Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
12 Jul

Syarat Pinjaman Bank BRI Tanpa Jaminan untuk Usaha. Cek di Sini!

Yovita

by Yovita

view49725Views

Membuka usaha online adalah langkah yang tepat untuk menambah pemasukan. Namun, terkadang beberapa orang mengalami kendala perihal modal saat membangun usahanya. Solusinya, Anda bisa mengajukan pinjaman usaha tanpa jaminan ke salah satu bank BUMN, yakni BRI atau Bank Rakyat Indonesia. 

Bagaimana caranya? Lalu, apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan pinjaman bank BRI tanpa jaminan untuk usaha? Simak kelanjutannya berikut ini!


Layanan Pinjaman Tanpa Jaminan Bank BRI

Sebagai upaya untuk memajukan ekosistem UMKM di Indonesia, BRI menyediakan bantuan usaha dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat atau biasa disebut KUR. Singkatnya, KUR adalah program pemerintah yang memfasilitasi pembiayaan usaha/kredit bersubsidi pemerintah dengan bunga rendah. 

Di BRI, Anda bisa mendapatkan bantuan dana pinjaman, bahkan tanpa jaminan sama sekali. Anda hanya memerlukan usaha yang Anda miliki itu saja sebagai agunan. Pinjaman KUR BRI bisa Anda dapatkan dengan cara yang mudah. Anda dapat mendatangi kantor cabang BRI terdekat di lingkungan Anda maupun mengajukan secara online.

Baca juga: 5 Pilihan Kartu ATM BRI Serta Limit Transfer BRI


Syarat Pinjaman Bank BRI Tanpa Jaminan untuk Usaha 

Syarat-Pinjaman-Bank-BRI-Tanpa-Jaminan-untuk-Usaha-2

Selanjutnya, apa saja syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan untuk usaha? Berdasarkan informasi dari laman resmi KUR BRI, berikut ini adalah syarat dan ketentuan yang perlu dipahami dan dilengkapi bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman KUR BRI.

  1. Individu/perseorangan. Artinya, peminjam hanya diperbolehkan atas nama perseorangan saja.
  2. Memiliki usaha yang produktif dan layak.
  3. Usia bisnis yang dikelola telah berjalan setidaknya 6 bulan.
  4. Menjalankan bisnis di salah satu platform e-commerce (seperti Tokopedia) atau penyedia ride hailing (seperti Gojek).
  5. Peminjam tidak sedang menerima kredit dari bank kecuali kredit konsumtif (KPR, KKB, atau kartu kredit).
  6. Memiliki kartu identitas seperti KTP dan KK.
  7. Memiliki Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat izin usaha lainnya. Surat izin usaha adalah surat keterangan bahwa Anda benar-benar menjalankan bisnis tersebut (bisa juga berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh pihak e-commerce atau ride hailing.
  8. Maksimal pinjaman yang boleh diajukan adalah sebesar Rp50 juta per debitur untuk KUR Mikro BRI dan Rp50-500 juta untuk KUR Kecil BRI.
  9. Laporan keuangan. Syarat ini biasanya dibutuhkan untuk pengajuan pinjaman di atas Rp200 juta. Namun, Anda perlu memastikannya terlebih dahulu ke kantor BRI untuk pinjaman yang rencananya akan Anda ajukan.

Apabila Anda berencana untuk mengajukan pinjaman secara online, maka Anda perlu menyiapkan syarat tambahan, yaitu smartphone yang bisa mengakses internet atau mobile banking BRI sebagai syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan untuk usaha Anda.

Baca juga: Cara Cek Saldo BRI Lewat SMS, Masih Bisa?


Tata Cara Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan Bank BRI

Apabila semua syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan untuk usaha sudah dipenuhi, maka selanjutnya Anda bisa langsung ajukan pinjaman melalui laman resmi KUR BRI terlebih dahulu. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka laman https://kur.bri.co.id pada browser Anda.
  2. Pilih “Ajukan Pinjaman KUR” pada tampilan layar utama.
  3. Login menggunakan alamat email dan sandi yang telah Anda daftarkan untuk akun BRI Anda.
  4. Jika belum memiliki akun, klik “Daftar” lalu lakukan pendaftaran sesuai instruksi di layar Anda.
  5. Setelah pendaftaran selesai, tunggulah untuk proses verifikasi hingga tuntas.
  6. Setelah berhasil terverifikasi, login kembali menggunakan email yang Anda daftarkan, lalu pilih “Ajukan Pinjaman KUR”.
  7. Pilih “Saya adalah nasabah BRI”, lalu klik “Setuju dan Ajukan Pinjaman”.
  8. Klik kotak “I’m not a robot” untuk verifikasi.
  9. Selanjutnya, isikan informasi dan data diri Anda yang lengkap. Mulai dari nama lengkap, NIK, alamat, nama ibu kandung, dan lain-lain.
  10. Berikutnya, isikan data usaha Anda, seperti jenis usaha, jumlah penghasilan, nomor rekening BRI, biaya usaha, dan lain-lain.
  11. Unggah dokumen persyaratan Anda (KTP, surat keterangan usaha, pas foto, dan foto usaha Anda).
  12. Klik “Selanjutnya” untuk menuju halaman pengajuan pinjaman.
  13. Isikan data pengajuan seperti nominal pengajuan pinjaman dan tenor.
  14. Klik “Hitung Angsuran” untuk menampilkan jumlah angsuran yang perlu dibayar nantinya.
  15. Kemudian, “Ajukan Pinjaman”.
  16. Layar akan beralih ke halaman pengajuan informasi mengenai pengajuan pinjaman Anda, apakah disetujui atau tidak.

Agar nantinya bisa lolos assessment peminjaman modal, tentunya cash flow usaha dalam laporan keuangan Anda harus lancar dan tercatat rapi. Kalau Anda sebagai pemilik bisnis selama ini sudah menggunakan payment gateway Midtrans, Anda akan lebih mudah dalam menyusun laporan keuangan. 

Midtrans mampu mencatat setiap transaksi bisnis secara otomatis. Anda pun bisa tahu sumber pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan. Misalnya, pemasukan tersebut masuk lewat virtual account, payment link, e-wallet, dan sebagainya.

Baca juga: BRIVA adalah Virtual Account BRI, Bagaimana Cara Aktivasinya?

Artinya, jika Anda ingin mengajukan pinjaman, tidak perlu repot soal laporan keuangan karena Midtrans bisa bantu untuk menyediakan. Di sisi lain, BRI juga menyediakan layanan BRIVA (BRI Virtual Account) yang bisa memantau transaksi Anda secara real-time. Cek cara daftar BRI Mobile terlebih dahulu agar transaksi makin gampang.

Bila Anda men-download-nya, maka transaksi tersebut akan masuk sebagai laporan yang tentu bisa mempermudah Anda memonitor pembayaran yang masuk atau keluar. Mudah, cepat, dan bisa dilakukan di mana saja, layanan ini juga mendukung syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan untuk usaha yang Anda ajukan!

payment-gateway-indonesia

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail