Kami telah memperbarui Syarat & Kebijakan Privasi pada tanggal 26 Februari 2024. Klik disini untuk meninjau!

Cek disini close
27 May

Mudah, Begini Cara Buat Kode Referral Anda!

Yovita

by Yovita

view40198Views

Kode referral sering kali dijadikan sebagai strategi marketing dalam sebuah bisnis. Agar konsumen maupun calon konsumen semakin loyal terhadap brand Anda, kode referral dibuat untuk mengundang orang-orang supaya masuk dalam program referral yang Anda sediakan.

Cara ini juga efektif untuk meningkatkan word of mouth atau persebaran bisnis melalui testimoni langsung dari orang yang telah mencobanya. Lalu, bagaimana cara buat kode referral? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!


Apa Itu Kode Referral?

Kode referral adalah sekumpulan kode unik berisi angka dan huruf yang menjadi salah satu cara untuk mengidentifikasi. Kode ini diterbitkan sebagai salah satu metode untuk meningkatkan atensi atau pengguna aplikasi. Selain itu, kode referral juga bisa dipakai oleh pelanggan yang mengikuti program referral dari bisnis Anda.

Biasanya, Anda akan menemui kode referral ketika akan membeli sebuah tiket webinar. Anda bisa menggunakan kode tersebut untuk memperoleh potongan harga atau paket bundling sekaligus. Contoh lainnya adalah aplikasi investasi yang menawarkan keuntungan tambahan apabila pengguna bisa mengajak orang lain untuk mengunduh aplikasi tersebut.

Baca juga: 6 Cara Membuat Fondasi Marketing untuk Toko Online Anda


Cara Membuat Kode Referral

Setelah mengetahui apa itu kode referral, kini saatnya Anda paham bagaimana cara buat kode referral. Anda perlu memahami bahwa tidak semua orang bisa membuat dan membagikan kode referral ini, sebab pengguna diharuskan untuk meng-upgrade levelnya ke premium untuk bisa membuat dan menyebarkan kode unik ini.

Jika sudah mendapatkan kode referral, Anda bisa membagikannya ke orang lain yang juga berminat terhadap produk atau aplikasi tersebut. Jika orang yang mendapat kode tersebut benar-benar menggunakannya, Anda bisa memperoleh keuntungan sedikit demi sedikit dari sana.

Meski demikian, kode referral tidak bisa dibuat dan dikustomisasi secara mandiri oleh Anda, sebab kode unik ini sudah dibuat secara otomatis oleh sistem. Jadi, tugas Anda adalah tinggal membagikan kode tersebut sebelum akhirnya memanen keuntungan dari sana. Mudah, bukan?

Baca juga: Cara Meningkatkan Loyalitas Customer di Online Shop Anda


Keuntungan Membagikan Kode Referral

Keuntungan yang paling nyata dari kode referral adalah mendapatkan keuntungan finansial. Sebab, biasanya orang yang memiliki kode referral dan berhasil membagikan serta mengajak orang lain untuk bergabung akan mendapatkan tambahan uang dengan jumlah yang beragam. Misalnya, untuk seseorang yang berhasil mengajak pengguna baru untuk mengunduh aplikasi akan mendapatkan uang sebesar Rp25.000.

Di samping itu, keuntungan lain dari membagikan kode referral yang bisa dirasakan oleh pemilik bisnis adalah popularitas brand atau merek yang semakin meluas. Dengan adanya kode ini, banyak calon pengguna yang bisa diajak bergabung dan kemudian mengetahui brand atau merek yang sebelumnya tak pernah didengar sama sekali.

Kode referral juga terasa lebih menjanjikan sebab kode ini dibagikan oleh orang-orang yang telah menggunakan produk tersebut. Sehingga, orang lain yang belum mencobanya sudah memiliki kepercayaan untuk akhirnya berani mencoba produk tersebut. Itulah mengapa kode ini disebut sebagai salah satu strategi marketing word of mouth.

Baca juga: 6 Taktik Dasar eCommerce Marketing yang Perlu Anda Ketahui


Buat Juga Sistem Pembayaran Canggih

Kini, Anda bisa membuat kode referral melalui beberapa platform. Anda bisa membuatnya lewat K-Mart, PayFezz, Eduka System, dan lain sebagainya. Seluruh platform tersebut pada akhirnya menyajikan cara pembuatan kode referral yang mudah, cepat, dan praktis. Sehingga, Anda tak perlu lagi mengkhawatirkan kendala-kendala yang mungkin menghadang.

Selain membuat kode referral untuk pengguna yang telah menaikkan levelnya menjadi premium, Anda juga bisa mengembangkan persebaran bisnis dengan menggunakan sistem pembayaran terkini seperti yang disediakan oleh Midtrans. Bersama Midtrans, transaksi kirim dan terima uang pembayaran jadi terasa lebih mudah sebab hanya membutuhkan satu akun saja.

Anda jadi bisa memberikan lebih banyak pilihan sistem pembayaran pada konsumen Anda. Semakin beragam sistem pembayaran yang Anda tawarkan, semakin meningkat pula kepuasan pelanggan terhadap bisnis atau usaha Anda. Anda bisa memilih sistem pembayaran Online Payment dari Midtrans.

Sistem pembayaran Online Payment dari Midtrans memungkinkan pemilik bisnis untuk menerima pembayaran dalam jangka waktu kapan pun dan di mana pun, sebab sistem ini dapat menerima uang secara online maupun offline. Pelanggan jadi bisa bayar tagihan dengan debit card, credit card, e-Money, transfer bank, dan lain sebagainya.


Itulah penjelasan mengenai pengertian dan cara buat kode referral yang penting bagi perkembangan sebuah bisnis. Selain dapat menguntungkan pelanggan Anda, kode unik yang terdiri dari angka dan huruf ini juga dapat memperluas jangkauan bisnis Anda lewat word of mouth yang disebarkan oleh pelanggan level premium tersebut.

4.-ShopeePay---1200x628

  • twitter
  • facebook
  • WA
  • mail