Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
01 Jul

Pembaruan Plugin Midtrans di Shopify

Digital Marketing Midtrans

by Digital Marketing Midtrans

view7833Views

Pandemi Covid-19 menyebabkan pergeseran besar-besaran pada pola belanja konsumen, dari belanja offline ke online. Di Indonesia, penggunaan aplikasi belanja online tercatat melonjak hingga 300%. Masyarakat kini membeli mayoritas kebutuhan, mulai dari bahan pokok hingga kebutuhan sekunder dan tersier, secara online. Peningkatan ini juga dirasakan oleh salah satu e-commerce platform terbesar di dunia, Shopify. Di kuartal pertama 2020, Shopify mengumumkan peningkatan revenue 47% dibanding kuartal pertama 2019. Peningkatan ini disebabkan meningkatnya jumlah subscription. Peningkatan subscription memperlihatkan banyaknya pelaku bisnis yang memindahkan bisnisnya ke kanal online sebagai dampak pembatasan sosial.

Melihat fenomena ini, Midtrans berupaya turut mendukung kelancaran bisnis merchant, terutama yang menggunakan Shopify, melalui pembaruan plugin Midtrans di Shopify. Pembaruan plugin ini dilakukan dengan menambah beberapa fitur pintar dan meningkatkan performa secara signifikan.

Fitur Baru

  1. Smart inventory logic
    Fitur ini akan mencegah fenomena overselling, dimana penjual menerima pembayaran untuk stok barang yang sebenarnya sudah dibeli oleh pelanggan lain namun masih menunggu pembayaran.
    Contoh : pelanggan A & B melakukan checkout di waktu hampir bersamaan untuk pembelian produk X, namun stok hanya tersisa 1. Sistem akan secara otomatis menyesuaikan sisa stok sehingga pelanggan B tidak dapat menyelesaikan pembayaran.
  2. Tampilkan metode pembayaran
    Anda dapat menampilkan semua metode pembayaran yang diinginkan pada proses checkout.
  3. Fasilitas cicilan
    Kini Anda bisa menawarkan opsi cicilan kartu kredit ke pembeli
  4. Manajemen pembayaran dari dasbor Shopify
    Untuk melakukan pembatalan transaksi dan pengembalian dana, Anda tidak perlu keluar dari dashboard Shopify, semuanya bisa dilakukan di plugin Midtrans di dalam Shopify

Peningkatan Kapasitas

  1. Kecepatan
    Pembaruan teknologi yang kami lakukan mampu meningkatkan kecepatan proses transaksi Midtrans di Shopify hingga 10 kali lebih cepat dari sebelumnya.
  2. Pengaturan kapasitas otomatis
    Sistem mampu mendeteksi peningkatan load transaksi Anda kemudian secara otomatis menyesuaikan alokasi kapasitas. Hal ini mencegah masalah yang biasanya muncul di masa flash sale, Harbolnas, dan momen high traffic lainnya.

Selain itu, kami juga melakukan beberapa perbaikan pada beberapa bug kecil yang sebelumnya terjadi, seperti status transaksi, sinkronisasi, dan lainnya.
Jika Anda sudah menggunakan plugin Midtrans di Shopify, plugin Anda sudah otomatis terbarui. Silakan pelajari cara aktivasi berbagai fitur di atas.
Untuk pertanyaan atau bantuan, silakan sampaikan melalui email ke support@midtrans.com.