Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
29 May

Pentingnya Sediakan Banyak Payment Channel untuk Bisnis

Admin

by Admin

view1670Views

Kini, metode pembayaran sudah makin beragam. Di Indonesia sendiri setidaknya ada tujuh metode pembayaran yang digunakan oleh sebagian besar konsumen. Apa saja? Simak penjelasannya di sini dan cari tahu juga mengapa pemilik bisnis perlu memfasilitasi konsumen dengan berbagai payment channel!
payment-channel

Metode Pembayaran yang Disukai Konsumen

Ada banyak sekali jenis payment channel di Indonesia. Sejak sebelum maupun sesudah pandemi Covid-19, setidaknya ada tujuh di antaranya yang cukup dikenal luas, yaitu e-wallet, transfer bank (termasuk virtual account), COD (Cash on Delivery), pembayaran di minimarket, QRIS, kartu kredit atau direct debit, hingga pay later.

Namun, dari ketujuh metode pembayaran tersebut, e-wallet dan transfer bank (termasuk VA) ternyata masih menjadi favorit para pengguna. Tidak mengherankan, sebab dompet digital dan transfer bank atau VA memang bisa dilakukan dengan mudah melalui mobile banking atau aplikasi keuangan lainnya di smartphone.

Kemudian, transaksi yang paling banyak dilakukan dengan metode pembayaran tersebut adalah transfer ke bank lain, top up (pulsa maupun e-wallet), hingga membayar pembelian di retail atau merchant. Itulah mengapa pemilik bisnis perlu memfasilitasi konsumen dengan beragam payment channel ini.

Baca juga: Solusi Menerima Pembayaran Bank Transfer Tanpa Ribet

Kenapa Bisnis Perlu Punya Banyak Payment Channel?

Jika Anda masih belum mengerti mengapa pemilik bisnis wajib memiliki banyak payment channel, berikut ada tiga alasan yang akan kita simak bersama.

1. Memudahkan konsumen bertransaksi

Saat Anda menyediakan banyak pilihan pembayaran, otomatis setiap pelanggan yang datang bisa lebih bebas menggunakan payment channel favoritnya. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir kehilangan pelanggan lantaran kenyamanan bertransaksi mereka tidak terpenuhi dengan baik.

Perlu diingat juga kalau satu pelanggan itu nilainya berarti sekali saat Anda menjalankan bisnis. Ketika mereka bisa bertransaksi dengan mudah di toko Anda, tidak menutup kemungkinan mereka akan menyebarkan cerita ini ke kerabat dekatnya, begitu pula seterusnya. Jadi, sebaiknya maksimalkan pelayanan Anda meski itu hanya untuk satu pelanggan saja, ya!

2. Transaksi lebih aman dan beragam

Alasan kedua mengapa metode pembayaran lengkap sangat penting untuk menunjang bisnis adalah karena transaksi bisa dilakukan dengan lebih aman. Misalnya, ketika pembayaran menggunakan cash rawan akan bakteri atau kuman, khususnya sejak adanya pandemi Covid-19, cashless payment pasti akan lebih disarankan.

Nah, preferensi pembayaran cashless ini pastinya berbeda-beda bagi setiap orang atau konsumen. Supaya dapat memfasilitasi semuanya, seorang pemilik usaha perlu memiliki payment channel yang beragam, bukan? Dengan begitu, konsumen dapat melakukan transaksi dengan lebih aman dan nyaman.

3. Meningkatkan pengalaman berbelanja

Ketika metode pembayaran lengkap telah tersedia di toko Anda, pengalaman berbelanja konsumen pun akan meningkat. Sebab, mereka bisa segera memproses pesanan tanpa perlu repot menyesuaikan dengan payment channel yang ada di tempat Anda. Tidak menutup kemungkinan, mereka akan merasa senang saat berbelanja di tempat Anda.

Saat pelanggan merasa terpuaskan, bukan saja word of mouth yang akan memengaruhi penjualan di tempat Anda, tapi juga loyalitas dari konsumen itu sendiri. Mereka pastinya akan memilih untuk belanja lagi di tempat Anda ketika pembelian sebelumnya berjalan lancar. Pada akhirnya, angka penjualan bisnis Anda pun ikut naik.

Baca juga: Buka Peluang Bisnis Anda dengan Menerima Pembayaran Kartu Kredit

Lebih Mudah dengan Metode Pembayaran Lengkap Midtrans

Nah, sekarang Anda sudah paham pentingnya memiliki payment channel yang lengkap, bukan? Daripada Anda harus membuka banyak rekening sekaligus untuk memfasilitasi setiap kebutuhan konsumen, lebih baik gunakan layanan dari Midtrans. Memangnya, apa yang bisa dilakukan oleh Midtrans?

Bersama Midtrans, Anda bisa memiliki metode pembayaran lengkap hanya dengan satu rekening saja. Apa pun jenis pembayarannya, mulai dari e-wallet, bayar pakai kartu, transfer, direct debit, pembayaran di minimarket (over the counter), hingga cicilan tanpa kartu, semuanya bisa Anda fasilitasi pakai Midtrans!

Biaya yang dikenakan juga hanya berlaku saat transaksi di toko Anda berhasil. Jadi, tak perlu pusing memikirkan budget langganan per bulan, ya! Cukup sisihkan saja Rp4 ribu untuk satu kali transaksi masuk dan Rp5 ribu untuk transaksi keluar.

Baca juga: 7 Keuntungan Memiliki Sistem Pembayaran di Toko Online

Memfasilitasi konsumen dengan beragam payment channel ternyata sangat penting untuk menunjang pertumbuhan bisnis. Mulai dari memudahkan proses transaksi, menjamin keamanan dan kenyamanannya, sampai meningkatkan pengalaman belanja konsumen yang membuat mereka bisa kembali ke toko Anda.

Akan tetapi, menyediakan banyak payment channel bisa jadi tantangan tersendiri bagi para pelaku usaha. Namun, setelah menyimak penjelasan di atas, kini Anda bisa menggunakan Midtrans yang dapat memberikan beragam metode pembayaran lengkap tanpa membebani Anda dengan biaya bulanan. Klik di sini untuk informasi lebih lengkap!
payment-method-channel

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail