Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
04 Mar

8 Contoh Ide Jualan Modal Kecil dan Cara Memulainya

midtrans

by midtrans

view137Views

ide-jualan-modal-kecil
Beberapa dari kita mungkin kurang suka dengan konsep bekerja di bawah tekanan orang lain sehingga membuka bisnis sendiri terdengar lebih masuk akal. Merintis usaha sendiri memang menawarkan berbagai macam keuntungan, salah satunya Anda tidak perlu bekerja di bawah aturan orang lain.

Akan tetapi, beberapa orang masih takut bahwa membuka bisnis sendiri harus mengeluarkan banyak modal. Hal itu tentu bergantung dari seberapa besar bisnis yang ingin Anda bangun dan sektor apa yang sedang Anda dalami. Jika ingin memulai usaha dengan modal yang lebih minim, berikut delapan ide jualan modal kecil selengkapnya untuk Anda!

Cara Mulai Berjualan dengan Modal Kecil dengan 4P Marketing Mix

Sebelum mengetahui apa saja ide jualan modal kecil yang memungkinkan untuk Anda, ketahui dulu bahwa adanya strategi pemasaran itu penting untuk mendukung keberhasilan perusahaan dan juga produk yang Anda jual. Salah satu teori tentang strategi marketing yang banyak dipakai dalam bisnis adalah 4P Marketing Mix.

4P Marketing Mix adalah strategi pemasaran yang menitikberatkan pada empat hal, yaitu product, place, price, dan promotion. Sehingga, bisa dibilang bahwa dalam menjalankan usaha, Anda tidak hanya harus berfokus pada kualitas barang saja, melainkan juga tempat penjualan, harga yang ditetapkan, hingga strategi promosi yang Anda pakai. Mari lihat penjelasan lebih lengkapnya!

  • Product

Bicara tentang produk, ada tiga hal yang mesti Anda ketahui betul sebelum memulai sebuah usaha. Tiga hal tersebut akan dijelaskan lebih lengkap pada poin-poin berikut.

  • Tentukan model bisnis yang akan dijalani

Model bisnis adalah hal pertama yang seharusnya Anda pikirkan. Apakah Anda akan menjual barang atau jasa? Jika barang, apa yang ingin Anda jual? Begitu pula sebaliknya. Menentukan model bisnis di awal memang akan sangat berpengaruh terhadap perjalanan bisnis Anda di masa mendatang. Sebab, ini akan memengaruhi seberapa besar modal yang Anda butuhkan, siapa supplier yang tepat, di mana sebaiknya produk atau jasa tersebut dipasarkan, dan strategi pemasaran apa yang akan dipakai. Intinya, ini adalah keputusan mendasar untuk memulai usaha.

  • Riset pasar untuk validasi ide

Setelah menentukan model bisnis yang Anda jalankan, Anda tentu perlu melakukan riset pasar. Bagaimana jika produk atau jasa yang Anda pikirkan tadi punya kualitas yang baik dan ideal, tapi ternyata tidak dibutuhkan oleh pasar atau pasar kurang meminatinya? Pada akhirnya, bisnis Anda tetap harus menghasilkan keuntungan, bukan?

Berbisnis yang sesuai passion memang penting karena itu akan membantu Anda dalam menjalani hari demi hari. Belajar tentang hal yang Anda sukai tentu terasa lebih menyenangkan daripada sebaliknya. Akan tetapi, sekali lagi, sesuatu yang Anda senangi atau Anda anggap penting belum tentu demikian di mata konsumen.

Riset pasar dapat Anda lakukan dengan cara menyebarkan kuesioner ke orang-orang di sekitar Anda. Tanyakan pada mereka, apakah mereka butuh produk atau jasa yang akan Anda jual? Jika mereka merasa perlu, Anda bisa segera mewujudkan ide tersebut. Namun, apabila ide Anda tidak mendapatkan validasi yang cukup dari pasar, sebaiknya ganti ide dan model bisnis Anda.

  • Pelajari strategi kompetitor

Tahapan berikutnya yang penting setelah mempertimbangkan orang-orang sekitar adalah mempelajari persaingan di bidang yang sama. Anda tentu bukan orang pertama yang akan mendirikan usaha di sektor tersebut. Sudah banyak kompetitor lain yang menjalani rangkaian prosesnya lebih dulu.

Melihat banyaknya perusahaan atau bisnis yang sudah beroperasi lebih dulu, Anda tidak boleh berkecil hati, melainkan cobalah untuk mempelajari kesuksesan mereka. Mengapa mereka bisa sukses? Anda boleh memperkirakan strategi-strategi apa yang sekiranya mereka pakai untuk memperoleh keuntungan sebesar itu.

Jika ide Anda adalah sesederhana menjual burger di pinggir jalan, coba amati para pelaku usaha di bidang yang sama. Apakah penjual burger sebelumnya menawarkan hal selain burger itu sendiri? Mungkin ada di antara mereka yang juga menjual minuman atau menawarkan fasilitas berupa beberapa bangku dan meja untuk dine in. Pelajari dan temukan formula yang terbaik untuk Anda.

  • Place

Setelah mempertimbangkan soal produk, kini saatnya untuk mempertimbangkan tentang kelayakan tempat. Simak detail penjelasannya di bawah ini!

  • Dapatkan izin usaha di lokasi yang strategis

Para pelaku usaha pasti tahu bahwa membuka bisnis tidak bisa serta-merta membukanya. Anda perlu izin usaha yang mungkin terdiri dari beberapa jenis. Proses mengurus izin usaha ini mungkin juga membutuhkan waktu cukup lama. Maka dari itu, pastikan izin usaha Anda sudah beres sebelum memutuskan untuk menyewa tempat atau memulai langkah lainnya.

Setelah memperoleh izin usaha, Anda mungkin ingin mendirikan usaha di suatu tempat yang strategis. Pahami bahwa izin usaha di lokasi tersebut juga diperlukan sehingga Anda akan memerlukan waktu lagi untuk mengurusnya. Untuk bisnis yang dapat menimbulkan dampak bagi lingkungan sekitar, Anda pun perlu mengajukan izin lingkungan sebelum beroperasi.

  • Perluas jangkauan bisnis dengan platform digital

Kemajuan teknologi telah membawa kita ke era digital yang serba-cepat. Namun, ada sisi baik di balik hal ini karena bisnis Anda bisa dipromosikan lebih sering dengan strategi digital marketing. Pada dasarnya, ini adalah teknik mempromosikan produk atau jasa dengan memanfaatkan platform digital, seperti e-commerce, social media, website, dan lain-lain.

Selain menggunakan platform-platform tersebut, Anda pun perlu meng-upgrade metode pembayaran sehingga pelanggan dapat melunasi transaksi tanpa perlu datang ke lokasi. Untungnya, kini ada Online Payment Midtrans yang dapat menerima pembayaran online dari berbagai sumber hanya dengan satu akun saja.

Baca juga: 6 Taktik Membuat Customer Anda Membeli Lagi dari Toko Anda

  • Price

Harga adalah hal yang teramat penting dalam menjalankan usaha. Apa pun keputusan yang Anda ambil harus didasarkan pada budget, begitu juga dengan konsumen. Maka, ini tidak boleh terlewat.

  •  Periksa kecukupan modal

Modal adalah senjata utama dalam menjalankan bisnis. Tanpa modal, Anda tidak bisa menawarkan produk atau jasa yang toko Anda jual. Modal juga yang akan memengaruhi seberapa cepat pertumbuhan usaha Anda di kemudian hari. Misalnya, dengan modal yang lebih banyak, Anda akan memiliki cabang usaha yang lebih banyak di awal.

Kecukupan modal ini bisa Anda sesuaikan dengan model bisnis yang ingin Anda jalankan. Lalu, kumpulkan dana dengan cara menabung, mengumpulkan uang dari anggota keluarga lainnya, atau mengajukan kredit tanpa agunan ke bank. Namun, sebaiknya Anda hindari mencari modal usaha dengan cara mengajukan pinjaman, ya!

  • Tetapkan strategi menentukan harga jual

Setelah memperoleh modal usaha yang cukup untuk menjalankan usaha, Anda perlu menetapkan harga terbaik pada setiap barang atau jasa yang Anda jual. Sebelum menetapkan harga, pastikan Anda tahu betul soal harga produk tersebut di beberapa bisnis kompetitor. Lalu, jangan lupakan untuk mempertimbangkan value yang Anda berikan, misalnya seperti pemilihan bahan, lokasi bisnis, hingga fasilitas yang ada di toko Anda.

  • Promotion

Poin terakhir yang menjadi bagian dari 4P Marketing Mix adalah promosi. Artinya, bisnis yang baik perlu dipasarkan dengan baik pula supaya konsumen mengenal dan mengingat identitas Anda.

  • Manfaatkan kekuatan media social marketing

Dalam rangka mempromosikan usaha, kini Anda tidak perlu mencetak brosur dan berbagai metode marketing tradisional lainnya. Cukup manfaatkan kekuatan media sosial yang dapat menjadi metode marketing canggih di era digital seperti sekarang ini. Beberapa strategi marketing yang bisa Anda pakai untuk bisnis adalah dengan membuat konten secara rutin hingga menggaet influencer ternama untuk mempromosikan produk Anda.

  • Tawarkan diskon untuk metode pembayaran tertentu

Tips selanjutnya yang dapat menyukseskan upaya promosi bisnis Anda adalah dengan menawarkan diskon untuk metode pembayaran tertentu, seperti paylater, credit card, dan lain sebagainya. Promosi semacam ini tentunya dapat memancing minat konsumen supaya membeli di tempat Anda. Akan tetapi, pastikan dulu bahwa metode pembayaran yang Anda sediakan mendukung berbagai macam pilihan tersebut.

  • Sediakan bundle produk khusus

Strategi promosi berikutnya yang dapat Anda coba adalah dengan menyediakan produk bundle. Produk bundle artinya Anda menjual dua produk sekaligus dengan harga yang lebih murah daripada ketika dua produk tersebut dijual secara terpisah. Strategi ini dapat memancing keinginan konsumen untuk membeli barang di tempat Anda sehingga produk bundle mungkin akan berjalan lancar di awal Anda memulai usaha.

Baca juga: Gamification dalam Digital Marketing: Apa dan Bagaimana Penerapannya?

Ide Jualan Modal Kecil yang Menguntungkan

Nah, setelah mengetahui panduan lengkap tentang 4P Marketing Mix, sekarang saatnya mencari tahu apa saja ide jualan modal kecil yang bisa Anda lakukan. Berikut penjelasannya untuk Anda!

  • Jasa titip barang dari bazaar

Bisnis pertama yang bisa Anda coba adalah dengan menjual jasa titip barang dari bazaar. Karena menawarkan jasa, usaha semacam ini tentunya membutuhkan modal sedikit dibandingkan dengan Anda menjual barang. Bahkan, Anda bisa menerapkan sistem bayar di awal untuk menghindari pembengkakan pengeluaran. Sertakan juga biaya jastip yang dapat Anda tetapkan per item.

  • Dropshipping

Dropshipping merupakan model usaha yang dilakukan dengan cara menjual ulang produk dari pelaku usaha lain. Akan tetapi, pembeli tidak tahu apabila produk yang Anda tawarkan itu bukan dari bisnis Anda sendiri. Sebab, nama pengirimnya nanti akan tetap menyertakan nama Anda.

Teknik ini sudah bisa Anda lakukan di e-commerce. Saat akan checkout barang, Anda bisa mencentang model pengiriman sebagai dropshipper. Dengan begitu, nantinya penerima akan memperoleh paket dari nama toko Anda.

Keuntungan menjalankan bisnis ini adalah Anda tak perlu memulainya dengan menyewa sebuah toko. Anda juga tidak harus menyiapkan modal banyak karena transaksi baru berhasil setelah pembeli menyerahkan sejumlah dana.

  • Kursus online

Kursus online juga menjadi salah satu ide jualan modal kecil. Sebab, pelaku usaha ini biasanya sudah memiliki basic skill yang akan ditawarkan. Perangkat pendukung lainnya antara lain laptop dan papan tulis atau pen tab untuk mengajarkan beberapa materi soal rumus. Anda mungkin perlu meningkatkan kualitas internet di rumah supaya kelas online berjalan lancar.

  • Hampers custom

Bisnis hampers juga sangat menarik untuk dicoba. Di Indonesia kita sering memberi barang pada orang-orang tercinta saat momen spesial, misalnya Idulfitri, ulang tahun, atau Natal. Anda dapat memanfaatkan saat-saat tersebut untuk menjual hampers dadakan. Bahkan, jika Anda menjual makanan di hari-hari biasa, Anda boleh menawarkan pemesanan hampers custom untuk pelanggan.

Supaya Anda tidak mengeluarkan banyak modal di awal, cobalah untuk menetapkan sistem pre-order. Sehingga orang yang akan membeli produk Anda harus melunasi pembayaran terlebih dahulu. Anda bisa promosikan usaha ini di media sosial dan e-commerce sehingga pelanggan pun bisa memanfaatkan keuntungan yang ditawarkan oleh platform tersebut, misalnya gratis ongkir.

  • Bazaar atau toko barang preloved

Bazaar atau toko barang preloved juga menjadi model usaha yang digemari sekarang ini. Banyak orang yang mulai enggan membeli produk-produk baru setiap saat karena dinilai sangat mencemari lingkungan dan boros. Lalu, konsumen mulai memanfaatkan event-event bazaar atau mendatangi thrift shop untuk mendapatkan barang lawas dengan kualitas yang baik.

Anda bisa memulai usaha ini dengan modal minim karena barang yang Anda beli kemungkinan memiliki harga yang rendah. Hal yang penting adalah bagaimana Anda membangun identitas produk Anda, mulai dari appearance-nya di media sosial hingga tampilan butik Anda. Pastikan bahwa setiap pakaian memiliki label atas nama brand Anda.

  • Jasa desain digital

Menyediakan jasa adalah salah satu langkah cerdik untuk memulai ide jualan modal kecil. Anda bisa memanfaatkan skill yang Anda miliki, salah satunya sebagai desainer. Jika Anda mempunyai kemampuan di bidang tersebut, akan lebih baik jika Anda mulai membuat portofolio. Lalu, sebarkan portofolio itu di akun media sosial sekaligus channel e-commerce Anda.

Supaya usaha Anda bisa menjangkau lebih banyak target market, coba tawarkan jasa ilustrasi untuk ulang tahun seseorang. Anda boleh melukisnya secara manual atau menggunakan software yang sudah Anda geluti selama ini. Lalu, tawarkan juga paket ilustrasi yang dikirim sekaligus dengan bingkainya.

  • Reseller

Sedikit berbeda dengan dropshipper, reseller bekerja untuk menjual kembali produk dari perusahaan sebelumnya. Namun, di sini Anda mesti membeli produknya terlebih dahulu. Sehingga, Anda mungkin butuh dana lebih banyak untuk membeli stok barang. Jika kuantitasnya cukup banyak, kemungkinan Anda harus menyediakan tempat untuk gudang penyimpanan. Ini tentu akan memakan lebih banyak biaya dibandingkan dengan dropshipping. Akan tetapi, pelanggan bisa segera mendapatkan produknya karena ready stock.

  • Snack rumahan

Bisnis makanan memang menjadi ide jualan modal kecil yang sudah jadi rahasia umum. Untuk memulainya, Anda bisa menjual beberapa jenis snack rumahan, seperti keripik jagung, kacang mede, kerupuk pedas, basreng, dan lain sebagainya. Jika Anda tidak punya keahlian memasak atau mengolah makanan, belilah snack kiloan dan pisahkan dalam kemasan yang lebih kecil. Lalu, promosikan secara online dan tawarkan layanan pengantaran supaya pelanggan makin betah belanja di tempat Anda.

Baca juga: 8 Cara Mencari Ide Produk yang Bisa Dijual Online

Untuk memulai ide jualan modal kecil, pahami betul soal 4P Marketing Mix yang sudah dijelaskan di atas. Jangan lupa untuk memfasilitasi pelanggan dengan metode pembayaran terbaik agar mereka tidak ragu saat akan checkout barang di tempat Anda. Fitur canggih yang dapat mempermudah transaksi online Anda adalah Online Payment Midtrans. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga untuk merasakan manfaatnya!
midtrans_UTM-Banner

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail