Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
27 Nov

9 Contoh Produk Digital yang Cocok Dijadikan Peluang Bisnis

Yovita

by Yovita

view12559Views

Membuat atau menyediakan produk digital bisa jadi salah satu ide bisnis yang cocok untuk Anda. Jenis produk bisnis ini memang mulai berkembang pesat sekitar 10 tahun terakhir. Ada beberapa contoh produk digital yang mungkin bisa menginspirasi Anda. 

Pada dasarnya, produk digital adalah segala jenis produk tidak berwujud. Segala bentuk penggunaan dan transaksi produk ini terjadi secara elektronik, seperti foto, video, atau musik yang disebarkan di platform digital. 

Intinya, apa pun yang dapat diunduh dan digunakan secara digital bisa dianggap sebagai produk digital. Katakanlah Anda mengakses informasi dari sebuah website atau postingan media sosial. Nah, website atau postingan tersebut sudah bisa disebut sebagai produk digital.


Keuntungan Berbisnis Produk Digital

Dilihat dari kacamata pebisnis, berjualan produk digital sangat menguntungkan jika dilakukan dengan tepat. Berikut beberapa keuntungan yang Anda dapatkan dengan membuka bisnis produk digital:

  • Jangkauan pasar lebih luas
  • Hemat biaya
  • Cocok untuk menjadi sumber penghasilan pasif 
  • Margin keuntungan tinggi
  • Tipe produk sangat beragam
  • Produk digital bisa bertahan selamanya
  • Tidak pernah kehabisan stok

Baca juga: 4 Keuntungan Menjual Produk Digital Secara Online


Contoh Produk Digital

contoh-produk-digital

Beberapa keuntungan tersebut seharusnya sudah cukup jadi pertimbangan Anda untuk berjualan produk digital. Sebagai bahan pertimbangan lanjutan, berikut beberapa contoh produk digital yang cocok dijadikan bisnis!

1. E-book

Contoh produk digital yang mungkin paling sering dijumpai adalah e-book atau buku elektronik. Anda mungkin cukup sering menggunakan e-book untuk berbagai keperluan. E-book mudah diproduksi dan mudah dibuat, sehingga cocok untuk Anda yang baru mulai berbisnis.

Meski disebut buku elektronik, dalam hal ini buku yang dimaksud bukan seperti buku fisik yang Anda pikirkan. E-book bisa menjadi media yang tidak terbatas untuk berbagai ide jualan Anda, seperti resep memasak, tutorial, cerita anak, pelatihan bisnis, dan semacamnya.

2. Aplikasi

Contoh produk digital berikutnya yang bisa jadi pilihan jualan Anda adalah aplikasi. Aplikasi dalam hal ini bisa jadi aplikasi untuk Windows atau Mac OS, bisa juga aplikasi untuk ponsel pintar dalam sistem Android atau iOS.

Ide produk digital ini sangat cocok jika Anda adalah seorang software engineer atau punya ide produk yang cemerlang. Contohnya, Anda bisa membuat aplikasi manajemen keuangan untuk pengguna berbahasa Indonesia dan menggunakan pendekatan untuk publik Indonesia.

3. Game

Siapa yang tidak pernah bermain game? Saat ini, sebagian besar penduduk Indonesia sudah memiliki smartphone. Jadi, hampir semua orang punya akses untuk bermain game di HP mereka.

Memang, Anda juga bisa membuat game untuk PC, tapi saat ini pengguna HP lebih banyak sehingga lebih mudah menjangkau pasar Anda. Berikut beberapa contoh mobile game buatan Indonesia yang cukup populer:

  • Citampi Stories
  • Battle of Satria Dewa
  • Mini Race Adventures
  • Lokapala
  • Tebak Gambar

Baca juga: Tingkatkan Peluang Bisnis Online dengan 5 Tips Ini

4. Musik

Anda mungkin sudah akrab menggunakan platform digital untuk berbagi musik, seperti Spotify, YouTube Music, Apple Music, dan semacamnya. Nah, musik yang dibagikan dalam platform-platform tersebut bisa disebut sebagai produk digital.

contoh-produk-digital-(3)

5. Kursus online

Kursus atau pelatihan online juga bisa jadi ide produk digital untuk Anda. Sekitar dua tahun terakhir, di Indonesia mulai ramai pelatihan-pelatihan digital marketing atau bootcamp digital marketing. Fenomena ini adalah salah satu contoh produk digital.

Menariknya, kursus atau pelatihan online dalam hal ini tidak terbatas. Anda bisa membagikan apa pun yang memiliki nilai, seperti pelatihan bahasa Inggris, pelatihan stand up comedy, atau bahkan pelatihan memasak.

6. Foto dan video

Foto dan video adalah bentuk produk digital yang mudah dinikmati. Setiap kali Anda membuka YouTube, TikTok, atau Instagram, Anda telah mengakses produk digital dari pihak lain. Nah, Anda bisa mengubah posisi menjadi kreator dengan mulai membuat foto-foto atau video untuk dibagikan.

7. Desain

Jasa desain juga termasuk salah satu contoh produk digital. Desain dalam hal ini mencakup desain grafis, desain interior, desain arsitektural, dan semacamnya. Intinya, jika desain tersebut dikemas secara digital dan dipasarkan secara digital, Anda sudah menjadi salah satu kreator produk digital.

8. Online tools

Sekilas online tools mirip dengan aplikasi atau software, tapi ada perbedaan tipis soal kegunaannya yang lebih spesifik. Sebagai contoh, Anda bisa menjual online tools yang memfasilitasi tugas tertentu, seperti absensi online, kasir online, dan semacamnya.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan

9. Template

Selanjutnya, berjualan template bisa jadi ide produk digital yang bagus dan belum banyak pesaing. Contohnya, Anda bisa membuat dan menjual template Powerpoint, Adobe Photoshop, atau bahkan Adobe Premiere. 


Demikian beberapa contoh produk digital yang cocok dijadikan bisnis dan bisa jadi inspirasi Anda. Berbisnis akan semakin mudah jika didukung dengan sistem pembayaran yang tidak rumit, misalnya Payment Link dari Midtrans.

Dengan menggunakan Payment Link, Anda dapat menerima pembayaran produk hanya dengan membuat dan membagikan tautan. Tautan atau link tersebut dibagikan ke pembeli untuk memudahkan mereka melakukan pembayaran. 

Midtrans dirancang untuk otomatis merekam setiap transaksi, jadi Anda tidak perlu mencatat transaksi secara manual. Anda bisa memanfaatkan semua integrasi Midtrans secara gratis, mulai dari layanan pembayaran online, pembayaran di toko offline, hingga fitur transfer dana dari Midtrans ke mana saja. Yuk, manfaatkan berbagai fitur yang disediakan Midtrans untuk dukung bisnis produk digital Anda!

payment-link

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail