berfungsi sebagai identitas kartu atau pengenal, sebab setiap nasabah memiliki nomor yang berbeda-beda. Selain untuk pengenal, nomor kartu ATM juga berfungsi sebagai alat pencatatan dan validasi transaksi tarik tunai, transfer uang, hingga transaksi pembayaran.

Baca juga: 5 Keuntungan Menggunakan Transaksi Non-Tunai


2 Cara Cek Nomor Kartu ATM

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengecek nomor kartu ATM BRI atau nomor kartu debit, yaitu secara fisik dan juga online. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Cek nomor kartu ATM BRI secara fisik

Cara mengecek nomor kartu ATM BRI atau nomor kartu debit BRI secara fisik relatif sangat mudah dan dapat dilihat dengan mata telanjang. Anda bisa melihat nomor kartu ATM BRI terpampang jelas di sisi depan kartu tepatnya di bagian tengah. Anda perlu mencatat serta menyimpan informasi mengenai 16 digit nomor kartu ATM BRI agar tidak lupa. Sebaiknya, jangan menyimpan informasi nomor di handphone dan pilih tempat yang aman serta tidak mudah ditemukan orang lain.

2. Cek nomor kartu ATM BRI secara online

Cek nomor kartu ATM secara online bisa menjadi pilihan ketika susah mengenali 16 digit angka yang tertera pada kartu ATM Anda. Sering kali, nomor kartu ATM tergores atau terlihat buram akibat goresan ataupun penyebab lainnya sehingga sulit terlihat secara fisik oleh mata telanjang. Pengecekan secara online ini dapat dilakukan menggunakan mobile banking. Berikut tahapan cara cek nomor kartu ATM BRI di mobile banking bank BRI.

- Buka aplikasi mobile banking BRI;

- Masukan username dan sandi;

- Setelah masuk, klik atau sentuh menu "Mutasi";

- Pilih nomor rekening dan tanggal transaksi;

- Klik "Cari";

- Riwayat transaksi akan muncul;

- Anda bisa menemukan 16 digit nomor kartu ATM BRI pada transaksi penarikan tunai.

Baca juga: Transaksi Cashless dan Pertimbangannya


Anda kini sudah paham mengenai nomor kartu ATM dan fungsinya. Nomor kartu ATM ini sangatlah penting dan perlu dijaga tanpa mengesampingkan kartu ATM. Hal ini karena kartu ATM juga tidak kalah penting dari nomor kartu ATM. Terlebih, kini pembayaran sudah banyak digunakan dengan media elektronik atau e-payment.

Untuk Anda yang berkecimpung di dunia bisnis sebagai pelaku bisnis, tentu menjadi hal yang penting untuk menyediakan metode e-payment atau metode pembayaran lainnya. Hal ini sebagai bentuk pelayanan terbaik Anda pada pelanggan. Agar pengalaman berbelanja pelanggan makin meningkat, Anda bisa menggunakan payment gateway Midtrans yang dapat mempermudah proses transaksi dan menjamin keamanan data Anda. Pelajari lebih lanjut mengenai Midtrans di sini!

payment-gateway-adalah

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail