Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
11 Nov

Ini Dia Ramalan Mbah Laris, Simak Biar Tak Sesat Berbisnis!

Kristal Pancarwengi

by Kristal Pancarwengi

view694Views

Sudah ikutan kuis dari Mbah Laris? Jangan lupa catat jawabannya, ya. Jawaban Anda bisa dipakai untuk mengetahui kesuksesan bisnis Anda dalam beberapa tahun ke depan, lho. Kalau lupa-lupa ingat dengan pertanyaan dan jawabannya, nih, Mbah Laris ulangi kuisnya. Simak baik-baik, ya!

#1 Apa sih tantangan terbesar Anda saat berjualan?

  1. Susah bagi waktu dengan pekerjaan lain
  2. Sering salah saat rekap penjualan
  3. Males hitung laporan penjualan

#2 Seperti apa tipe pelanggan yang Anda hindari?

  1. Banyak tanya tapi gak jadi beli alias buang-buang waktu
  2. Bayar pake uang recehan
  3. Minta split bill sama temennya

#3 Apa hal yang ingin ditingkatkan pada toko Anda?

  1. Memberi pelayanan yang cepat pada pelanggan
  2. Lebih teliti dan mengurangi human error
  3. Kemudahan sistem operasional 

Ini Kata Mbah Laris …

ramalan-mbah-laris

Sudah kantongi semua jawabannya, kan? Yuk, kita cari tahu dulu apa kata Mbah Laris! Aturan mainnya, karakter Anda dalam berbisnis ditentukan berdasarkan jawaban paling dominan yang Anda pilih.

Jika jawaban yang paling mendominasi:

1. Si Paling Sibuk

Anda yang lebih banyak memilih jawaban A artinya masuk kategori Si Paling Sibuk. Biasanya tipe pengusaha semacam ini tidak cuma menggeluti satu bidang pekerjaan. Mereka tak ragu mencari atau bahkan menciptakan peluang sendiri, juga mencoba banyak strategi supaya usahanya bisa berkembang dengan cepat.

Si Paling Sibuk selalu punya target harian yang harus diselesaikan. Mereka tahu persis apa yang ingin dicapai dan bagaimana strateginya. Tahu cara menghargai waktu? Itulah mereka. Melayani pelanggan dan mengurus bisnis seorang diri juga bukan masalah baginya. Wow, keren juga, ya!

Namun, di balik semua sisi positif yang dimiliki, Si Paling Sibuk juga ternyata rentan merasa cemas, nih. Perasaan cemas yang dialami biasanya berkaitan dengan rencana jangka panjang bisnisnya. Adakah yang merasa seperti ini?

2. Si Paling Ceroboh

Mengantongi lebih banyak jawaban B? Waduh, Anda masuk ke tipe Si Paling Ceroboh, nih. Pengusaha-pengusaha dengan karakter seperti ini cenderung bersikap spontan dan jarang memikirkan rencana jangka panjang secara serius.

Dari luar, Si Paling Ceroboh biasanya terkesan tenang saat menghadapi masalah. Di sisi lain, mereka sebetulnya merasa panik dan tak jarang bersikap gegabah dalam mengambil keputusan bisnis tanpa pertimbangan yang matang. Akhirnya, bisnis jadi taruhan.

Karakter ini biasanya dimiliki oleh mereka yang baru terjun di dunia bisnis. Namun, tak perlu khawatir. Seiring waktu, Si Paling Ceroboh ini pelan-pelan bisa menghilangkan kebiasaannya dan berubah jadi lebih baik. Percaya, deh, sama Si Mbah!

3. Si Paling Anti Ribet

Siapa nih yang punya jawaban dominan C? Artinya Anda masuk tipe pengusaha Si Paling Anti Ribet! Namanya juga anti ribet, mereka adalah orang-orang yang ogah ribet alias cenderung menyukai hal-hal yang praktis dan menghindari masalah.

Dalam berbisnis, mereka lebih suka cari aman dengan tidak mengambil keputusan yang berisiko tinggi. Soal pengelolaan bisnis pun mereka cenderung memilih cara-cara yang to the point. Si Paling Anti Ribet juga kurang menyukai kolaborasi brand alias lebih senang menjalani usaha sendiri.

Selama omzet stabil dan tidak ada masalah, semua sudah cukup. Yang penting bisnis jalan! Begitu prinsipnya.

Menariknya, Si Paling Anti Ribet ini biasanya tidak pelit, lho. Mereka bersedia mengeluarkan modal lebih untuk mendukung kelancaran usaha. Misalnya membeli mesin produksi, menyediakan alat pembayaran yang lengkap, hingga hal-hal lain yang berkaitan dengan pemenuhan kesejahteraan karyawannya. Anda begini juga?


Apa yang Bisa Anda Lakukan?

Kalau kata Mbah Laris, “Punya bisnis itu harus pinter. Biar yang punya sama pelanggannya sama-sama senang.” Setuju, dong?

Masih kata Mbah Laris, ada satu karakter paling unggul di antara yang lainnya. Namanya “Si Juara”. Siapakah dia? Si Juara ini adalah mereka yang bisa mengatasi semua kekurangan yang ada pada tiga karakter lainnya. Anda tentu mau, dong, jadi Si Juara?

Bagaimana menjadi Si Juara dalam bisnis? Saran dari Mbah Laris adalah menyediakan pilihan pembayaran yang praktis dan beragam. Ingat, pilih yang aman dan anti-repot seperti Midtrans. Kenapa Midtrans?

  • Tersedia 25 metode pembayaran, mulai dari kartu debit, kredit, transfer bank, e-Money, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Proses pembayaran dalam jumlah banyak hanya hitungan detik dengan mengutamakan keamanan serta kenyamanan bagi Anda dan pelanggan.
  • Proses integrasi mudah dan cepat dilengkapi dengan dokumentasi teknis lengkap, mulai dari plugin yang siap digunakan hingga integrasi API.

Selalu ingat nasihat “tidak ada yang tidak mungkin selama kita mau berusaha”. Ini juga berlaku di dunia bisnis. Mau usaha maju pesat atau justru jalan di tempat? Pilihan di tangan Anda!

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail