Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
23 Feb

10 Makanan Favorit di Bulan Ramadhan, Bisa Jadi Peluang Bisnis!

Kristal Pancarwengi

by Kristal Pancarwengi

view1027Views

Bulan Ramadhan biasanya dimeriahkan dengan hadirnya beragam makanan untuk berbuka. Biasanya, sajian dengan cita rasa manis menjadi pilihan, mulai dari kue hingga minuman es yang menyegarkan. Tingginya permintaan terhadap ragam makanan manis selama bulan Ramadhan bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang menguntungkan. 

Lalu, apa saja makanan favorit yang cocok untuk jadi peluang bisnis saat Ramadhan?


10 Makanan Favorit di Bulan Ramadhan

coconut-milk-stewed-pumpkin-white-bowl

Ada banyak sekali sajian yang menjadi kesukaan masyarakat Indonesia selama bulan Ramadhan. Namun, yang paling banyak dicari biasanya adalah makanan manis karena dianggap cocok untuk berbuka puasa. Nah, bagi Anda yang berminat untuk memulai bisnis makanan, bisa mempertimbangkan rekomendasi makanan favorit di bulan Ramadhan berikut ini.

1. Kolak

Bulan Ramadhan terasa kurang lengkap tanpa hidangan yang satu ini. Kolak yang berbahan dasar pisang, ubi, dan kuah santan memiliki cita rasa manis legit sekaligus gurih. Hidangan yang satu ini banyak dicari karena sering dianggap sebagai salah satu makanan yang wajib ada saat Ramadhan.

Baca juga: Ide Bisnis Unik Anti Mainstream saat Puasa

2. Es pisang ijo

Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang seolah tidak ada habisnya. Setiap daerah pasti memiliki hidangan khas dengan cita rasa yang unik. Salah satu hidangan khas yang cocok untuk dijadikan menu makanan favorit di bulan Ramadhan adalah es pisang ijo.

Seperti namanya, makanan yang satu ini terbuat dari pisang yang kemudian dibalut adonan tepung dan disiram dengan kuah santan bersama sirop. Bukan hanya lezat dan menyegarkan, hidangan khas Makassar ini juga punya tampilan yang cantik.

3. Bubur pacar cina

Masyarakat Betawi punya satu hidangan khas yang biasa muncul pada saat Ramadhan tiba. Hidangan tersebut bernama bubur pacar cina. Makanan ini berbahan dasar biji pacar cina yang berasal dari tepung sagu. Biji pacar cina direbus kemudian dimasukkan ke dalam santan yang sudah diberi pandan, gula, dan garam. Biasanya, bubur disajikan dengan es batu untuk memberi kesegaran.

4. Kicak

Pernahkah Anda mendengar tentang hidangan yang satu ini? Kicak merupakan kuliner asli Yogyakarta yang memiliki rasa manis. Jajanan ini berasal dari olahan ketan yang dicampur dengan kelapa, nangka, dan santan. Untuk memberikan aroma, kicak biasanya dibungkus dengan daun pisang segar dan disajikan hangat-hangat.

5. Bongko kopyor

Ide bisnis makanan favorit di bulan Ramadhan yang selanjutnya adalah bongko kopyor. Makanan yang satu ini berasal dari wilayah Gresik, Jawa Timur. Terbuat dari campuran tepung terigu, kelapa, pisang, dan nangka, bongko kopyor punya cita rasa gurih yang khas. Biasanya, bongko kopyor dihidangkan dengan roti tawar untuk menambah kelezatan.

iced-green-tea-milkshake

Baca juga: Tips Menjalankan Bisnis Kue Lebaran untuk Pemula

6. Es cendol

Ingin menjual sajian yang praktis? Anda bisa menimbang untuk menjual minuman es. Salah satunya adalah es cendol. Untuk menyiapkan minuman ini, Anda hanya perlu menyiapkan cendol yang berasal dari tepung beras, serta santan dan air gula. Meski simpel, es cendol selalu menjadi hidangan favorit masyarakat Indonesia, terutama saat buka puasa.

7. Jongkong

Saat berbuka puasa, banyak yang mencari makanan takjil dengan tekstur lembut. Anda bisa menawarkan jongkong, jajanan manis khas Medan, Sumatra Utara. Hidangan berwarna hijau muda ini terbuat dari tepung beras, gula aren, dan kelapa. Teksturnya begitu lembut sehingga cocok dikonsumsi saat waktu berbuka tiba.

8. Barongko

Menu makanan favorit di bulan Ramadhan yang selanjutnya adalah barongko dari Makassar, Sulawesi Selatan. Jajanan dengan rasa manis ini terbuat dari santan, pisang, telur, serta gula dan garam. Dibungkus dengan daun pisang, barongko memiliki aroma harum yang begitu menggugah selera.

9. Es kelapa muda

Selain makanan manis, minuman yang menyegarkan juga banyak dicari saat bulan Ramadhan tiba. Es kelapa muda adalah salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Selain karena rasanya yang menyegarkan, es kelapa muda juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Es kelapa muda pun mudah dihidangkan sehingga cocok untuk Anda yang baru memulai bisnis sendiri.

10. Es timun suri

Terakhir ada es timun suri yang menyegarkan. Minuman satu ini terbuat dari serutan buah timun suri yang kemudian disajikan dengan air sirup dan es. Cita rasanya manis dan menyegarkan sehingga mampu menghapus dahaga setelah berpuasa.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan dan THR saat Lebaran


Nah, itu dia beberapa makanan favorit di bulan Ramadhan yang bisa menjadi peluang bisnis menguntungkan. Bagi Anda yang ingin memulai usaha saat bulan Ramadhan tiba, jangan lupa untuk menyiapkan sistem pembayaran yang andal agar transaksi pembayaran menjadi mudah.

Sebagai solusi payment gateway, Midtrans mendukung lebih dari 20 metode pembayaran. Selain itu, pencatatan transaksi pun dilakukan secara otomatis sehingga memudahkan Anda saat transaksi sedang tinggi seperti di bulan ramadhan. Lihat panduan pendaftaran Midtrans di sini!

Midtrans-new-tech-documentation

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail