Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
19 May

6 Cara Mendapatkan Pinjaman Online untuk Usaha

Admin

by Admin

view1197Views

Selain mendapatkan suntikan dana dari kapital ventura atau angel investor, saat ini modal usaha juga bisa didapatkan melalui layanan pinjaman online atau pinjol dari institusi keuangan. Sumber dana usaha ini umumnya lebih digemari karena prosesnya yang mudah serta pencairannya yang relatif cepat. Namun, jika tidak hati-hati, memanfaatkan pinjol malah bisa membuat Anda semakin rugi. Oleh karena itu, Anda tidak boleh gegabah saat berencana untuk memanfaatkan jasa pinjol ini. Lalu, bagaimana tips-tipsnya?

Baca juga:  Apa Perbedaan antara Investor Malaikat dengan Venture Capitalist?
pinjaman-online

6 Tips Mendapatkan Modal Usaha dari Pinjaman Online

Agar tidak malah merugi saat mencari modal dengan pinjaman online, Anda perlu merencanakan dan memperhitungkannya dengan matang. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips mendapatkan modal usaha melalui pinjol dengan praktis dan aman:

1. Hitung modal yang Anda butuhkan

Sebelum memulai proses peminjaman modal, Anda perlu memastikan dulu berapa sebenarnya suntikan dana yang dibutuhkan. Tentu saja, Anda harus menyesuaikan hitungan ini dengan tujuan atau goals yang ingin Anda capai.

Contohnya sebagai produsen pakaian, Anda ingin meminjam dana untuk meningkatkan kuantitas produksi busana muslim menjelang bulan puasa. Maka, modal ini nantinya disesuaikan dengan jumlah karyawan yang ingin ditambahkan, harga mesin jahit tambahan, serta biaya membeli bahan baku kain dalam jumlah besar.

Di samping modal, perhitungkan juga pengeluaran lain yang sekiranya akan bisnis Anda lakukan. Itulah kenapa mempunyai laporan keuangan yang rapi menjadi hal krusial. Untungnya, kini Anda tak perlu membuat laporan keuangan secara manual selama sudah pakai Midtrans.

Midtrans merupakan penyedia layanan payment gateway dengan platform yang dapat memberikan laporan penjualan lengkap pada dashboard, sehingga sangat memudahkan Anda dalam menyusun laporan keuangan. Soal keamanan, Anda juga tak perlu khawatir karena Midtrans telah dijamin oleh Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Buatlah perencanaan bisnis

Berikutnya, buatlah perencanaan bisnis yang detail mengenai bagaimana dana akan digunakan, serta berapa potensi keuntungan yang didapatkan dengan melakukan penanaman modal tersebut. Jadi, tujuan dari perencanaan ini adalah untuk memastikan bahwa jumlah modal tambahan tersebut bisa menghasilkan keuntungan yang sepadan.

Misalnya saja sebagai bisnis yang menjual produknya lewat website, Anda ingin meningkatkan pengalaman customer. Lalu, Anda menemukan bahwa salah satu solusi untuk itu adalah dengan memperbanyak metode pembayaran saat pelanggan menyelesaikan transaksi. Dari sini, Anda bisa menganalisis apakah biaya yang diperlukan untuk memperbanyak metode pembayaran ini sepadan dengan keuntungan yang mungkin akan didapat.

3. Lakukan riset tentang lembaga penyedia pinjaman online 

Setelah merencanakan dan menghitung kebutuhan modal dengan detail, sekarang saatnya Anda mencari mana institusi keuangan penyedia pinjaman online yang layanannya sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda telah menemukan institusi keuangan yang tepat, pastikan terlebih dahulu apakah lembaga tersebut telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau tidak.

Jika lembaga keuangan itu terdaftar di website OJK, carilah penyedia layanan lainnya yang juga diawasi oleh OJK untuk dijadikan sebagai pembanding. Bahkan bila perlu, lihat review dari penyedia pinjol tersebut untuk mengetahui bagaimana testimoni orang-orang yang pernah menggunakan jasa mereka.

Baca juga: Manfaat Transaksi Online untuk Pebisnis dan Konsumen

4. Siapkan seluruh dokumen yang diminta

Setelah menentukan mana lembaga keuangan yang akan digunakan jasanya, siapkan seluruh dokumen yang diminta oleh lembaga tersebut. Saat diinstruksikan untuk mengambil gambar atau memindai suatu dokumen, pastikan juga bahwa foto atau hasil pindaian tersebut tampak jelas dan mudah dibaca. Dengan begitu, kemungkinan pengajuan kredit Anda ditolak menjadi lebih kecil. 

5. Ajukan pinjaman online sesuai kemampuan membayar

Setiap pinjol memang memiliki nominal maksimal kredit yang bisa diajukan. Namun, bukan berarti Anda harus mengambil nominal terbanyak itu. Tetaplah berpatokan pada hitungan perencanaan investasi bisnis yang telah dibuat sebelumnya. Ini karena semakin besar pinjaman, tentu saja semakin besar bunga dan denda keterlambatan yang harus Anda tanggung.

Selain itu, pastikan bahwa skema pembayaran pinjaman yang diberikan oleh pihak pinjol bersifat realistis, dan Anda mampu untuk membayar cicilannya setiap bulan atau dalam jangka waktu yang telah disepakati.

6. Minta saran dari orang yang pernah meminjam modal usaha

Jika Anda sebelumnya tidak pernah memanfaatkan pinjaman online sama sekali, tanyalah kepada rekan bisnis atau teman Anda yang telah berpengalaman meminjam. Apalagi, jika kawan Anda meminjam dari lembaga keuangan yang sama dengan yang Anda rencanakan.

Dari obrolan itu, Anda harus mengetahui beberapa hal, seperti bagaimana sistem peminjaman dan pengembalian dana pada institusi tersebut, pelayanan pelanggan yang diberikan, serta beberapa hal lainnya terkait peminjaman dana.

Baca juga: Cara Membuat Perusahaan, dari Persyaratan hingga Tahapannya

Meskipun pinjaman online merupakan salah satu solusi sumber dana usaha, Anda tetap harus bijak dalam mengajukan kredit jenis ini. Selain itu, Anda juga wajib mempersiapkan seluruh dokumen yang diminta sebagai persyaratan agar pengajuan kredit bisa segera diterima dan modal bisa segera digunakan untuk investasi bisnis, sesuai dengan tujuan awal. 

Misalnya saja untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam bertransaksi, Anda perlu menginvestasikan sebagian kecil pinjaman tersebut untuk mengimplementasikan payment gateway Midtrans! Dengan begitu, pelanggan bisa dengan bebas memilih metode pembayaran favorit mereka. Sehingga, pelanggan dibebaskan dari biaya admin yang muncul jika transfer dilakukan dengan bank yang berbeda. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website  Midtrans di sini!
payment-method-midtrans

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail