Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
15 Nov

Memahami Tujuan Utama dari Lean Startup, Benarkah Lebih Efektif?

Yovita

by Yovita

view1071Views

Di tengah fenomena startup yang makin tumbuh subur di Indonesia, mulai muncul istilah lean startup. Ia disebut-sebut sebagai metode pembentukan startup paling baik karena tujuan utama dari lean startup antara lain mengurangi risiko kerugian dan menghemat sumber daya perusahaan. Benarkah begitu? Mari simak lebih lanjut di sini!


Apa Itu Lean Startup?

tujuan-utama-dari-lean-startup-(2)

Lean startup adalah metode untuk mengembangkan perusahaan rintisan dengan cara menunjukkan prototipe produk kepada konsumen sebelum dipasarkan. Dari situ, dapat diketahui bagaimana respons publik terhadap rancangan produk tersebut. 

Misalnya, konsumen mungkin langsung tertarik untuk melakukan pembelian atau malah memandang bahwa produk kurang bermanfaat baginya. Intinya, konsep lean startup memungkinkan perusahaan mengeluarkan produk sesuai kebutuhan konsumen.

Baca juga: Baru Pertama Jualan Online? Ini Strategi yang Bisa Anda Terapkan


Prinsip Dasar Lean Startup

Untuk mewujudkan tujuan utama dari lean startup, terdapat beberapa prinsip yang dapat diperhatikan, yakni sebagai berikut.

1. Fokus berinovasi

Bagian inti dari lean startup adalah menghadirkan inovasi baru supaya mampu menyesuaikan kebutuhan konsumen. Caranya antara lain dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan memperhatikan tren pasar.

Jika belum punya gambaran, salah satu penerapan lean startup yang sukses adalah YouTube. Meski saat ini dikenal luas sebagai platform video, YouTube mulanya merupakan situs kencan. Ide awalnya yakni mengadakan tempat pertemuan bagi para lajang, di mana pengguna mengunggah video tentang diri masing-masing beserta apa yang dicarinya.

Namun, ternyata konsep tersebut tidak berhasil. Menurut para co-founders YouTube, sama sekali tidak ada yang mengunggah video setelah lima hari rilis. Sehingga, akhirnya YouTube dijadikan sebagai platform untuk semua jenis video. Hal ini terbukti mampu memenuhi kebutuhan publik untuk membagikan dan menonton konten. 

Baca juga: 7 Ide Produk Online Terlaris dan Potensial di 2022

2. Analisis pengujian

Metode lean startup menguji ide perusahaan atau produk sebelum benar-benar dipasarkan kepada masyarakat. Pengujian ini akan mengundang publik untuk bereaksi terhadap prototipe produk. Tanggapan positif atau negatif bersifat penting karena bisa digunakan untuk pertimbangan langkah bisnis di masa depan. 

Ini bukan hal yang hanya dilakukan sekali, melainkan terus berlangsung sepanjang umur bisnis. Sebab, perusahaan tetap perlu memperhatikan testimoni konsumen setelah produk dijual. Apabila respons yang diterima positif, perusahaan dapat mempertahankan atau mengembangkan jualannya sesuai kemajuan tren. Ada juga kemungkinan memperoleh tanggapan berupa komplain atau saran, namun tidak perlu berkecil hati. Manfaatkan itu semua untuk menyusun perencanaan bisnis terbaik.

3. Eksperimen

Kunci dari lean startup terletak pada eksperimen. Perusahaan tradisional umumnya ditekan untuk menyusun perencanaan bisnis sebaik mungkin, lalu berpegang teguh terhadap rencana tersebut. Sebaliknya, lean startup cenderung lebih fleksibel. Bahkan, lean startup terus mempelajari dan menerapkan hal-hal baru supaya bisa menciptakan produk terbaik bagi konsumen. Kebutuhan manusia pun terus berubah, sehingga perusahaan juga selalu berusaha untuk beradaptasi dengan perubahan. 


Tujuan Utama dari Lean Startup

tujuan-utama-dari-lean-startup-(4)

Masih ragu untuk menjalankan lean startup? Mari simak apa saja tujuan utama dari lean startup di sini!

1. Memperoleh tanggapan konsumen

Dengan mempersembahkan prototipe produk, perusahaan startup akan mengetahui bagaimana tanggapan konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Jika konsumen sudah langsung menyukainya, perusahaan bisa langsung mengembangkan produk sebenarnya. Namun, kemungkinan besar ide produk bakal mendapatkan kritik dan saran dari publik. Kumpulkan saran sebanyak-banyaknya, lalu saring mana yang berguna untuk diterapkan pada pengembangan produk.

2. Membantu perencanaan bisnis

Dari tanggapan konsumen terhadap prototipe produk, perusahaan dapat melakukan analisis untuk mematangkan perencanaan bisnis. Pengujian ide jualan tersebut tentu memberikan wawasan bermanfaat bagi perusahaan, mulai dari kebutuhan dan minat konsumen hingga cara memasarkan produk atau melakukan strategi branding. Anda dapat mengambil informasi tersebut untuk membawa perusahaan bertumbuh. 

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran Online untuk Bisnis yang Laris Manis!

3. Menghemat sumber daya

Bayangkan jika Anda mengalokasikan dana untuk mengembangkan hingga memasarkan produk, namun ternyata produk itu tidak laku. Bukannya untung, bisnis malah rugi, bukan? Itulah mengapa lean startup begitu populer. Dengan “mengecek ombak” sebelum rilis, perusahaan bakal lebih yakin terkait sukses atau tidaknya produk di pasaran. Sehingga, sumber daya tidak terpakai sia-sia.


Tahapan Metode Lean Startup

tujuan-utama-dari-lean-startup-(3)

Terdapat tiga tahap simpel dalam metode lean startup. Ikuti tahapan lean startup ini supaya hasilnya bisa optimal!

1. Build

Tahap pertama adalah membuat produk baru secara sederhana. Ini disebut juga sebagai minimum viable product (MVP), yakni versi produk yang membutuhkan sedikit usaha, tapi bisa menghasilkan customer knowledge paling maksimal. Agar dapat memperoleh hasil sesuai tujuan, pastikan Anda mengetahui unique selling proposition (USP) dari produk. Implementasikan USP tersebut pada prototipe produk supaya konsumen bisa diferensiasi ide dibandingkan barang atau layanan kompetitor. 

2. Measure

Selanjutnya, perusahaan mengukur respons konsumen terhadap prototipe produk. Dengan begitu, Anda memperoleh perkiraan seputar keberhasilan produk jika dipasarkan nantinya. Setiap tanggapan dianggap penting sebagai pertimbangan untuk ke depannya. 

3. Learn

Dari tanggapan yang telah diperoleh dari konsumen, tariklah kesimpulan sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis. Misalnya, mungkin Anda mengurungkan niat untuk merilis produk sementara supaya bisa memperbaiki beberapa aspek produk sebelum dijual. Pastinya, kesimpulan ini merupakan hasil akhir dari seluruh proses lean startup


Yuk, mulai lean startup Anda sekarang juga! Tidak salah bahwa metode ini begitu diminati, sebab tujuan utama dari lean startup adalah memastikan bahwa perusahaan menghadirkan produk sesuai kebutuhan konsumen. 

Apabila ingin menyederhanakan operasional bisnis startup, Anda dapat menggunakan Midtrans. Sebagai payment gateway Indonesia, Midtrans menyediakan berbagai layanan yang akan memudahkan Anda dalam mengelola lean startup, mulai dari menyediakan sarana transaksi praktis untuk semua metode pembayaran sampai memberikan akses mudah ke laporan keuangan. Mari gunakan Midtrans supaya urusan keuangan startup jadi anti-ribet!

sistem-pembayaran

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail