Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
23 Oct

Bagaimana Contoh Laporan Arus Kas Perusahaan? Simak di Sini

Yovita

by Yovita

view1373Views

Ada banyak jenis laporan keuangan yang harus dimiliki perusahaan. Salah satunya adalah laporan arus kas. Laporan ini berisi informasi mengenai pengeluaran dan pemasukan kas di sebuah perusahaan dalam  jangka waktu tertentu.

Fungsinya memberikan gambaran bagi perusahaan mengenai alur penerimaan dan transaksi kas. Informasi tersebut juga bisa dijadikan sebagai evaluasi keuangan perusahaan. Nah, apa saja komponen dan contoh laporan arus kas ini? Simak ulasannya berikut.


Mengenal Komponen Arus Kas

contoh-laporan-arus-kas-(2)

Untuk mengetahui bagaimana membuat contoh laporan arus kas perusahaan, terlebih dahulu Anda perlu mengenali beberapa komponen yang ada di arus kas ini. Secara garis besar, komponen kas terbagi dari tiga jenis, yakni kas dari aktivitas pendanaan, investasi, dan aktivitas yang dihasilkan dari operasional. Adapun penjelasan ringkas mengenai ketiganya adalah sebagai berikut:

1. Kas dari aktivitas pendanaan

Pertama adalah kas yang berasal dari aktivitas pendanaan atau dikenal pula dengan investing activities. Seperti namanya, kas pendanaan ini merupakan hasil dari aktivitas yang dapat menambah kapital atau modal perusahaan. 

Dalam melakukan perhitungannya, Anda perlu memasukkan nilai penambahan maupun pengurangan kas. Pengurangan ini biasanya merupakan kewajiban yang harus dibayar untuk jangka panjang maupun ekuitas pemilik. Misalnya saja pembayaran utang bank, penerbitan saham, dan lain sebagainya.

2. Kas dari aktivitas investasi

Jenis kedua adalah kas yang berasal dari aktivitas investasi. Biasanya, kas investasi berasal atau dari hasil pembelian aktiva tetap, penjualan, maupun aktivitas lainnya yang berpengaruh terhadap kas milik perusahaan untuk investasi. Aset investasi ini memiliki umur yang cukup lama (lebih dari satu tahun). Kas investasi ini juga berlaku secara jangka panjang.

3. Kas dari aktivitas operasional

Ketiga yakni kas yang berasal dari aktivitas operasional atau operating activities. Kas aktivitas operasional diperoleh dengan cara memasukkan nilai atas pengaruh bank atau kas di setiap transaksi yang menentukan laba bersih. 

Sebagai contoh adalah penjualan barang, pembelian stok, maupun perlengkapan lain yang berumur pendek kurang dari setahun. Unsur dalam kas operasional yang perlu diperhatikan lainnya adalah utang ke supplier maupun beban untuk operasional lainnya, termasuk juga transaksi menggunakan e-payment.

Baca juga: Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang di Bank


Metode yang Digunakan Saat Menyusun Laporan Arus Kas

contoh-laporan-arus-kas-(3)

Dalam membuat contoh laporan arus kas keuangan pada perusahaan, ada dua metode yang bisa digunakan. Keduanya adalah metode langsung (direct method) dan metode tidak langsung (indirect method). Seperti apa penerapannya? Simak penjelasan singkatnya berikut.

1. Metode langsung

Metode laporan arus kas langsung adalah pengelompokan dalam beberapa kategori. Contohnya saja aktivitas operasional yang dibedakan menurut akunnya sendiri. Dalam hal ini yang termasuk di antaranya adalah beban amortisasi, beban penyusutan, utang, kerugian, keuntungan, dan lainnya.

Keunggulan dari metode langsung adalah mudah dipahami. Selain itu, informasi yang diberikan sangat lengkap untuk pengambilan keputusan perusahaan. Namun, untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan buku kas kecil dan juga buku kas bank. Metode ini juga memerlukan pemeriksaan transaksi secara mendetail.

2. Metode tidak langsung

Alternatif lainnya adalah metode tidak langsung. Pada metode ini, fokus utamanya adalah  laba bersih maupun arus kas atas aktivitas operasi. Hal yang ditunjukkan adalah neraca, arus kas, dan laporan keuangan atas laba-rugi.

Keunggulannya adalah metode ini lebih mudah karena data sudah tersedia di perusahaan. Sementara itu, untuk investasi, kas operasional, hingga pendanaan laporannya didasarkan pada neraca maupun laporan laba-rugi. 

Baca juga: 5 Cara Pintar untuk Meningkatkan Penjualan Online Anda Melalui Media Sosial


Contoh Laporan Arus Kas

Setelah mengetahui komponen dan metodenya di atas, saatnya Anda ketahui pula contoh laporan arus kas berdasarkan metodenya berikut ini.

1. Laporan arus kas langsung

Contoh laporan arus kas langsung bisa dicontohkan sebagai berikut:

2. Laporan arus kas tidak langsung

Contoh laporan arus kas tidak langsung bisa dicontohkan sebagai berikut:


Nah, itulah ulasan singkat beserta contoh laporan arus kas perusahaan. Kini, Anda bisa menerapkannya pada bisnis yang dijalankan, baik untuk skala besar, menengah, dan mikro. Agar memudahkan pencatatan kegiatan usaha Anda, gunakan Midtrans sebagai solusi payment gateway

Dengan Midtrans, Anda dapat melakukan pengecekan kondisi keuangan perusahaan secara berkala melalui dashboard terpadu. Kembangkan bisnis Anda bersama Midtrans, daftar sekarang juga!

e-payment

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail