Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
05 Apr

Tampilan Baru SNAP, Bantu Konversi Penjualan Lebih Cepat!

Yovita

by Yovita

view3396Views

Untuk meningkatkan efisiensi dan memudahkan pelanggan dalam proses pembayaran di website atau aplikasi merchant, Midtrans melakukan beberapa peningkatan pada tampilan halaman pembayaran (SNAP). Apa saja perbedaan tampilan baru SNAP Midtrans dengan yang lama?


Tampilan Baru Midtrans SNAP, Bantu Konversi Penjualan Lebih Cepat!

1. Alur Pembayaran yang Lebih Sederhana

Jika sebelumnya pelanggan harus melalui lima langkah untuk menyelesaikan transaksi, kini proses pembayaran bisa diselesaikan hanya dengan tiga langkah. Secara keseluruhan, terdapat pengurangan langkah hingga 33% dalam pembaruan ini.

midtrans_SNAP_revamp_A

Dengan pengurangan langkah hingga 33%, kini SNAP tampil dengan alur pembayaran yang jauh lebih sederhana. Pelanggan tak perlu lagi melalui instruksi pembayaran (payment instruction) setelah memilih jenis pembayaran (payment method) sesuai kebutuhan. Halaman instruksi pembayaran telah berubah menjadi menu drop-down pada konfirmasi pembayaran (payment confirmation).

Contohnya, ketika pelanggan memilih GoPay sebagai metode pembayaran, maka akan langsung diarahkan untuk scan QR Code. Untuk cara pembayaran sendiri kini ditampilkan dalam sebuah menu drop-down di bagian bawah QR Code. Jika sudah, pelanggan tinggal menekan tombol “Saya Sudah Bayar” dan sistem secara otomatis akan menampilkan pesan bahwa pembayaran telah berhasil dilakukan.

Proses yang jauh lebih praktis ini tentunya akan membantu Anda untuk meningkatkan konversi penjualan dengan cepat. Sebab, pelanggan tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk bisa menyelesaikan transaksi pembayaran mereka.

2. Informasi Pembayaran yang Lebih Intuitif

Setiap pembaruan yang dilakukan Midtrans didesain untuk memudahkan para pelanggan dalam bertransaksi. Dalam tampilan terbaru SNAP, Midtrans menghadirkan kemudahan berupa informasi pembayaran yang lebih intuitif.

midtrans_SNAP_Revamp_B

Pada tampilan lama, pelanggan harus melalui tiga tahap untuk bisa mengakses informasi pembayaran. Saat memilih metode transfer bank, misalnya, pelanggan harus mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Menentukan metode pembayaran.

  • Memilih bank, kemudian klik tombol “See Account Number”

  • Informasi nomor rekening dan masa kedaluwarsa transfer muncul di layar.

Namun, pada tampilan baru SNAP, proses tersebut menjadi jauh lebih sederhana karena opsi pembayaran ditampilkan sekaligus dalam satu halaman. Pelanggan tidak perlu lagi membuka halaman baru untuk sekadar memilih bank dan mengetahui nomor rekening untuk transfer.

3. Nomor Virtual Account Kini Dapat Disalin dengan Mudah

Pada versi sebelumnya, nomor virtual account (VA) baru akan muncul setelah pelanggan klik “See Account Number”. Setelah tombol diklik, barulah nomor virtual account muncul beserta informasi waktu kedaluwarsa transaksi.

midtrans_SNAP_Revamp_C

Nah, pada versi terbaru, informasi mengenai nomor VA akan langsung muncul saat pelanggan memilih metode pembayaran Transfer Bank. Katakanlah pelanggan ingin membayar lewat BCA. Cukup menekan icon BCA yang ada di bagian Transfer Bank, secara otomatis sistem akan menampilkan nomor VA BCA.

Untuk memudahkan pelanggan, Midtrans menambahkan fitur salin nomor VA pada tampilan SNAP. Hanya dengan menekan icon copy di bagian ujung kolom, maka nomor VA akan langsung tersimpan dalam keyboard. Pelanggan tinggal menuju aplikasi m-banking untuk membayar tanpa perlu lagi mengingat dan mengetik VA secara manual.

4. Tampilan Desain yang Lebih Responsif

Kini, SNAP hadir dengan tampilan desain yang lebih mobile responsive. Desain akan mengikuti ukuran layar secara otomatis tanpa harus mengubah setelan pada perangkat. Itu artinya, pelanggan dapat melakukan pembayaran dengan mudah melalui perangkat apa saja, baik dari website maupun aplikasi merchant.

midtrans_SNAP_Revamp_D

Selain itu, SNAP juga menambahkan beberapa tambahan agar alur pembayaran menjadi lebih simpel. Salah satunya bisa dilihat dalam Order Summary. Pada versi yang lama, pelanggan harus klik bagian “order details” untuk mengetahui nama dan harga item yang dibeli. Jika pelanggan ingin memastikan informasi pengiriman, harus masuk ke menu “shipping details”.

Pada versi baru, seluruh informasi transaksi, mulai dari nama dan harga item, subtotal yang harus dibayarkan, promo yang berlaku, detail pelanggan, hingga opsi pengiriman, semua ditampilkan dalam satu halaman. Pelanggan cukup scroll ke bawah untuk mengetahui detail pesanannya.


Sedikit informasi tambahan, tampilan baru SNAP ini berlaku mulai akhir Maret 2022. Apabila telah terdaftar sebagai merchant Midtrans dan telah menggunakan SNAP versi lama, tidak ada yang perlu Anda lakukan terkait perubahan ini. Namun, jika Anda merupakan merchant yang baru akan melakukan integrasi dengan Midtrans, bisa mengikuti tutorial pada halaman SNAP docs.

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail