Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
29 Jul

Pay Per Click Adalah Strategi Beriklan Online, Efektifkah?

Yovita

by Yovita

view2116Views

Dengan banyaknya peluang bisnis online yang muncul seiring dengan perkembangan teknologi digital, metode pemasaran pun kini harus mulai digencarkan secara daring. Salah satu metode efektif yang bisa Anda terapkan adalah Pay Per Click atau PPC.

Bila Anda ingin membuat sebuah iklan yang efisien, efektif, serta bisa menyasar target pasar yang tepat, Pay Per Click adalah pilihan tepat untuk anda. Seperti apa metode Pay Per Click? Simak lebih jelasnya di sini!

Baca juga: Tips Bagaimana Meningkatkan Penjualan di Toko Online Anda | Midtrans 


Pay Per Click Adalah Cara Beriklan Online

pay-per-click-adalah-2

Pay Per Click adalah sebuah metode mengiklankan bisnis secara online untuk meningkatkan traffic situs bisnis Anda. Metode ini bisa digunakan oleh siapa saja karena dipercaya mampu menjangkau lebih banyak audiens dalam waktu relatif cepat, sehingga lebih efisien dan efektif. 

Metode pemasaran digital ini akan membebankan pemasang iklan dengan sejumlah dana untuk iklan yang nantinya bisa di-klik oleh audiens. Misalnya, Anda membuat sebuah iklan digital melalui Google. Kemudian, Google akan menaruh iklan Anda pada bagian teratas mesin pencarian setiap kali seseorang mencari sebuah keyword yang mengandung iklan Anda. Ketika orang tersebut melakukan klik yang mengarah pada situs atau landing page Anda, maka akan dikenakan sejumlah tarif. 

Baca juga: Tips Menggunakan Facebook untuk Berjualan Online | Midtrans 


Di Mana Bisa Buat Pay Per Click?

Jika ingin membuat iklan untuk bisnis Anda dengan metode ini, Anda bisa menggunakan platform Facebook, Google, dan bahkan Instagram. Platform terbesar dan paling umum yang digunakan untuk membuat Pay Per Click adalah Google atau disebut juga dengan Google Ads. Mereka menawarkan iklan Pay Per Click di situs mitra sehingga Anda bisa menempatkan iklan pada berbagai layanan Google, seperti YouTube.

Jika Anda memiliki target pasar yang lebih dewasa, Anda bisa menggunakan platform Facebook atau Facebook Ads. Data menyebutkan bahwa pengguna Facebook adalah mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Jika golongan umur tersebut adalah target audiens Anda, berarti Anda bisa memanfaatkan platform ini. Sedangkan, jika target Anda adalah anak-anak muda atau kaum milenial, Anda bisa mencoba periklanan dengan Instagram Ads. 

Baca juga: Positioning Adalah Hal Penting Bagi Perusahaan, Mengapa? | Midtrans 


Manfaat Gunakan Pay Per Click untuk Bisnis

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, Pay Per Click adalah cara mengiklankan produk atau jasa secara efisien dan efektif. Lalu, apa saja manfaat lainnya yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan cara beriklan satu ini?

1. Bisa mengatur target audiens

Manfaat pertama dari Pay Per Click adalah kemampuan mengatur target audiens Anda. Anda bisa secara bebas mengatur jumlah target audiens yang Anda inginkan. Misalnya, sebesar 10.000 pengguna atau bahkan lebih. Semakin banyak target pengguna yang Anda sasar, maka akan semakin besar pula dana yang harus Anda keluarkan saat menaruh iklan bisnis. 

Tak hanya memperbesar target audiens, Anda juga bisa mempersempit scope spesifikasinya. Artinya, jika Anda menjual peralatan kesehatan untuk orang tua, maka Anda bisa menargetkan orang-orang yang berusia 50 tahun ke atas. Sistem Pay Per Click bisa menentukan target yang tepat berdasarkan usia dan bahkan lokasi.

2. Tidak terpengaruh oleh algoritma

Platform besar Google memiliki sistem tersendiri dalam menampilkan hasil pencarian online. Hal ini tak jauh berbeda dari Facebook dan Instagram yang menetapkan algoritma berdasarkan minat serta aktivitas individu. Namun, menariknya adalah Pay Per Click tidak akan terpengaruh dengan sistem algoritma tersebut. Anda bisa melakukan promosi dengan bebas tanpa ragu algoritma akan berefek negatif pada iklan Anda.

3. Bisa disesuaikan dengan budget

Sempat disinggung pada manfaat yang pertama, Anda bisa menyesuaikan penggunaan Pay Per Click dengan budget. Jika Anda ingin target audiens lebih besar, maka Anda bisa meningkatkan dana yang perlu dikeluarkan. Bahkan menariknya, iklan Pay Per Click bisa dibuat dengan dana ratusan ribu Rupiah saja! 

4. Praktis dan cepat

Manfaat terakhir dari Pay Per Click bisa dirasakan dari segi efektivitasnya. Anda bisa memperoleh hasil secara cepat karena jumlah pengunjung situs akan bertambah seiring dengan banyaknya orang yang melakukan klik pada iklan Anda. Hal ini sangat berbeda dari strategi SEO, misalnya, yang memang lebih organik tapi membutuhkan waktu relatif lebih lama.


Nah, itulah tadi penjelasan singkat mengenai Pay Per Click. Sebelum melancarkan strategi marketing online, pastikan bisnis Anda telah menyediakan metode pembayaran yang mudah bagi para pelanggan yang berkunjung ke situs Anda. 

Anda bisa menggunakan payment gateway dari Midtrans agar pengalaman berbelanja konsumen semakin meningkat. Dengan begitu, akan ada lebih banyak orang melakukan pembelian di website Anda. Informasi lebih lanjut tentang Midtrans bisa langsung Anda dapatkan di sini!

sistem-pembayaran

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail