Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
13 Feb

Apa yang Anda Perlu Ketahui Sebelum Memiliki Kartu Kredit

Veritrans Indonesia

by Veritrans Indonesia

view2572Views

Kartu Kredit

Berbagai macam kemudahan dan kenyamanan dirasakan oleh pemegang kartu kredit baik dalam setiap transaksi online maupun offline. Namun bagi sebagian orang, kartu kredit bisa menjadi masalah yang membuat mereka terjerat dalam kebiasaan ‘berhutang’ dan tagihan yang membengkak. Perlu dicatat bahwa penggunaan kartu kredit tergantung dari kebijakan dan gaya hidup setiap pemegangnya. Karena tujuan bank dalam memberikan kartu kredit selain untuk meningkatkan laba juga memberikan kemudahan dalam bertransaksi tanpa harus membawa cash dalam jumlah besar.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan kartu kredit sebaiknya Anda ketahui alasannya mengapa kartu kredit dapat bermanfaat dalam hidup Anda seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  • Kartu kredit selalu memberikan keuntungan seperti cash back reward dan bunga cicilan hingga 0%. Selain itu bank pun selalu memberikan poin yang dapat Anda kumpulkan setiap transaksi. Poin tersebut dapat Anda tukarkan dengan hadiah atau penawaran menarik lainnya. Meskipun kedua hal tersebut merupakan strategi marketing, namun setiap bank berusaha memberikan tidak hanya kemudahan juga keuntungan bagi pemegang kartu kredit.

  • Kartu kredit memberikan jaminan dan perlindungan terhadap uang Anda ketika melakukan transaksi seperti mengembalikan uang Anda jika jumlah transaksi tidak sesuai. Sehingga Anda memiliki kuasa penuh terhadap setiap transaksi dan mengurangi kesalahan di dalamnya.

  • Jika Anda sering bepergian menggunakan pesawat, sebaiknya gunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran. Karena kartu kredit selalu memberikan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga normal terutama ketika sedang ada promo menggunakan kartu kredit tersebut.

  • Anda suka Online Shopping? Banyak online shop yang menawarkan diskon jika Anda berbelanja menggunakan kartu kredit tertentu dibandingkan dengan menggunakan debit atau transfer. Misalnya program ‘Happy Friday with Visa’ yang dilakukan oleh beberapa toko online seperty Berrybenka, PinkEmma dan Traveloka yang memberikan diskon bagi setiap pemegang kartu kredit berlogo Visa. Jika Anda tertarik untuk mengetahui berbagai promo online shop setiap minggunya, cek artikel megenai Promo Online shop setiap minggu.

  • Jika Anda menyukai travelling ke luar negeri, Anda tidak perlu repot untuk menukarkan uang dengan mata uang asli negara tujuan. Cukup menggunakan kartu kredit berlogo Visa dan MasterCard maka transaksi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun Anda berada.

Setelah Anda mengetahui alasan di atas, sebaiknya gunakan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya jika Anda seorang pelajar sebaiknya gunakan kartu kredit yang memberikan keuntungan banyak dan bunga yang rendah karena Anda belum memiliki sumber pendapatan yang pasti.

Namun, Anda tidak perlu khawatir cukup dengan berkonsultasi dengan pihak bank mengenai layanan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya kartu kredit BCA dan kartu kredit BNI yang memberikan kartu kredit bagi semua kalangan dengan segala kebutuhannya. Kini, Anda tidak perlu ragu untuk menggunan kartu kredit dalam kegiatan transaksi Anda bukan?

Sumber : Forbes