Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
06 Jul

Jangan Bingung! Ini Langkah Aktivasi dan Cara Daftar BRI Mobile

Yovita

by Yovita

view57259Views

Keberadaan teknologi saat ini dianggap sangat membantu aktivitas manusia, tidak terkecuali kegiatan perbankan. Sejumlah aplikasi, mobile banking khususnya, memudahkan masyarakat untuk mengakses segala macam transaksi perbankan sehingga tidak perlu lagi pergi ke cabang bank terdekat.

Saat ini, ada banyak aplikasi mobile banking dengan manfaat dan keperluan masing-masing. Salah satu aplikasi mobile banking yang populer adalah BRI Mobile. Sebelum Anda memanfaatkan aplikasi ini, ada baiknya untuk memahami cara daftar BRI Mobile agar proses aktivasi selesai lebih cepat dan efektif.


Mengenal Aplikasi BRI Mobile

cara-daftar-bri-mobile-(5)

Aplikasi BRI Mobile diluncurkan oleh Bank BRI pada tahun 2012 dengan tujuan memudahkan nasabah BRI dalam melakukan transaksi perbankan, khususnya bagi mereka yang tinggal jauh dari kantor cabang atau sulitnya akses menuju kantor cabang.

BRI Mobile adalah aplikasi perangkat mobile yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi perbankan, yang meliputi mobile banking, internet banking, Call BRI, Info BRI dan T-Bank. Bila ponsel Anda mendukung, BRI Mobile bahkan dapat membantu Anda untuk top up uang elektronik BRIZZI.


Tujuan dan Keunggulan Aplikasi BRI Mobile

Keberadaan aplikasi BRI Mobile bukan tanpa maksud. Berkembangnya teknologi digital memungkinkan nasabah untuk beralih ke internet banking dari yang semula memanfaatkan ATM dan SMS Banking untuk melakukan transaksi perbankan. Keberadaan e-commerce menjadi latar belakang BRI untuk beradaptasi mempermudah transaksi bagi nasabah. Selain itu, internet banking yang berbasis mobile dinilai lebih aman sehingga dana nasabah terhindar dari hal-hal yang merugikan mereka.

Untuk bisa memanfaatkan fitur-fitur lengkap dari BRI Mobile, Anda harus memiliki rekening simpanan di Bank BRI (Tabungan BRI BritAma, Tabungan BRI SIMPEDES, Tabungan BRI JUNIOR, dan Giro BRI) dan kartu ATM BRI yang masih aktif. Anda juga harus melakukan registrasi Mobile Banking BRI dan Internet Banking BRI melalui ATM dan/atau unit kerja BRI untuk bisa mengaktifkan fitur transaksi perbankan.

Aplikasi BRI Mobile atau BRImo punya sejumlah keunggulan yang dapat dimanfaatkan nasabah. Desain UI/UX BRImo dibuat agar lebih intuitif sehingga nasabah awam dapat menggunakannya dengan mudah dan nyaman. Fitur BRImo juga lebih sempurna karena BRI telah menjalin kerja sama dengan sejumlah biller aggregator untuk berbagai kebutuhan transaksi nasabah. BRImo juga memungkinkan calon nasabah untuk membuka rekening baru melalui aplikasi dengan sejumlah persyaratan bebas kertas berbentuk digital.

Tidak hanya transaksi perbankan, BRI Mobile juga dilengkapi dengan fitur Personal Financial Management. Fitur ini memungkinkan nasabah untuk mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan menggunakan BRI.

Menariknya lagi, BRI Mobile juga dilengkapi dengan fitur quick balance yang memungkinkan nasabah untuk mengetahui saldo rekening utama dengan cepat. Keamanan aplikasi juga ditingkatkan dengan keberadaan fitur login face recognition, sistem verifikasi wajah yang mencegah aplikasi untuk dipakai oleh orang lain.


Cara Daftar BRI Mobile

cara-daftar-bri-mobile-(4)

Cara daftar BRI Mobile pada dasarnya dapat dilakukan melalui mesin ATM. Namun, karena pendaftarannya harus dilengkapi dengan konfirmasi ke kantor cabang BRI, maka sangat disarankan untuk mendaftar BRI Mobile di kantor cabang. Anda hanya perlu datang sekali untuk penggunaan BRImo seterusnya.

Syarat daftar BRI Mobile cukup sederhana. Berikut ini adalah sejumlah hal yang wajib Anda siapkan sebelum menuju ke kantor cabang:

  • Buku rekening tabungan BRI
  • Kartu ATM BRI
  • Identitas diri berupa KTP
  • Smartphone yang akan dipasang aplikasi BRI Mobile
  • Alamat email aktif untuk menerima notifikasi.

Persyaratan ini harus Anda siapkan sebelum datang ke kantor cabang BRI terdekat. Nantinya, Anda akan dipersilakan untuk menuju customer service dan mengisi formulir pendaftaran. Bila Anda belum punya rekening BRI, Anda akan diarahkan untuk membuat akun rekening BRI terlebih dahulu agar bisa menggunakan BRI Mobile.


Cara Aktivasi BRI Mobile

Setelah langkah-langkah dalam cara daftar BRI Mobile di kantor cabang sudah Anda lakukan, maka berikutnya yang Anda perlu lakukan adalah aktivasi BRI Mobile untuk bisa digunakan bertansaksi. Berikut ini adalah langkah-langkah cara aktivasi BRI Mobile yang wajib Anda ketahui.

  1. Install aplikasi BRI Mobile dari Play Store atau App Store. Pastikan aplikasi yang Anda install adalah aplikasi yang resmi dari Bank BRI.
  2. Buka aplikasi BRI Mobile, kemudian pilih opsi “Punya Akun”.
  3. Masukkan user ID dan password yang sudah Anda buat sebelumnya di kantor cabang BRI.
  4. Aplikasi akan secara otomatis mengirimkan link untuk login melalui SMS ke nomor handphone yang sudah Anda daftarkan sebelumnya.
  5. Buka link tersebut untuk mengarahkan Anda ke laman login. Pastikan Anda cek inbox SMS di handphone Anda. Apabila tidak menerima SMS, Anda dapat mengirim ulang SMS. Biasanya, SMS tidak dapat diterima karena nomor handphone yang Anda gunakan tidak memiliki pulsa. Maka, pastikan nomor handphone yang dipakai memiliki pulsa.
  6. Ketika link login dibuka, Anda akan diarahkan ke laman pembuatan PIN melalui aplikasi BRImo. di sini, Anda diminta untuk membuat dan mengonfirmasi 6-digit PIN sebagai kode keamanan aplikasi.
  7. Aplikasi sudah terverifikasi dan siap digunakan untuk bertransaksi. 

Kegunaan BRI Mobile 

cara-daftar-bri-mobile-(3)

BRI Mobile memiliki sejumlah manfaat dan kegunaan yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah, antara lain:

  1. Melakukan pengecekan saldo dan mutasi rekening. Untuk memastikan ketersediaan dana di dalam rekening utama, Anda dapat mengeceknya sekaligus mencatat keluar-masuknya dana melalui aplikasi BRI Mobile.
  2. Memungkinkan nasabah melakukan transfer, baik sesama nasabah BRI atau bank lain yang terdaftar dalam layanan Prima, ATM Bersama, atau Link.
  3. Melakukan pembayaran untuk berbagai tagihan multifinance, mulai dari PLN, Telkom, kartu kredit, cicitan, dan sejumlah tagihan lainnya. Saat ini, fitur pembayaran tagihan sudah jauh berkembang karena BRI bekerja sama dengan sejumlah biller-biller agregator.
  4. Memenuhi kebutuhan dalam pembelian pulsa, mobile cash, serta top-up uang elektronik BRIZZI.
  5. Membuka rekening baru untuk nasabah. Alih-alih pergi ke kantor cabang BRI terdekat, Anda bisa membuat rekening baru lewat aplikasi BRI Mobile.

BRI Mobile juga didukung dengan fitur canggih dan modern serta mendukung keamanan bertransaksi untuk setiap nasabah. BRI Mobile bersifat modern dan rapi sehingga tampilannya lebih unggul secara visual. Dari segi keamanan, BRI Mobile juga dilengkapi dengan fitur berupa fingerprint dan face recognition.

Fitur sidik jari memungkinkan aplikasi untuk melihat sidik jari sebagai pengganti kode masuk. Anda pun tidak perlu memasukkan kode untuk login ke BRI Mobile. Face recognition bahkan memungkinkan nasabah pengguna BRImo untuk membuka aplikasi hanya dengan menunjukkan wajah secara penuh.

Untuk memastikan keamanan aplikasi, pastikan Anda login BRI Mobile menggunakan jaringan pribadi yang aman. Hindari memanfaatkan jaringan Wi-fi milik publik. Buatlah password yang unik dan mudah diingat untuk menghindari fitur penyimpanan password otomatis di browser atau smartphone.

Data nomor kartu kredit juga merupakan data yang sangat penting sehingga sangat disarankan untuk tidak disimpan dalam browser ponsel. Gantilah password secara rutin, minimal tiga bulan sekali, untuk mencegah password bocor di internet. Pastikan pula membuka laman internet yang benar dan resmi.

Di samping berbagai manfaat di atas, BRI Mobile juga memungkinkan nasabah untuk menerima keuntungan tambahan. Salah satunya adalah pembayaran premi asuransi melalui BRI Mobile. Bila sebelumnya BRI hanya menawarkan layanan simpanan dan pinjaman, saat ini BRI Mobile juga menawarkan fitur pembayaran asuransi. BRI dengan produk asuransinya, BRI Life, memungkinkan nasabah untuk mendapatkan manfaat ekstra, antara lain:

  • Benefit hingga 150 persen dari total premi yang sudah dibayarkan.
  • Gratis biaya medical check up.
  • Manfaat 100 persen uang  pertanggungan dan nilai investasi akan diberikan kepada ahli waris.
  • Korban yang mengalami cacat tetap total atau penyakit kritis bebas biaya premi bulanan.
  • Dan sejumlah manfaat lain yang sangat membantu nasabah.

Cara Cek Saldo ATM BRI 

cara-daftar-bri-mobile

Dalam waktu tertentu, Anda mungkin membutuhkan informasi mengenai saldo dalam rekening utama BRI yang Anda miliki. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan pengecekan saldo, salah satunya adalah dengan memanfaatkan mesin ATM BRI. Berikut ini adalah cara cek saldo ATM BRI yang bisa Anda ikuti:

  1. Masukkan kartu ATM BRI Anda ke dalam mesin ATM BRI.
  2. Masukkan nomor PIN Anda.
  3. Di Menu Utama, pilih Transaksi Lainnya.
  4. Pilih Informasi Saldo.
  5. Informasi mengenai saldo akhir Anda akan muncul di layar mesin ATM.

Cek saldo juga bisa dilakukan dengan aplikasi BRI Mobile. Fitur BRI Mobile bahkan memungkinkan Anda untuk melakukan pengecekan saldo secara cepat. Anda hanya perlu membuka aplikasi BRI Mobile di ponsel Anda, kemudian login menggunakan username dan password Anda. Saldo pun akan muncul di Halaman Utama.

Anda juga dapat menyembunyikan informasi saldo Anda hanya dengan mengetuk ikon mata di samping informasi Saldo Rekening Utama. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan tampilan informasi saldo di halaman utama.


Cara Mengetahui Nomor Kartu ATM BRI 

Terkadang Anda juga butuh informasi mengenai nomor kartu ATM BRI yang Anda miliki. Biasanya, nomor kartu ATM dibutuhkan untuk melakukan transaksi online. Sayangnya, tidak banyak orang paham cara mengetahui nomor kartu ATM BRI.

Pada dasarnya, ada dua cara utama yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui nomor kartu ATM BRI. Cara pertama adalah melakukan pengecekan fisik dengan melihat 16 digit nomor kartu di bagian depan kartu ATM BRI Anda. Deretan angka ini merupakan deretan nomor unik yang berbeda untuk masing-masing nasabah.

Cara kedua adalah dengan melakukan pengecekan kartu ATM BRI via online. Cara ini bisa Anda lakukan ketika Anda kesulitan membaca nomor digit yang tertera di kartu ATM BRI Anda. Bisa jadi, Anda sedang butuh nomor kartu ATM BRI tapi sedang tidak ada akses untuk kartu tersebut. Hal yang Anda butuhkan adalah aplikasi BRI Mobile yang sudah terdaftar. Berikut ini adalah langkah demi langkah cara mengetahui nomor kartu ATM BRI melalui BRI Mobile:

  1. Buka aplikasi mobile banking BRI Mobile.
  2. Masukkan username dan password Anda.
  3. Pada menu utama, cari tombol ‘Mutasi’.
  4. Pilih nomor rekening dan tanggal transaksi. Usahakan transaksi yang Anda pilih adalah transaksi menggunakan kartu ATM.
  5. Ketuk ‘Cari’.
  6. Riwayat transaksi akan muncul di layar.
  7. Cek bagian penarikan tunai dari ATM. Di baris tersebut, akan muncul 16 digit nomor kartu ATM BRI Anda.

BRI Mobile, Solusi untuk Para Pelaku Bisnis

Bagi pebisnis, keberadaan aplikasi mobile banking seperti BRI Mobile adalah sebuah solusi lengkap yang akan memudahkan setiap transaksi. Hanya butuh smartphone untuk install aplikasi BRI Mobile dan Anda dapat mengakses segala macam transaksi perbankan. Anda tidak perlu repot pergi ke cabang BRI terdekat untuk melakukan transaksi.

