Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
17 Apr

5 Tips Menulis Meta Description untuk Meningkatkan Traffic Website

Digital Marketing Midtrans

by Digital Marketing Midtrans

view3041Views

5 Tips Menulis Meta Description untuk Meningkatkan Traffic Website

Sebagai pemilik atau pengelola website, tentu Anda menginginkan traffic website Anda meningkat bukan? Salah satu cara meningkatkan traffic website adalah dengan menggunakan meta description. Secara umum, meta description dapat diartikan sebagai informasi singkat yang ditampilkan pada link mesin pencari. Lantas, bagaimana membuat meta description yang baik? Berikut tipsnya yang bisa Anda simak.

Gunakan keyword

Tidak memasukkan keyword dalam meta description adalah kesalahan besar. Hal ini dikarenakan keyword merupakan hal mendasar yang paling penting untuk menampilkan website Anda di halaman mesin pencarian. Sebaiknya Anda cari dan gunakan keyword yang memiliki volume besar dalam mesin pencarian, seperti Google.

Agar semakin mudah mengetahui keyword apa yang sedang tren di Google Anda bisa menggunakan tools seperti Google Trends. Namun demikian, hindari memasukkan keyword secara berlebihan di meta description.

Perhatikan karakter yang digunakan

Anda juga harus memperhatikan jumlah karakter meta description untuk meningkatkan traffic website. Dari tahun ke tahun, jumlah karakter yang digunakan sebagai standar memang berubah-ubah. Awalnya Google membatasi hanya 135-160 karakter. Kemudian di tahun 2017 lalu, Google mengubah algoritma dan untuk karakter ideal meta description menjadi 320 karakter.

Lalu, pada 2018 lalu setelah Google mengupdate algoritmanya, jumlah karakter meta description kembali ke semula, yakni tidak melebihi sekitar 150 karakter. Agar semakin menarik, karakter ini bisa Anda kombinasikan. Misalnya menggunakan huruf besar atau tanda lainnya. Contohnya bila untuk menulis meta description promosi, Anda bisa menuliskan ‘Dapatkan HARGA MURAH hingga 50%’.

Bahasa yang menarik sangat penting

Selain karakter, hal paling utama sebagai salah satu cara meningkatkan traffic website menggunakan meta description adalah menggunakan bahasa yang menarik. Ingat, tujuan awal dari adanya meta description ini untuk mengajak pengunjung mengklik link di halaman hasil mesin pencarian. Maka dari itu, gaya bahasa menarik juga sangat berpengaruh.

Sebaiknya Anda gunakan bahasa yang bergaya persuasif dan story telling. Hindari meta description dengan kata-kata yang terlalu kaku. Sebaliknya, Anda bisa menyelipkan kata kerja sebagai pancingan untuk call to action ke halaman yang dituju. Misalnya dengan menggunakan kalimat ‘Temukan Produk yang Anda Cari di sini’ dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan.

Lakukan secara berulang-ulang

Dalam dunia marketing komunikasi melalui percakapan ataupun tulisan yang dilakukan secara berulang-ulang akan berpengaruh kepada tindakan konsumen. Cara meningkatkan traffic website ini memang terbukti ampuh. Tentunya dengan menggunakan bahasa yang menarik dalam melakukan promosi melalui meta description seperti diulas dalam poin di atas.

Bila Anda merasa gaya bahasa sebelumnya kurang cocok atau ingin berbeda, maka gunakan frasa yang lain. Namun, perlu diingat pengulangan frasa tersebut tidak mengurangi atau merubah dari promosi atapun sebuah produk yang ditawarkan.

Manfaat untuk pengunjung dan pembaca

Meta description yang baik adalah mampu memberikan manfaat bagi para pengunjung situs dan pembaca dalam hal ini konsumen. Dalam hal ini Anda harus memperhatikan terutama mengenai apa yang ditawarkan dan mengapa konsumen harus membeli produk yang Anda tawarkan tersebut. Untuk halaman produk, penting bagi Anda untuk menjelaskan keunggulan produk tersebut.

Apabila konten yang dicari sesuai dengan harapan pembaca, maka pembaca tersebut akan merasa puas sehingga traffic website semakin meningkat. Sebaliknya, bila konten atau meta description tersebut kurang menarik akan ditinggalkan oleh pembaca dan inilah yang menjadi salah satu penyebab traffic website Anda menurun.


Itulah lima cara meningkatkan traffic website melalui penulisan meta description yang baik. Semoga bermanfaat dan membantu Anda dalam melakukan promosi melalui digital marketing.

Sumber: Mark Growth, Shopify