Limited offer! Activate ShopeePay via Midtrans now & get 30% bonus cashback for your customer.

Learn More
22 Jan

Strategi Penggunaan Pendistribusian Dana oleh Akulaku dalam Menjalankan Program Cashback

by Digital Marketing Midtrans

16Views

Midtrans_24-Januari-2020_Blog-Isi

Konsumen akan memiliki kesan tertentu terhadap toko yang sering memberikan rewards. Mengutip dari bisnis.com (8 Oktober 2018), data menunjukkan bahwa cashback menjadi alasan utama yang mempengaruhi masyarakat Indonesia untuk berbelanja di platform online, diikuti potongan harga di urutan kedua, dan promo bebas ongkos kirim di urutan ketiga.

Hasil data ini mempertegas daya tarik dari promo cashback yang bisa menjadi salah satu pilihan rewards yang berpotensi menarik pembeli potensial serta mengubah konsumen menjadi pelanggan setia.

Strategi cashback ini juga kerap digunakan oleh berbagai perusahaan fintech yang bergerak di bidang e-commerce. Salah satu perusahaan e-commerce yang menerapkan strategi cashback ini adalah Akulaku. Akulaku menerapkan strategi cashback untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen dalam mendapatkan barang impiannya dengan kredit yang aman.

Penerapan Strategi Cashback
Akulaku menerapkan strategi cashback di platform marketplace Bukalapak dengan memberikan cashback senilai Rp200.000 kepada konsumen. Cashback tersebut akan didapatkan jika konsumen melakukan transaksi jenis cicilan senilai Rp750.000. Strategi cashback ini juga berlaku untuk berbagai kategori yang ada di Bukalapak.

Program cashback yang diterapkan oleh Akulaku tentu menjadi salah satu strategi yang dapat dicontoh oleh pelaku bisnis lainnya agar bisnis yang dimiliki dapat semakin berkembang. Tetapi, strategi cashback yang sedang dijalankan juga membutuhkan sistem pendistribusian dana yang dikelola dengan baik agar dapat membantu strategi ini berjalan lancar. Pasalnya, jika pendistribusian dana cashback ini tidak berjalan dengan lancar, strategi ini akan gagal dan justru membuat dampak negatif bagi perusahaan tersebut,

Selain terhambatnya strategi cashback, jika Akulaku tidak memiliki sistem pendistribusian dana yang baik, kemungkinan laporan keuangan yang tidak lengkap atau bahkan terdapat kesalahan penulisan kepada mitra Akulaku sangat besar untuk terjadi. Hal ini juga dapat membuat kerja sama Akulaku dengan berbagai mitra menjadi kurang lancar.

Sistem Pendistribusian Dana sebagai Solusi
Jawaban dari tantangan dalam menjalankan strategi cashback untuk pelaku bisnis adalah menyediakan sistem pendistribusian dana yang aman dan terpercaya. Dengan penggunaan sistem pendistribusian dana yang aman, dana cashback konsumen dapat dikirimkan secara langsung ke banyak akun konsumen dalam satu waktu dan tentunya strategi ini dapat menarik lebih banyak konsumen untuk menggunakan layanan Akulaku.

Tidak hanya itu, Sistem pendistribusian dana yang berkualitas juga seharusnya memiliki sistem yang dapat mencatat berbagai transaksi secara akurat dan mendetail. Catatan transaksi yang akurat akan melancarkan kerja sama Akulaku dengan mitra Akulaku, dan mempermudah tim Akulaku ataupun mitra dalam membuat laporan keuangan.

Cari tahu informasi lebih lanjut mengenai sistem pendistribusian dana yang aman dan terpercaya di midtrans.com/iris