BRI Mobile memungkinkan penggunanya untuk transfer, cek mutasi, bahkan tarik tunai tanpa kartu hanya dengan menggunakan smartphone. Selain itu, Anda juga dapat mendaftarkan nomor rekening baru dengan aplikasi ini.

Tak hanya itu, tersedia pula fitur pencatatan pemasukan dan pengeluaran otomatis untuk semua transaksi yang dilakukan dengan rekening BRI. Dengan fitur ini, pemilik usaha dapat mencatat cash flow dengan detail sehingga setiap perhitungan jadi lebih akurat.

Seperti yang Anda tahu, cash flow adalah hal yang paling krusial bagi kebanyakan pelaku bisnis. Semakin transparan cash flow dalam sistem keuangan sebuah perusahaan, maka semakin mudah bagi pebisnis untuk menganalisis keuangan di masa yang akan datang. 


Syarat Pinjaman Bank BRI Tanpa Jaminan untuk Usaha

cara-daftar-bri-mobile-2

Pemilik usaha pasti membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha mereka. Modal usaha dapat digunakan untuk membeli bahan-bahan baku, peralatan operasional, atau bahkan sewa tempat usaha. BRI sebagai bank yang mendukung usaha kecil dan menengah (UKM) memberikan pinjaman tanpa jaminan dengan Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro BRI. Adanya program pinjaman dengan KUR memungkinkan pemilik usaha untuk semakin memperbesar lingkup usaha mereka.

Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro BRI memang tanpa jaminan. Namun, bukan berarti pinjaman ini dapat diajukan tanpa persyaratan. Ada sejumlah persyaratan yang harus dipersiapkan oleh pemilik usaha sebelum mengajukan pinjaman, antara lain:

  • WNI dan wajib memiliki NIK dengan melampirkan e-KTP atau surat keterangan pembuatan e-KTP.
  • Memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan.
  • Tidak sedang melakukan kredit produktif dari layanan perbankan lain.
  • Menyertakan fotokopi e-KTP dan Kartu Keluarga.
  • Menyertakan Surat Izin Usaha
  • Menyertakan fotokopi Surat Nikah (bagi yang telah menikah).
  • Diperbolehkan memiliki Kredit Kepemilikan Kendaraan, Kredit Kepemilikan Rumah, Kartu Kredit, Kredit dengan jaminan SK Pensiun, dan Resi Gudang dengan kolektibilitas lancar.

Di samping itu, program KUR Mikro BRI juga memiliki ketentuan sebagai berikut:

  • Plafon maksimal Rp50 juta.
  • Jangka waktu Kredit Modal Kerja (KMK) selama 3 tahun.
  • Jangka waktu Kredit Investasi (KI) selama 5 tahun.
  • Tidak diwajibkan agunan (jaminan)

Pemilik usaha ternyata juga dapat memilih untuk mengajukan Pinjaman KUR Kecil dengan plafon senilai Rp50-500 juta. Persyaratan yang dibutuhkan pun hampir sama. Bedanya, Pinjaman KUR Kecil memerlukan jaminan untuk bisa disetujui oleh bank. Agunan tersebut dapat berupa tanah, bangunan, kendaraan, mesin dan tabungan/deposito. Persyaratan tambahan lainnya adalah dokumen agunan serta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). 


Mudahkan Sistem Pembayaran Bisnis dengan Virtual Account

Jika Anda termasuk nasabah BRI, menggunakan aplikasi BRI Mobile akan sangat membantu kebutuhan perbankan Anda sehari-hari, khususnya untuk transaksi bisnis. Agar semakin mudah, Anda juga bisa mengaktifkan metode pembayaran virtual account.

Midtrans sebagai salah satu payment gateway terbesar di Indonesia memungkinkan bisnis Anda untuk mengaktifkan metode pembayaran virtual account dari berbagai sumber, termasuk virtual account BRI.

Keberadaan virtual account sebagai sistem pembayaran dalam sebuah bisnis akan sangat disukai oleh pelanggan. Selain mudah, pelanggan tidak akan dikenakan biaya admin ketika menggunakan virtual account sehingga potensi batal transaksi dapat diminimalisir.


Itulah sejumlah kegunaan dan langkah lengkap cara daftar BRI Mobile yang bisa Anda pelajari. Dengan demikian, pendaftaran BRI Mobile jadi lebih cepat dan efektif. Anda pun bisa menikmati aneka layanan perbankan tanpa harus pergi ke kantor cabang BRI!

disbursement

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail