Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
02 Feb

4 Aplikasi Pembayaran Digital dan Keuntungannya

midtrans

by midtrans

view883Views

4-Aplikasi-Pembayaran-Digital-dan-Keuntungannya
Pembayaran digital adalah metode yang banyak menjadi pilihan masyarakat di era digital seperti sekarang ini. Berdasarkan data Bank Indonesia yang dirangkum dalam Katadata, nilai transaksi digital itu mencapai sekitar Rp4,3 kuadriliun per April 2023 lalu. Pasalnya, digital payment dinilai sangat praktis, baik untuk transaksi offline maupun online. Pembayaran digital juga meliputi banyak sumber. Memangnya, apa saja yang termasuk dalam aplikasi pembayaran digital? Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Aplikasi Pembayaran Digital?

Aplikasi pembayaran digital adalah sistem atau layanan yang bekerja dengan menggunakan teknologi elektronik dan bisa Anda temukan pada komputer, sistem POS, atau smartphone. Prinsipnya yaitu memindahkan sejumlah uang ke akun lain dengan cara transfer dana, baik dengan metode QRIS atau transfer manual.

Baca juga: 8 Kebiasaan Belanja Kaum Millenials yang Perlu Anda Ketahui

Keuntungan Pembayaran Digital

Keuntungan dari sistem pembayaran digital ini dapat dirasakan oleh kedua belah pihak, baik penjual maupun pembeli. Bagi pemilik usaha, Anda bisa menawarkan metode pembayaran yang dapat memfasilitasi setiap keinginan konsumen. Di sisi lain, pembeli dapat melunasi transaksi sesuai cara yang paling mereka senangi. Bukan hanya itu, metode pembayaran digital juga akan membuat transaksi menjadi lebih cepat, aman, dan nyaman, apalagi jika Anda harus melunasi pembayaran dalam jumlah banyak.

Metode Pembayaran Digital

Metode pembayaran digital itu ada banyak jenisnya, mulai dari e-wallet, QRIS, hingga mobile banking. Adakah perbedaan dari setiap metode tersebut? Cari tahu pada penjelasan berikut!

E-wallet

E-wallet atau dompet digital adalah metode pembayaran digital yang menggunakan aplikasi dompet elektronik. Dalam hal ini, dompet bisa menyimpan, mengirimkan, dan menerima uang secara nontunai. Di Indonesia sendiri ada banyak macam e-wallet yang dapat Anda temui, mulai dari GoPay, OVO, ShopeePay, LinkAja, dan banyak lagi lainnya.

QRIS

QRIS (Quick Response ) merupakan salah satu jenis pembayaran digital yang menggunakan kode pindai untuk memproses transaksi. Cara kerjanya adalah pemilik usaha menampilkan kode QR atau memindai kode QR pada aplikasi pembayaran online milik pelanggan, masukkan nominal pembayaran, dan konfirmasi dengan sandi buatan Anda.

Mobile banking

Pilihan terakhir adalah mobile banking yang menjadi aplikasi pembayaran digital buatan masing-masing bank. Sekarang ini hampir semua bank sudah menyediakan aplikasi khusus untuk pembayaran online yang memudahkan nasabah. Bahkan, jenis transaksinya pun sangat beragam, mulai dari transfer hingga investasi.

Baca juga: Kemudahan Pembayaran bagi Pelanggan dengan CIMB Clicks

Pembayaran Digital vs Online, Apa Bedanya?

Pembayaran digital dan online pada dasarnya sama-sama tidak menggunakan uang tunai (cash). Namun, keduanya memiliki perbedaan yang tipis. Digital payment biasanya dapat dilakukan pada transaksi online maupun offline, seperti ketika Anda membayar di Indomaret, Alfamart, dan toko fisik lainnya. Sementara itu, pembayaran online tidak memfasilitasi transaksi langsung.

Rekomendasi Aplikasi Pembayaran Digital

Indonesia memang sudah menerima dan mempunyai banyak pilihan aplikasi pembayaran digital. Berikut adalah deretan aplikasi yang recommended untuk bisnis Anda.

GoPay

GoPay merupakan aplikasi pembayaran digital yang berkaitan dengan aplikasi Gojek. Metode pembayaran ini dapat melakukan transaksi pengiriman uang ke sesama pemilik aplikasi maupun rekening bank, QRIS, paylater, hingga mengajukan pinjaman dengan GoPayPinjam. Pengguna juga dapat melunasi transaksi pada aplikasi Gojek dan lainnya dengan menautkan nomor GoPay Anda.

DANA

DANA menjadi pilihan aplikasi pembayaran digital berikutnya yang tersedia di Indonesia. Hampir sama dengan beberapa software sebelumnya, DANA juga dapat melakukan pengiriman uang dan memindai kode QR untuk pelunasan transaksi. Bahkan, aplikasi ini bisa Anda pakai ketika sedang berada di Singapura, Malaysia, dan Thailand.

PayPal

PayPal mungkin menjadi aplikasi pembayaran digital dengan jangkauan terluas karena berpusat di Amerika Serikat. Kemudian, sama halnya dengan pilihan sebelumnya, aplikasi ini dapat Anda instal lewat Google Play Store atau App Store.

LinkAja

Terakhir, ada LinkAja yang layanannya sudah terdaftar di Bank Indonesia sejak 2019. Selain bisa dipakai untuk melunasi transaksi dan membayar tagihan, aplikasi ini juga dapat dipakai untuk membeli berbagai tiket transportasi, mulai dari kereta api, LRT, MRT, busway, hingga pembayaran bahan bakar minyak di Pertamina.

Baca juga: 7 Keuntungan Memiliki Sistem Pembayaran di Toko Online

Jika nominal transaksi pada aplikasi pembayaran digital selalu meningkat, kini saatnya Anda mengaktifkan metode ini untuk kesuksesan bisnis. Midtrans adalah penyedia layanan keuangan berpengalaman yang menyediakan payment gateway. Bersama Midtrans, Anda bisa terima pembayaran digital dari berbagai sumber dengan satu akun. Mari, daftarkan bisnis Anda sekarang untuk mendapatkan sistem pembayaran online kami!
midtrans_UTM-Banner

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail