Limited offer! Activate ShopeePay via Midtrans now & get 30% bonus cashback for your customer.

Learn More
11 Dec

Antisipasi Harbolnas Besok, Ini Dia Beberapa Fakta Menarik dari Harbolnas 2018

by Digital Marketing Midtrans

22Views

Midtrans_11-Desember_Blog-isi

Sejak tahun 2012, Harbolnas atau hari belanja online nasional secara rutin diadakan tiap tahun, dan berbagai e-commerce dan juga merk ternama turut ikut memeriahkan acara ini. Selama enam tahun terakhir, Harbolnas berhasil memberikan kontribusi yang cukup tinggi bagi kemajuan satu bisnis ataupun bagi perekonomian Indonesia. Jumlah transaksi, pengunjung, dan produk yang dijual adalah beberapa hal penting yang kerap menjadi sorotan setiap kali Harbolnas digelar. Selain itu, Harbolnas di berbagai marketplace dan e-commerce juga selalu memiliki inovasi dan perkembangan yang berguna bagi pemilik bisnis. Menjelang Harbolnas 2019, ketahui beberapa fakta penting berikut yang dapat dijadikan pertimbangan atau referensi dalam menyukseskan Harbolnas 2019 besok.

Fakta penting pertama dari Harbolnas tahun lalu adalah jumlah transaksi yang mencapai Rp6,8 triliun. Selama 6 tahun acara Harbolnas diadakan, jumlah tersebut adalah jumlah transaksi paling tinggi dari seluruh jumlah transaksi yang ada selama acara Harbolnas berlangsung. Meskipun jumlah ini tidak belum mencapai target yang ditentukan, yaitu Rp7 triliun, jumlah ini adalah suatu pencapaian yang sangat baik. Menjelang Harbolnas 2019 besok, Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Ignatius Untung menargetkan transaksi Harbolnas tahun 2019 dapat meningkat lagi dari tahun-tahun sebelumnya.

Dikutip dari ekonomi.bisnis.com, Untung mengatakan bahwa jumlah transaksi Harbolnas 2019 besok diharapkan dapat mencapai Rp7,8 triliun. Dilihat dari tahun 2017, transaksi Harbolnas tahun lalu meningkat Rp2,1 triliun, dan bukan tidak mungkin, jumlah transaksi pada Harbolnas 2019 besok akan lebih tinggi dan melebihi target.

Selain jumlah transaksi, lalu lintas data pengunjung marketplace dan e-commerce juga menjadi fakta penting yang disorot berbagai pemilik bisnis. Lalu lintas data pengunjung Blibli.com meningkat hingga 35 kali lipat selama acara Harbolnas berlangsung. Lebih lanjut, Kepala divisi Public Relations Blibli.com, Yolanda Nainggolan, menjelaskan bahwa 75% pelanggan yang mengikuti Harbolnas adalah kaum milenial. Selain Blibli.com, marketplace lain nya yang juga merasakan tingginya lalu lintas data pengunjung saat acara Harbolnas adalah JD.ID. Dikutip dari liputan6.com, lalu lintas data pengunjung marketplace dan e-commerce JD.ID meningkat hingga 406% dibandingkan Harbolnas tahun lalu. Tidak hanya itu, jumlah pesanan di marketplace JD.ID juga melonjak hingga 826% dari Harbolnas tahun lalu. Jika dilihat dari dua marketplace ini, Harbolnas tentu memiliki dampak yang cukup signifikan bagi kemajuan satu marketplace, dan tentunya hal ini juga membantu banyak bisnis berkembang lebih besar lagi. Tidak hanya itu, dengan meningkatnya jumlah pengguna Internet di Indonesia di tahun 2019, jumlah lalu lintas data pengunjung marketplace dan e-commerce ini tentu dapat terus meningkat dari tahun lalu.

Fakta penting ketiga dari Harbolnas tahun lalu adalah meningkatnya jumlah penggunaan dompet elektronik di platform e-commerce. Dompet elektronik ternyata tidak hanya memudahkan konsumen untuk kebutuhan transportasi ataupun makanan tetapi juga kegiatan berbelanja. Dikutip dari merdeka.com, penggunaan dompet elektronik sebagai pilihan pembayaran konsumen meningkat 4% dari tahun 2017. Jika sebelumnya penggunaan dompet elektronik mencapai angka 11%, di tahun 2018 penggunaan dompet elektronik menjadi 15%. Peningkatan ini juga dapat dilihat sebagai peluang bagi pelaku bisnis untuk menghadirkan pilihan pembayaran dompet elektronik di bisnis mereka.

Dari tiga fakta di atas, jumlah transaksi, lalu lintas data pengunjung marketplace dan e-commerce, dan penggunaan dompet elektronik menjadi tiga hal penting yang harus diketahui pelaku bisnis. Tiga hal penting di atas juga dapat didukung dengan kelancaran bertransaksi di berbagai e-commerce atau marketplace karena kelancaran bertransaksi dapat memengaruhi jumlah transaksi, lalu lintas data pengunjung marketplace dan e-commerce, dan penggunaan metode pembayaran baru yang dapat menjangkau lebih banyak konsumen.


Lalu, bagaimana menghadirkan kelancaran bertransaksi saat Harbolnas besok? Klik midtrans.com untuk tahu info selengkapnya.