Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
28 Jul

Virtual Office Adalah Istilah yang Tren Sejak Pandemi, Ini Artinya!

Yovita

by Yovita

view1649Views

Saat ini, perkembangan teknologi digital semakin membuka banyak peluang bisnis online. Tingginya peluang artinya semakin banyak pula kesempatan kerja bagi banyak orang. Tak hanya peluang bisnis yang semakin berkembang, cara orang bekerja pun juga semakin menarik. Pasalnya, saat ini semakin banyak virtual office yang bermunculan. 

Virtual office adalah sebuah tren baru yang mengubah cara pandang bekerja masa kini. Maksudnya, kini Anda tak lagi harus bekerja dari kantor atau bangunan fisik. Anda bisa bekerja dari mana saja berkat kehadiran virtual office. Seperti apa cara kerjanya? Simak terus di sini!

Baca juga: Panduan Melakukan Co-Marketing yang Efektif untuk Bisnis Anda | Midtrans 


Apa Itu Virtual Office?

virtual-office-adalah

Virtual office adalah ruang kerja virtual seseorang atau perusahaan, jadi tidak ada ruangan atau gedung secara fisik. Artinya, Anda tidak memerlukan sebuah alamat kantor Anda berada. Anda bisa melakukan pekerjaan dari mana pun yang Anda inginkan, misalnya di rumah, kafe, perpustakaan umum, atau tempat lainnya seperti co-working space

Dengan adanya virtual office, Anda bisa melakukan pekerjaan secara remote, namun tetap terhubung dengan pelanggan Anda. Virtual office adalah pilihan yang tepat jika Anda memiliki bisnis baru yang sedang berkembang. Biasanya, bisnis yang sedang bekermbang perlu melakukan penghematan biaya operasional. Untuk itu, Anda bisa mengaplikasikan sistem kerja virtual ini.

Baca juga: Jadikan Hidup Anda Lebih Mudah dengan 5 Toko Online Berikut | Midtrans 


Bagaimana Cara Kerjanya?

Sebenarnya, cara kerja virtual office tidak rumit, bahkan cenderung mudah untuk diaplikasikan karena Anda hanya perlu terkoneksi dengan internet. Anda bisa tetap menjaga hubungan dengan pekerja lainnya melalui video meeting untuk melakukan koordinasi terkait bisnis Anda. 

Untuk alamat bisnis, Anda bisa menggunakan email sebagai kontak yang bisa dituju oleh sesama karyawan atau pelanggan bisnis Anda. Pelanggan tak perlu repot-repot mengunjungi alamat kantor Anda karena bisa dengan mudah mencapai Anda melalui kontak yang tersedia.


Kenapa Virtual Office Bisa Menguntungkan Perusahaan?

Menggunakan sistem ini akan sangat menguntungkan bagi perusahaan atau bisnis Anda. Beberapa keuntungannya telah dirangkum dalam poin-poin di bawah ini!

1. Pengeluaran perusahaan jadi lebih sedikit 

Manfaat yang pertama dari penerapan sistem virtual office adalah hemat biaya. Anda tak perlu lagi mengeluarkan dana yang besar untuk menyewa atau membangun gedung kantor. Apalagi, saat ini biaya menyewa gedung, terutama di ibu kota, sangatlah mahal. Sebagai gantinya, Anda bisa memanfaatkan rumah Anda atau jika ingin experience bekerja yang lebih menyenangkan, Anda bisa datang ke coworking space yang lebih ekonomis.

Anda tak perlu khawatir dengan perkembangan bisnis Anda. Bisnis tetap bisa berjalan lancar meskipun digerakkan secara daring. Agar lebih praktis dan konsisten dengan kecanggihan teknologi masa kini, Anda bisa juga menggunakan Midtrans Payouts untuk pengiriman dana kepada karyawan-karyawan Anda, termasuk payroll.

Baca juga: 7 Keuntungan Memiliki Sistem Pembayaran di Toko Online | Midtrans 

2. Tetap mendukung perkembangan bisnis 

Seperti yang disampaikan sebelumnya, bisnis Anda tetap bisa berkembang dengan lancar, apalagi ada berbagai macam fitur menarik yang bisa Anda gunakan. Fitur-fitur seperti video conference, sistem penyimpanan cloud, dan masih banyak lagi akan membantu pekerjaan Anda menjadi lebih mudah dan ringkas. Segalanya bisa diselesaikan secara online dan tentunya lebih fleksibel.

3. Sudah diakui dan mendapat legalitas

Manfaat yang terakhir adalah pengakuan dan legalitasnya. Di Jakarta sendiri, virtual office telah diakui dengan adanya Surat Edaran PTSP DKI Jakarta No. 6/2016. Anda tak perlu mengurus surat-surat yang berkaitan dengan domisili, SIUP, dan TDP karena segalanya bisa dilakukan dengan menggunakan alamat virtual office. Meskipun demikian, tetap ada beberapa jenis usaha yang terbatas dalam penggunaan konsep virtual office ini. Selalu cek peraturan yang berlaku agar bisnis Anda tidak terkendala!


Nah, konsep virtual office begitu menarik, bukan? Anda bisa menerapkan sistem kantor virtual ini jika memiliki bisnis yang sedang berkembang. Virtual office adalah pilihan yang tepat untuk melakukan penghematan biaya dan meningkatkan efektivitas kerja. 

Supaya makin efisien, gunakan Midtrans Payouts untuk mengirimkan dana pada rekan kerja Anda. Pengiriman dana bisa dilakukan dengan satu kali klik dan secara real-time serta transparan. Tertarik? Hubungi Midtrans sekarang juga!

e-payment

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail