Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
02 Feb

6 Cara Membuat Donasi Online yang Mudah dan Lengkap

Admin

by Admin

view1164Views

6-cara-membuat-donasi-online
Sekarang ini membuka usaha tak melulu menggunakan tabungan pribadi. Kamu juga bisa memilih opsi menggalang dana dari para investor. Bicara tentang galang dana, zaman digital ini membuat proses donasi online bisa dilaksanakan. Memangnya, apa keuntungan dan bagaimana cara membuat donasi online? Supaya Anda bisa membuat aksi galang dana ini di platform digital, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Keuntungan Donasi Online

Keuntungan donasi online tentunya ada banyak. Selain bisa menghemat waktu, berikut adalah enam manfaat yang juga dapat mempercepat langkah dan menguntungkan Anda.

  • Lebih praktis bagi konsumen

Manfaat donasi online yang pertama yaitu memudahkan donatur untuk berpartisipasi dalam aksi ini. Tidak perlu lagi pergi ke bank atau kantor pos untuk mengirimkan sumbangan, mereka cukup diam di rumah dan mengakses situs lewat smartphone. Berbekal akses internet saja, mereka sudah bisa mendukung bisnis atau aksi sosial yang sesuai dengan prinsip mereka.

Kepraktisan semacam itu pastinya sangat berharga, terutama di zaman yang sibuk dan serba-cepat seperti saat ini. Bahkan, donatur dapat dengan cepat memperoleh informasi mengenai dana yang telah disumbangkan atau mengikuti kampanye yang mereka temui di media sosial. Kepraktisan ini tentu membuat mereka menjadi lebih mudah berpartisipasi daripada sebelumnya.

  • Bisa menjangkau lebih banyak orang

Donasi online pastinya membuat pesan tentang kampanye tersebut mudah disebarkan pada lebih banyak orang. Hal ini tak lain berkat adanya dukungan media sosial, surel, dan berbagai platform online yang membuat orang-orang dari seluruh dunia dapat terlibat. Ini tidak hanya meningkatkan potensi penggalangan dana, tetapi juga menciptakan kesadaran yang lebih tentang isu tersebut.

Bahkan, sering kali proses penggalangan dana ini tidak hanya mudah disebarluaskan, tetapi juga tidak dipungut biaya untuk menyebarkan beritanya. Dengan begitu, artinya penggagas donasi dapat mengajak orang lain secara gratis, tanpa dibebani biaya administrasi atau operasional tertentu. Begitu juga dari sisi donatur, mereka tak perlu mengeluarkan ongkos BBM untuk berdonasi.

  • Lebih cepat menggalang donasi

Kecepatan adalah kunci di berbagai situasi, terutama yang konteksnya berkaitan dengan bantuan darurat atau situasi krisis. Donasi online memungkinkan pengumpulan dana berlangsung lebih cepat, praktis, dan akurat. Para donatur dapat berkontribusi dalam hitungan detik setelah melihat ads atau kampanye yang disebarkan di media sosial.

Dalam beberapa kasus, jam upload donasi bahkan dapat membuat perbedaan besar, baik dari segi dana yang terkumpul hingga proses penyalurannya. Semakin cepat dana terkumpul, tentu proses penyaluran dana akan lebih cepat dilakukan. Hal ini pastinya dapat menyelamatkan lebih banyak nyawa atau mencegah suatu bisnis gulung tikar.

  • Adanya rekapitulasi otomatis

Bukan hanya menguntungkan dari segi kepraktisan, jangkauan luas, dan kecepatan pengumpulan dana, donasi online juga memudahkan pengelolaan dan pelacakan dana yang terkumpul. Platform donasi sering kali menyediakan rekapitulasi otomatis yang memungkinkan penyelenggara kampanye melihat jumlah dana yang terkumpul dan bagaimana penggunaan dana tersebut.

Rekapitulasi yang ter-update secara real-time semacam itu tentunya mengurangi kerumitan administrasi sekaligus memastikan semua informasi yang diperlukan tersedia dengan akurat dan up-to-date. Sehingga, donatur juga akan lebih percaya bila akan berdonasi di situs atau platform yang Anda buat.

  • Mendukung transparansi

Transparansi adalah hal yang sangat penting saat menyelenggarakan donasi. Untuk itu, sistem donasi online dibuat supaya penyelenggara kampanye dapat memberikan informasi secara jelas, detail, dan transparan kepada para donatur. Hal ini berlaku ketika proses penggalangan baru dibuat atau setelah dana digunakan.

Dengan transparansi data, donatur dapat melihat bagaimana dana mereka disalurkan atau digunakan. Hal semacam itu pastinya dapat membangun kepercayaan antara penyelenggara galang dana dan donatur, yang pada akhirnya dapat mendorong donatur untuk berkontribusi lebih banyak lagi kedepannya

  • Penyaluran bantuan jadi lebih mudah

Donasi online memungkinkan pengelola dana untuk menyalurkan bantuan secara lebih efisien. Bagaimana bisa? Dana yang terkumpul dalam sistem dapat langsung ditarik dan disalurkan ke program atau lembaga yang membutuhkan, tanpa perlu proses manual yang rumit. Bahkan, Anda dapat menyerahkan sejumlah uang tanpa perlu mendatangi yayasan atau lembaga sasaran secara langsung. Sehingga, bantuan dapat tiba tepat waktu dan memberikan dampak lebih besar untuk kemajuan penerima.

Baca juga: Donasi Aman dan Nyaman Bersama Bawa Berkah!

Cara Membuat Donasi Online

Anda ingin membuat donasi online untuk keperluan bisnis maupun sosial? Ikuti cara membuat donasi online di bawah ini agar mampu memikat perhatian lebih banyak orang!

  • Tentukan tujuan donasi yang ingin dicapai

Sama seperti ketika akan membuka usaha, donasi online harus dimulai dengan tujuan yang jelas. Pertama-tama, Anda perlu menentukan apa yang ingin Anda bantu. Apakah Anda akan berfokus pada anak-anak yang membutuhkan pendidikan, membantu korban bencana alam, atau mendukung proyek amal lainnya?

Menetapkan tujuan yang jelas akan membuat Anda lebih mudah dan efektif dalam menyampaikan pesan kepada para donatur potensial. Tujuan juga memengaruhi cara Anda menyusun strategi penyebaran pengumuman donasi. Jangan lupa untuk memastikan tujuan Anda memiliki dampak positif yang signifikan dalam masyarakat atau lingkungan sekitar.

  • Ketahui aturan hukum yang berlaku

Penting untuk memahami peraturan dan hukum yang berlaku terkait dengan donasi online. Setiap negara memiliki peraturan yang berbeda terkait penggalangan dana online, termasuk pajak, perizinan, dan aturan lainnya. Pastikan Anda mematuhi semua regulasi yang berlaku agar tidak terlibat dalam masalah hukum di kemudian hari.

Jika Anda tidak yakin tentang aturan yang berlaku, konsultasikan dengan seorang ahli hukum atau lembaga yang berwenang dalam hal ini. Ajak mereka berkolaborasi untuk mewujudkan proses donasi online Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih tenang dalam menjalankannya dan tidak takut terkena dampak di masa yang akan datang.

  • Siapkan semua dokumen perizinan

Sama seperti ketika akan membuka usaha, Anda juga harus menyiapkan dokumen perizinan yang diperlukan untuk menggalang dana online. Ini termasuk surat izin resmi dari pemerintah atau badan regulasi yang berwenang. Dokumen ini akan membantu memastikan bahwa kegiatan penggalangan dana Anda sah dan transparan.

Berbekal dokumen perizinan yang lengkap tentu akan membuat donatur dan investor yang terlibat lebih percaya dengan Anda. Untuk itu, tampilkan bukti-bukti ini pada platform Anda dan ingatlah bahwa ketika orang menyumbangkan uangnya, mereka ingin dana mereka digunakan dengan benar. Jadi, jaga baik-baik kepercayaan mereka, ya!

  • Pilih media yang akan digunakan

Saat ini, ada banyak cara yang bisa Anda pilih untuk menggalang donasi online. Anda dapat memutuskan untuk membuat situs web donasi sendiri atau memanfaatkan platform khusus donasi yang sudah ada. Jika Anda memiliki keterampilan teknis, membuat situs web donasi sendiri bisa menjadi pilihan terbaik untuk memikat kepercayaan investor.

