Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
30 Nov

Peran Sistem Pembayaran dalam Perekonomian Bisnis Online

Yovita

by Yovita

view2084Views

Peran sistem pembayaran dalam perekonomian bisnis online cukup signifikan. Sistem pembayaran adalah mekanisme pemindahan dana dari pembeli ke penjual. Semakin baik sistemnya, maka semakin berkembang bisnis Anda.

Sistem pembayaran saat ini sudah lebih bervariasi, terlebih sejak perkembangan digital yang begitu pesat. Dahulu mungkin Anda terbiasa dengan pembayaran secara langsung dengan uang fisik. Sekarang, pembayaran atau transaksi bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Bahkan seiring dengan perkembangan sistem pembayaran digital, sekarang Anda bisa menerima pembayaran atau payment dari mana pun yang sesuai dengan preferensi pelanggan Anda.

Semakin praktis sistem pembayaran bisnis Anda, pelanggan akan merasa semakin dimudahkan, sehingga berpengaruh positif terhadap perkembangan bisnis Anda. Karenanya, mari simak ulasan soal peran sistem pembayaran dalam perekonomian bisnis online berikut ini!


Mengapa Sistem Pembayaran Memengaruhi Perekonomian Bisnis Online?

peran-sistem-pembayaran-dalam-perekonomian-(2)

Singkatnya, sistem pembayaran adalah metode yang dapat dipilih pelanggan dalam melakukan transaksi pembelian. Sistem pembayaran yang paling banyak digunakan adalah sistem pembayaran konvensional, yaitu pembeli langsung memberikan uang fisik dengan nominal tertentu untuk penjual.

Nah, bagi bisnis online, sistem pembayaran yang tersedia lebih bervariasi. Karena itulah peran sistem pembayaran dalam perekonomian bisnis online jauh lebih penting. Variasi sistem pembayaran yang dimaksud mencakup pembayaran dengan kartu kredit atau kartu debit, menggunakan virtual account, dompet digital (e-wallet), dan lain sebagainya.

Bagi bisnis online, semakin lengkap sistem pembayaran yang tersedia, semakin mudah pula pelanggan melakukan transaksi. Proses transaksi akan lebih aman dan praktis, pelanggan pun mendapatkan kemudahan pembayaran sesuai sistem yang mereka pilih. Artinya, sistem pembayaran juga dapat memengaruhi perekonomian bisnis online. Semakin banyak sistem pembayaran yang tersedia, potensi penjualan produk atau layanan juga ikut meningkat. 


Sistem Pembayaran yang Digemari Konsumen 

peran-sistem-pembayaran-dalam-perekonomian-(3)

Bagi pebisnis online, penting untuk menyediakan sistem pembayaran yang digemari konsumen. Dengan demikian, Anda bisa menciptakan pengalaman belanja yang terasa mulus dan mudah.

Dengan menyediakan sistem pembayaran yang disukai konsumen, penjual dapat  meningkatkan peluang transaksi, sehingga pemasukan dari penjualan produk juga ikut bertambah. Prinsip ini terbukti efektif baik untuk pebisnis online maupun offline yang memiliki outlet.

Baca juga: 7 Sistem Pembayaran Favorit di Indonesia

Nah, bagi Anda pebisnis yang tertarik, berikut beberapa sistem pembayaran yang terbukti digemari konsumen dan banyak digunakan:

1. Virtual account

Pada dasarnya, virtual account adalah sebuah sistem pembayaran digital dengan akun virtual bank yang dibuat khusus untuk masing-masing pelanggan. Setiap akun memiliki kode unik yang biasanya terbuat dari ID pelanggan, bahkan bisa menggunakan nomor HP. Sistem pembayaran ini umum digunakan di marketplace besar seperti Tokopedia.

2. QRIS

QRIS adalah standar kode QR yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan dapat digunakan secara luas untuk berbagai jenis transaksi atau pembayaran nontunai di Indonesia. 

Setiap penjual atau merchant dapat membuat QRIS khusus untuk outlet atau bisnisnya sendiri. Nantinya, pelanggan cukup memindai kode QR tersebut menggunakan HP mereka untuk melakukan transaksi nontunai.

Baca juga: QRIS, Satu Kode QR untuk Semua Transaksi Bisnis Anda

3. E-Wallet

Sesuai namanya, e-wallet atau dompet digital berfungsi untuk menyimpan nominal uang dalam bentuk saldo digital. Saldo tersebut kemudian dapat digunakan dalam transaksi nontunai. Dompet digital akan sangat memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi. Ada banyak dompet digital di Indonesia, contohnya GoPay.

4. Paylater

Paylater adalah sebuah sistem pembayaran yang dirancang untuk membantu pelanggan dengan kendala keterbatasan uang. Jadi, pelanggan bisa membayar produk yang dibeli, untuk kemudian membayar tagihannya dengan cara dicicil bulanan—mirip seperti penggunaan kartu kredit.

5. Direct debit

Direct debit adalah sistem pembayaran langsung dengan cara menggesek kartu debit bank di mesin EDC. Mesin EDC adalah mesin gesek kartu yang biasanya terdapat di outlet-outlet untuk menerima pembayaran nontunai dengan kartu.


Demikian ulasan singkat soal pentingnya peran sistem pembayaran dalam perekonomian bisnis online. Untuk membantu pelanggan dan mendorong penjualan, akan lebih baik jika bisnis Anda memiliki berbagai sistem pembayaran yang berbeda. 

Menyediakan seluruh preferensi pembayaran konsumen tidak akan sulit jika Anda menggunakan payment gateway sebagai solusi sistem pembayaran bisnis online Anda. Midtrans sebagai payment gateway Indonesia terbaik siap menerima transaksi dari berbagai metode pembayaran, seperti kartu kredit/debit, transfer bank, e-Wallets, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Payment Gateway Adalah: Arti dan Manfaat untuk Toko Online

Sistem Midtrans dirancang untuk otomatis merekam setiap transaksi, jadi Anda tidak perlu mencatat transaksi secara manual. Anda bisa memanfaatkan semua integrasi Midtrans secara gratis, mulai dari layanan pembayaran online, pembayaran di toko offline, hingga fitur transfer dana dari Midtrans ke mana saja. Yuk, manfaatkan berbagai fitur yang disediakan Midtrans sekarang untuk dukung bisnis online Anda!

payment-gateway-indonesia-(testimony)-(2)

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail