Limited offer! Activate ShopeePay via Midtrans now & get 30% bonus cashback for your customer.

Learn More
18 Dec

Tiga Cara Pembayaran Baru yang Akan Berkembang di Masa Depan

by Digital Marketing Midtrans

22Views

Midtrans_18-Desember-2019_blog-isi

Cara konsumen melakukan pembayaran saat ini semakin modern. Ditambah dengan kemajuan teknologi, konsumen dapat melakukan pembayaran dengan mudah, aman, dan nyaman. Dari beberapa metode pembayaran yang ada saat ini, ada tiga metode pembayaran yang sedang berkembang dan diprediksi akan banyak digunakan di masa depan. Apa saja tiga metode pembayaran tersebut?

1. Pembayaran melalui Identifikasi Biometrik
Pembayaran menggunakan identifikasi biometrik biasanya menggunakan fitur unik yang ada dari tiap konsumen misalnya, sidik jari, wajah, atau bahkan dengan suara. Dengan adanya metode pembayaran ini, transaksi akan semakin mudah dan cepat karena tidak membutuhkan waktu yang lama. Metode pembayaran ini tentu akan memudahkan konsumen dan pemilik bisnis. Konsumen dapat melakukan pembayaran tanpa harus membawa dompet atau media lainnya seperti, kartu ataupun telepon seluler. Tidak hanya itu, metode pembayaran ini juga aman karena pemilik bisnis tidak perlu menyimpan data personal konsumen.

Saat ini, pembayaran melalui identifikasi biometrik sudah mulai berkembang di banyak negara Eropa dan juga di Amerika Serikat. Misalnya, pembayaran melalui sidik jari sudah dilakukan oleh perusahaan teknologi ternama, Apple, melalui Apple Pay. Untuk wilayah Asia Tenggara, metode pembayaran ini baru tersedia di Singapura. Selain Apple Pay, perusahaan raksasa e-commerce dari Cina, Alibaba juga mengeluarkan metode pembayaran “Smile-to-Pay”. Metode pembayaran ini menggunakan teknologi facial recognition yang memungkinkan transaksi hanya dengan mengenali fitur wajah dari konsumen, dan konsumen hanya perlu tersenyum untuk melakukan pembayaran.

2. Pembayaran dengan Memanfaatkan Data Konsumen
Saat ini, data sudah dijadikan komoditas oleh banyak perusahaan teknologi. Bukan tidak mungkin jika data di masa depan akan menjadi mata uang karena harga data yang sangat tinggi. Tetapi, kesadaran konsumen akan pentingnya data pribadi mereka sudah semakin tinggi, termasuk saat melakukan transaksi. Data pribadi konsumen harus memiliki pengelolaan data yang baik agar dapat digunakan untuk memaksimalkan penjualan sekaligus kenyamanan konsumen. Misalnya, konsumen akan dapat penawaran atau diskon yang sudah dipersonalisasi dengan memberikan data yang sudah disetujui terlebih dahulu. Data konsumen, seperti item apa yang paling sering dibeli atau merek apa yang lebih disukai, dapat menjadi pertimbangan suatu bisnis untuk memberikan diskon personal kepada satu konsumen.

3. Pembayaran Nirsentuh (Contactless)
Teknologi nirsentuh atau contactless memungkinkan konsumen untuk melakukan transaksi di berbagai merchant tanpa harus memasukkan PIN ataupun menggesek kartu. Hanya dengan menempelkan kartu ke mesin EDC, transaksi dapat dilakukan dengan cepat dan aman. Contohnya, Visa mengeluarkan layanan Visa payWave, layanan pembayaran nirsentuh. Dikutip dari wartaekonomi.com, jika konsumen melakukan transaksi di bawah Rp1 juta, konsumen tidak perlu memasukkan PIN dan cukup menempelkan kartu ke mesin EDC. Terlebih, Visa mengeluarkan Transaksi nirsentuh ini sudah tersedia di ratusan merchant, seperti merchant makanan, retail offline, ataupun bioskop.

Dengan adanya pembayaran nirsentuh ini, konsumen tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan pembayaran. Terlebih, keamanan PIN konsumen juga terjaga. Pembayaran ini tentu akan semakin berkembang di masa depan di mana konsumen tidak perlu menghabiskan waktu lama hanya untuk melakukan pembayaran, dan pemilik bisnis juga dimudahkan dengan pembayaran yang cepat diterima. Meskipun cepat dan aman, konsumen juga harus tetap berhati-hati saat menempelkan kartu dengan menempelkan kartu dan menutup sebagian nomor kartu saat melakukan pembayaran.

Ketiga metode pembayaran di atas saat ini sudah ada di beberapa negara, tetapi belum ada dalam skala masal, terlebih di Indonesia. Pelaku bisnis dapat melihat hal ini sebagai referensi bagaimana pembayaran akan semakin berkembang di masa depan, dan jangan sampai tidak memaksimalkan metode pembayaran yang sudah ada untuk mendukung kelancaran bisnis.


Pelajari lebih lanjut bagaimana cara memaksimalkan metode pembayaran yang ada untuk kelancaran bisnis di midtrans.com