Dengan membuat website sendiri, Anda memiliki kendali penuh atas desain dan konten yang tersaji di sana. Namun, jika Anda ingin menyederhanakan proses, platform donasi online, seperti GoFundMe, Kitabisa, atau platform sejenisnya, dapat memudahkan Anda dalam mengumpulkan dana dan mengatur donasi.

  • Tulis cerita yang menggugah emosi

Salah satu kunci kesuksesan penggalangan dana online adalah kemampuan Anda untuk mengomunikasikan tujuan dan cerita Anda dengan cara yang menggugah emosi. Sampaikan cerita yang dapat dimengerti oleh banyak orang dan pastinya penuh dengan rasa empati. Lalu, ceritakan juga tujuan Anda membuat donasi tersebut.

Agar upaya story telling Anda lebih mengena di hati para donatur, jangan lupa gunakan foto atau video untuk memperkuat pesan Anda. Jangan lupakan untuk mencantumkan informasi tentang bagaimana dana akan digunakan dan bagaimana donatur akan berkontribusi. Informasi semacam ini akan membuat mereka menjadi penolong, bahkan sejak sebelum mendonasikan uangnya.

  • Promosikan donasi online secara meluas

Setelah Anda memiliki situs web atau platform penggalangan dana yang siap, langkah selanjutnya adalah mempromosikannya secara meluas. Gunakan media sosial, email, dan berbagai media komunikasi lainnya untuk menyebarkan informasi tentang donasi Anda. Semakin banyak orang yang mengetahui kampanye Anda, semakin besar pula peluang Anda untuk mengumpulkan dana.

Bila perlu dan kebutuhannya sangat urgent, Anda bisa menggaet influencer untuk mempromosikan aksi penggalangan dana ini. Namun, pastikan bahwa influencer tersebut juga sejalan dengan visi misi yang Anda bicarakan. Lebih dari semua itu, pastikan bahwa budget Anda cukup untuk menggandeng mereka atau bicarakan tentang project thank you jika memungkinkan.

Baca juga: Yatim Mandiri Galang Donasi Online Bersama Midtrans

Tips agar Donasi Online Sukses Besar

Meski sudah mengetahui enam cara membuat donasi online di atas, kita perlu berupaya lebih keras lagi supaya aksi galang dana ini sukses besar. Berikut ini beberapa tipsnya untuk Anda!

  • Jaga komunikasi dengan donatur

Salah satu kunci sukses saat menggalang dana online adalah menjaga komunikasi yang erat dengan para donatur. Pastikan Anda merespons pertanyaan atau masukan dari donatur dengan cepat dan ramah. Buatlah jadwal rutin untuk memberikan update kepada mereka tentang perkembangan kampanye atau proyek yang didanai.

Dengan menjaga komunikasi yang baik, Anda akan membangun kepercayaan yang kuat dan mungkin juga menginspirasi donatur untuk berpartisipasi lebih aktif dalam kampanye Anda. Jangan biarkan donatur merasa ditinggalkan setelah mereka memberikan kontribusi. Sebab, bagaimanapun juga, uang yang telah Anda kumpulkan itu berasal dari kantong-kantong mereka.

  • Berikan apresiasi bagi donatur

Tidak ada yang lebih memotivasi para donatur daripada merasa dihargai atas kontribusi mereka. Setelah mereka berdonasi, sebaiknya segera luangkan waktu untuk mengirimkan ucapan terima kasih pribadi. Jika Anda melibatkan banyak pihak saat menyelenggarakan galang dana ini, usahakan untuk tetap turun langsung saat akan memberikan ucapan terima kasih kepada donatur.

Selain itu, pertimbangkan pengakuan publik kepada mereka, seperti menyebutkan nama mereka di situs web atau media sosial. Jangan lupakan penghargaan fisik atau sertifikat penghargaan bagi donatur yang telah memberikan sumbangan besar. Apresiasi ini akan menciptakan hubungan positif antara Anda dan donatur, yang dapat berdampak positif pada aksi donasi Anda di masa depan.

  • Tunjukkan bukti yang valid

Kepercayaan adalah hal utama yang perlu dijaga saat menjalankan donasi online. Untuk memastikan donatur yakin bahwa dana mereka akan digunakan dengan benar, Anda perlu menyediakan bukti yang valid. Ini bisa berupa laporan keuangan terperinci, foto atau video yang menunjukkan proses penyerahan dana, atau testimoni dari penerima manfaat.

Bukti-bukti semacam itu akan membuat proses donasi lebih transparan dan donatur pun menjadi lebih yakin tentang sumbangan mereka yang memiliki dampak nyata. Dengan demikian, mereka akan merasa lebih termotivasi untuk terus mendukung kampanye Anda, bahkan berbagi pengalaman positif mereka saat berdonasi kepada orang lain.

  • Jelaskan setiap detail secara jujur

Penting untuk menjelaskan setiap detail kampanye secara jujur kepada donatur. Jangan menyembunyikan informasi atau membuat janji yang tidak dapat Anda penuhi. Telah disebutkan berulang kali bahwa transparansi adalah kunci dalam membangun kepercayaan dengan investor atau donatur.

Jika ada batasan atau risiko yang mungkin dialami ke depannya, sampaikan hal ini dengan jelas kepada donatur. Mereka akan menghargai kejujuran Anda dan merasa lebih yakin bahwa uang akan digunakan dengan bijak di sini. Jangan biarkan informasi yang tidak jujur merusak reputasi Anda atau kampanye donasi Anda, sebab kepercayaan yang rusak sulit untuk dipulihkan kembali.

  • Gunakan metode pembayaran yang aman

Selain membuat kampanye yang menarik dan dapat dimengerti oleh banyak pihak, penting juga untuk memastikan bahwa Anda menggunakan metode pembayaran yang aman. Upayakan supaya situs web atau platform yang Anda gunakan memiliki sistem pembayaran yang terpercaya dan terenkripsi, sehingga data-data donatur dan pihak yang terlibat bisa terlindungi.

Selain itu, berikan berbagai pilihan metode pembayaran yang nyaman bagi donatur, seperti kartu kredit, transfer bank, atau dompet digital. Dengan menyediakan opsi yang beragam, donatur pun lebih mudah saat akan menyalurkan bantuannya. Biasanya, kemudahan pembayaran ini dapat membuat mereka nyaman bertransaksi sehingga tidak mengurungkan niatnya di tengah-tengah.

Baca juga: Bersama Berbagi Kebahagiaan Melalui 5 Platform Charity Berikut

Rekomendasi Sistem untuk Membuat Donasi Online

Jika ingin menghadirkan sistem donasi online yang komprehensif, sebaiknya buat situs web khusus untuk aksi galang dana ini. Membuat website khusus membuat Anda terlihat sebagai organisasi, lembaga, atau komunitas yang berkomitmen dalam isu tertentu. Dengan situs ini, Anda juga bisa menghadirkan sistem pembayaran secara mandiri.

Untuk solusi pembayarannya, pastikan Anda mengandalkan Payment Link dari Midtrans. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, Midtrans tentunya bisa memberikan skema keuangan yang transparan dan terpercaya, baik untuk Anda maupun donatur. Keamanan Midtrans pun telah dijamin oleh Bank Indonesia, Kominfo, AES 256, PCI DSS, hingga ISO 27001.

Sekarang Anda tahu bagaimana cara membuat donasi online yang bisa memikat banyak donatur, meski hanya dipromosikan lewat platform-platform digital. Bagi Anda yang ingin mengadakan aksi galang dana, jangan lupa untuk membuat situs web khusus untuk menarik minat donatur dan memberikan rasa kepercayaan lebih pada mereka.

Setelah itu, pilih metode pembayaran yang dapat menunjang sistem buatan Anda seperti Payment Link dari Midtrans. Dengan metode pembayaran ini, donatur bisa menyalurkan bantuannya semudah mengklik link yang tertera di website Anda. Mari, pahami tata cara lengkap membuat Payment Link agar donasi online Anda berjalan lancar!
midtrans_UTM-Banner

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail