Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
05 Sep

Masih Pemula? Ini 6 Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online!

Yovita

by Yovita

view7383Views

Bagaimana ya cara memulai bisnis kosmetik online untuk pemula? Produk kecantikan kini dianggap semakin penting dalam keseharian banyak orang, sehingga peluang bisnis pada industri ini pun kian luas. Jika Anda tertarik untuk terjun dalam industri makeup dan skincare, simak cara-cara berikut ini!


6 Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online

cara-memulai-bisnis-kosmetik-online-(2)

1. Jadi Dropshipper atau Reseller Terlebih Dahulu

Saat memulai bisnis kosmetik online dengan modal kecil, Anda dapat memilih untuk menjadi dropshipper terlebih dahulu. Sebagai dropshipper, Anda hanya perlu memasarkan produk milik pihak lain. Ketika pesanan masuk, pemilik produk yang menyediakan dan mengirimkan barang ke alamat pembeli. Dropshipper pun memperoleh keuntungan atas jasa pemasaran yang telah dilakukannya.

Sedikit berbeda dengan konsep dropship, reseller membeli produk lalu menjualnya dengan harga lebih tinggi. Reseller memiliki stok produk dan melakukan pengiriman apabila ada pesanan, namun tidak memproduksinya sendiri.

Dropshipper dan reseller dapat dipertimbangkan sebagai langkah awal dalam cara memulai bisnis kosmetik online, karena Anda akan memperoleh kesempatan mempelajari cara berbisnis secara langsung tanpa membuat produk sendiri.

Baca juga: Jangan Asal, Begini Tips Mencari Supplier Tepercaya untuk Bisnis

2. Pilih Produk yang Terkenal

Pada tahap awal bisnis seperti ini, Anda dapat memilih produk yang sudah dikenal masyarakat. Misalnya, ambillah produk dari brand terkenal sehingga calon konsumen tidak ragu untuk melakukan pembelian. Pastikan juga produk tersebut sudah melalui uji klinis dan menerima lisensi BPOM, ya!

Biasanya, sejumlah brand menawarkan kesempatan untuk menjual produknya. Anda dapat mencari tahu informasi soal kesempatan seperti itu dengan menelusuri media sosial atau akun marketplace dari pemilik produk, atau juga menghubungi staf brand secara langsung.

3. Promosi di Instagram

Setelah menetapkan produk yang dijual dan dari mana mendapatkannya, cara memulai bisnis kosmetik online selanjutnya adalah mempromosikan jualan melalui Instagram. Kenapa Instagram? Media sosial yang satu ini memiliki pengguna dari berbagai macam kalangan. Bahkan, Indonesia tercatat sebagai negara dengan pengguna aktif Instagram paling banyak di kawasan Asia Pasifik, tepatnya 99,15 pengguna pada awal 2022.

Angka tersebut menunjukkan bahwa suatu bisnis dapat menjangkau 35,7 persen total populasi negara sekalinya memasang iklan di Instagram. Jadi, bangun strategi promosi Anda melalui media sosial dengan matang.

Baca juga: 9 Cara Menggunakan Instagram untuk Channel Marketing E-commerce Anda

4. Ikuti Terus Tren Kosmetik

Industri kosmetik terus berkembang, jadi pebisnis bisa tertinggal jika melewatkan tren. Manfaatkan tren yang ada untuk mendorong penjualan. Ketika sedang tren Korean makeup look, libatkan bisnis Anda dalam percakapan itu dengan menunjukkan cara mengikuti penampilan tersebut menggunakan produk jualan Anda.

Cara menemukan tren kosmetik yang sedang berlangsung cukup mudah. Cukup dengan aktif melihat jurnal kecantikan atau media sosial, Anda dapat memperoleh informasi perkembangan tren terbaru. Misalnya, mengikuti konten para beauty influencers bisa membuat Anda mengetahui apa saja yang booming dan diminati masyarakat.

5. Sediakan Sampel Produk 

Sampel produk terbukti mendorong penjualan karena mampu memperkenalkan produk kepada target audiens baru. Sampel produk bisa membuat calon konsumen menyadari keuntungan dari produk kosmetik yang Anda jual setelah memakainya dalam jumlah kecil.

Sebagai contoh, Anda dapat memberikan sampel sunscreen agar orang lain yang belum mengenal dapat merasakan langsung manfaat dari produk tersebut, lalu tergerak untuk membelinya.

Selain sampel, Anda juga bisa memilih untuk menjual dalam kemasan travel size. Tujuannya sama, yaitu mengarahkan orang lain supaya mencoba produk yang dijual. Namun, Anda dapat balik modal lebih cepat karena travel size tidak diberikan secara gratis. Konsumen pun dapat membeli produk dalam kemasan yang lebih besar jika sudah menyenangi khasiatnya.

6. Pasarkan Produk secara Online 

Sekarang, berbisnis menjadi kian mudah dengan ramainya online shopping. Dari rumah sendiri, Anda sudah bisa jualan dengan membuka website atau marketplace. Lantas, bagaimana cara menentukan tempat yang tepat untuk memasarkan produk?

Perlu diketahui bahwa ada berbagai platform jualan online dengan karakteristiknya masing-masing. Cari tahu di mana target market Anda aktif berbelanja online supaya bisa dijangkau audiens yang sesuai. 

Pastikan platform yang dipilih juga menyediakan sistem e-payment yang aman seperti Midtrans. Layanan pembayaran Indonesia tersebut telah melayani lebih dari 500 ribu bisnis dengan menyediakan metode pembayaran yang transparan dan fleksibel. Dengan fleksibilitas tinggi, Anda dapat menentukan sistem integrasi sesuai kebutuhan Anda.

Baca juga: 4 Media yang Umum Digunakan Untuk Berjualan Online


Cara memulai bisnis kosmetik online tidak begitu sulit ketika sudah mulai mengambil langkah awal. Dari situ, Anda dapat terus belajar dan mengembangkan bisnis hingga sukses. Tidak perlu menunggu lebih lama, segera mulai bisnis kosmetik online Anda sekarang juga!

e-payment

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail