Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
06 Feb

Serba-serbi Digital Payment untuk Kesuksesan Bisnis

Admin

by Admin

view583Views

Serba-serbi-Digital-Payment-untuk-Kesuksesan-Bisnis
Di era teknologi yang terus berkembang, digital payment telah menjadi elemen penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di Indonesia. Berdasarkan data terkini, penggunaan pembayaran digital di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa, yakni sekitar Rp4,3 kuadriliun per April 2023 lalu. Ini mencerminkan pergeseran perilaku konsumen yang semakin memprioritaskan kemudahan dan efisiensi dalam bertransaksi. Tahukah Anda, apa itu pembayaran digital?

Apa Itu Digital Payment?

Digital payment, atau pembayaran digital, adalah metode pembayaran yang melibatkan penggunaan platform digital untuk melaksanakan transaksi keuangan, tanpa perlu uang tunai. Ini mencakup berbagai metode, seperti transfer bank online, e-wallet, dan penggunaan kartu kredit atau debit yang terintegrasi dengan sistem pembayaran online

Kemajuan teknologi di bidang ini tidak hanya memudahkan transaksi sehari-hari, tetapi juga memungkinkan adanya inovasi baru dalam pembayaran.

Baca juga: 4 Media yang Umum Digunakan Untuk Berjualan Online

Manfaat Digital Payment untuk Konsumen

Sebagai metode pembayaran digital yang menjadi pilihan favorit masyarakat, tentu ada beberapa manfaat yang ditawarkan oleh sistem ini. Apa saja? Berikut ulasannya!

Mempersingkat waktu transaksi

Digital payment mengubah cara kita bertransaksi. Tidak lagi terikat dengan jam operasional bank atau mengantre di ATM, Anda kini dapat melakukan pembayaran atau transfer dana kapan saja dan di mana saja, hanya dengan beberapa klik di perangkat Anda. Ini tentunya sangat menghemat waktu dan budget yang bisa dialokasikan untuk keperluan lain yang lebih urgent.

Menawarkan banyak promo hemat

Banyak platform pembayaran digital menawarkan promo menarik, seperti cashback, diskon, dan promo eksklusif yang tidak tersedia pada metode pembayaran tradisional. 

Benefit-benefit tersebut tentunya mendorong pengguna pembayaran digital karena mereka bisa sambil menghemat uang. Tidak heran bila akhirnya inilah yang menjadikan pilihan favorit banyak orang.

Menjamin keamanan dana

Keamanan merupakan salah satu kekhawatiran utama dalam transaksi keuangan, khususnya yang total nominalnya cukup besar. 

Bayangkan, Anda tentu akan was-was bila akan melunasi transaksi ratusan juta rupiah dengan uang cash, sebab tindak kriminal bisa terjadi di mana saja. Hal ini juga berlaku jika Anda adalah seorang pemilik usaha.

Namun, dengan pembayaran digital yang dilakukan tanpa uang tunai dan sentuhan, keamanan menjadi benefit utama yang dihadirkan. 

Otentikasi dua faktor, enkripsi, dan pengawasan transaksi real-time merupakan keunggulan dari sistem keuangan online

Hal ini mengurangi risiko penipuan dan pencurian identitas sehingga memberikan ketenangan pikiran bagi pengguna.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Pembayaran Online Begitu Diminati Saat Ini

Manfaat Digital Payment untuk Bisnis

Setelah mengetahui manfaat digital payment secara umum, kini simak dua keuntungan berikut yang akan Anda peroleh sebagai pemilik usaha.

Menjaga kepuasan pembeli

Di dunia yang serba-cepat ini, setiap pelanggan pasti mencari kecepatan dan kemudahan. Dengan menyediakan opsi pembayaran digital, bisnis Anda dapat meningkatkan kepuasan pelanggan karena bisa memproses transaksi secara lebih cepat, sehingga proses pembelian dapat lebih sederhana dan waktu tunggunya pun berkurang.

Meningkatkan efisiensi rekap pembayaran

Bukan hanya lebih cepat dan praktis, pembayaran digital juga memudahkan bisnis untuk pengelolaan dan pelacakan transaksi. 

Ini berkat sistem terautomasi yang membuat pemilik usaha dapat memonitor aliran kas, mengelola rekap pembayaran, dan menyusun laporan keuangan dengan lebih efisien. 

Pada akhirnya, Anda bisa hemat waktu dan sumber daya serta memfokuskan diri pada aspek bisnis yang lebih penting.

Baca juga: 7 Keuntungan Memiliki Sistem Pembayaran di Toko Online

Contoh Digital Payment

Digital payment ini ada banyak jenisnya, di antaranya transfer bank online, e-wallet, serta kartu kredit atau debit online. Berikut penjelasan lebih mendetailnya!

  • Transfer bank online – Metode ini memudahkan pengiriman uang antar-rekening bank secara real-time sehingga mengurangi kebutuhan akan kunjungan langsung ke kantor bank;
  • E-wallet – Dompet digital adalah aplikasi pada smartphone yang dapat digunakan untuk menyimpan dan mengirimkan uang elektronik supaya transaksi lebih cepat dan mudah;
  • Kartu kredit/debit online – Metode yang satu ini memungkinkan pembayaran dilakukan dengan kartu yang terhubung secara online, sehingga jangkauannya lebih luas.

Implementasi digital payment tidak hanya menjadi tren dalam bisnis, tetapi lebih pada kebutuhan dalam bisnis modern. 

Midtrans, sebagai salah satu payment gateway terpercaya, mendukung berbagai metode pembayaran digital yang telah dijelaskan di atas. 

Bersama kami, bisnis Anda dapat melakukan berbagai transaksi keuangan dari dan ke berbagai sumber hanya dengan satu akun saja. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, kunjungi website resmi Midtrans!
midtrans_UTM-Banner

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail