Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
21 Feb

7 Ide Hampers Lebaran Unik yang Akan Selalu Diingat Penerimanya

Kristal Pancarwengi

by Kristal Pancarwengi

view1065Views

Lebaran biasanya erat kaitannya dengan tradisi bermaaf-maafan, kumpul keluarga, serta memberikan hampers. Tradisi lebaran tersebut bisa menjadi beberapa peluang bisnis yang menguntungkan. Salah satunya adalah berjualan hampers lebaran. Berikut beberapa ide hampers Lebaran unik yang bisa Anda jadikan peluang bisnis.


7 Ide Hampers Lebaran Unik

beautiful-sweet-chocolate-basket-table

Jika dahulu bingkisan Lebaran lebih sering disebut parcel, kini istilah tersebut telah bergeser menjadi hampers. Parcel Lebaran identik dengan makanan, namun hampers lebih beragam variasinya. Bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan usaha sendiri, berikut beberapa ide hampers Lebaran unik yang bisa dijadikan pertimbangan.

1. Hampers makeup & skincare

Hampers yang satu ini biasanya banyak dicari oleh pria untuk diberikan kepada pasangan, orang tua, atau saudara. Berisi seperangkat makeup dan skincare, jenis hampers Lebaran unik ini merupakan bingkisan yang tepat untuk menunjukkan perhatian kepada orang tersayang.

Agar hampers makin terlihat menarik, Anda bisa memberikan dekorasi yang sesuai, seperti bunga atau pita. Jangan lupa juga untuk menyematkan kartu ucapan yang bisa diisi oleh si pengirim. Pastikan pula untuk menambahkan lapisan pelindung berupa bubble wrap agar produk makeup dan skincare tidak bocor atau pecah selama proses pengiriman.

Baca juga: Tips Membangun Hype untuk Hari Raya

2. Hampers peralatan ibadah

Lebaran adalah momen yang tepat untuk semakin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Maka, tak mengherankan jika kemudian banyak orang yang saling mengirimkan bingkisan berisi peralatan ibadah, seperti Alquran, sajadah, mukena, hingga tasbih.

Anda bisa membuat paket berisi peralatan ibadah yang dikemas dengan cantik. Akan semakin menarik jika hampers diberi kartu ucapan dengan penggalan ayat suci yang bermakna.

3. Hampers perlengkapan mandi

Pandemi tanpa banyak disadari telah membuat orang-orang semakin aware dengan kebersihan diri. Ini bisa menjadi sebuah peluang usaha menjelang Lebaran nanti. Tawarkan hampers berisi perlengkapan mandi dan perawatan diri, seperti sabun, sampo, dan body lotion. Anda juga bisa menata handuk mandi sedemikian rupa untuk dijadikan dekorasi hampers.

teapot-cups-set-dishes-tea-drinking-wooden-tray

4. Hampers alat makan

Ide hampers Lebaran unik selanjutnya adalah bingkisan berisi alat makan. Sekarang ini, jenis-jenis peralatan makan tertentu, seperti piring kayu, sendok bambu, hingga sedotan stainless banyak dicari. Selain terlihat lebih estetik, jenis alat makan tersebut juga terasa lebih personal. Untuk dijual, Anda bisa mengombinasikan beberapa alat makan sekaligus yang kemudian dikemas dengan rapi.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Unik Anti Mainstream saat Puasa

5. Hampers alat masak

Jenis hampers Lebaran unik yang satu ini biasanya ditujukan kepada para perempuan. Alat-alat masak seperti pisau, wajan, hingga panci pasti akan disukai oleh mereka yang suka memasak dan menghabiskan waktu di dapur. Agar hampers jualan Anda semakin bermanfaat bagi pihak penerima, sertakan juga buku resep atau link QR yang terhubung dengan video tutorial masak.

6. Hampers afternoon tea

Kebiasaan minum teh kini mulai banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Jenis teh yang beredar di pasaran pun kini tak hanya terbatas pada teh hitam atau teh melati saja, tapi juga teh dari aneka bunga hingga artisan tea (kombinasi daun teh dengan rempah atau bunga).

Berangkat dari kebiasaan baru tersebut, Anda bisa coba membuat hampers afternoon tea. Paket hampers bisa berisi aneka jenis teh. Bisa juga dengan membuat paket berisi teh dan peralatan minum teh, seperti cangkir, tatakan, sendok, dan penyaring.

7. Hampers kue kering

Lebaran tidak akan lengkap tanpa kehadiran kue kering. Oleh karenanya, kue kering selalu banyak dicari menjelang datangnya Lebaran. Nah, Anda bisa menjadikan bingkisan berisi kue kering untuk dijual sebagai hampers Lebaran unik.

Namun, penting untuk diingat, kue kering rentan hancur dalam pengiriman. Untuk memastikan hampers yang Anda jual tetap utuh hingga sampai ke tangan penerimanya, jangan lupa tambahkan lapisan pelindung seperti bubble wrap. Jika masih ragu, Anda bisa mengambil pesanan dalam satu kota dulu untuk memastikan keamanan produk.

Baca juga5 Cara Unik untuk Berterima Kasih pada Pelanggan Anda


Apa pun ide hampers Lebaran unik yang Anda pilih, pastikan untuk memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan. Salah satunya adalah dengan menyediakan layanan pembayaran online bagi para pelanggan yang berbelanja melalui marketplace atau media sosial. Dengan begitu, pelanggan tidak kesulitan membeli hampers dan jangkauan bisnis Anda semakin luas.

Layanan pembayaran online terbaik bisa Anda dapatkan melalui Midtrans. Sebagai payment gateway terlengkap di Indonesia, Midtrans menyediakan 25 metode pembayaran, mulai dari transfer bank, QRIS, kartu kredit, hingga GoPay. Dengan Midtrans, kelola bisnis hampers Lebaran unik pun jadi makin mudah. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran, silakan klik di sini!

Midtrans-new-tech-documentation

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail